10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi – Muara Enim merupakan salah satu kota yang terdapat di Sumatera Selatan. Secara geografis Muara Enim berbatasan dengan sebalah utara Kota Palembang, sebelah timur Ogan komering Ulu, sebelah selatan dari Provinsi Bengkulu, dan sebelah baarat Kabupaten lahat. Dikesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Muara Enim.

Wisata Muara Enim

Kawasan Muara Enim cukup strategis yaitu berada di dataran tinggi kawasan Bukit Barisan dan juga menjadikan Muara Enim memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah tempat wisata yang ada di derah Muara Enim yang menarik untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Bedegung

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Air Terjun Bedegung merupakan salah satu tempat wisata andalan dari Muara Enim, tepatnya berada di Kecamatan Tanjung Agung. Masyarakat sekitar yang menyebut Curup Tenang Bedegung ini memiliki panorama yang sangat eksotis.

Untuk menuju lokasi, Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari desa terdekat dengan lokasi dan harus melalui medan yang cukup terjal dan menanjak. Meski begitu, perjuangan Anda akan terbayar saat melihat pemandangan pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun setinggi 99 meter ini. Belum lagi di sekitar air terjun banyak terdapat spot perendaman yang airnya sangat segar.

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

2. Air Terjun Bemban

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Selain air terjun Bedegung, Muara Enim juga memiliki air terjun Bemban yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Tanjung Agung. Berbeda dengan air terjun sebelumnya, Bemban merupakan air terjun yang cukup unik dengan undakan batu alam yang membuatnya semakin terlihat eksotis.

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

3. Air Terjun Curup Bali

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Bagi anda yang menginginkan tantangan yang sedikit ekstrim, maka berkunjung ke air terjun Curup Bali patut untuk dicoba. Pasalnya, air terjun di Desa Lebak Budi harus melalui medan yang cukup ekstrim sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Namun rasa lelah Anda akan terbayar lunas saat melihat air terjun setinggi 20 meter ini. Debit airnya yang cukup besar ditambah dengan lingkungan sekitar air terjun yang masih alami membuat siapapun takjub yang melihatnya.

Baca juga:  Keindahan Umbul Cokro Klaten yang Menarik Untuk Dikunjungi

Lokasi: Lebak Budi, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

4. Air Panas Gemuhak

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Puas bermain air terjun yang dingin, saatnya Anda menikmati air panas Gemuhak. Air panas ini memiliki keindahan yang tak tertandingi. Untuk menuju tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari desa yang paling terdampar dengan medan yang cukup menanjak. Selain air panasnya yang mencapai 100 derajat Celcius, di Gemuhak juga terdapat anggrek yang bentuknya mirip kalajengking dan masyarakat sekitar menyebutnya dengan bunga Gemuhak. Tak hanya itu, dalam beberapa kesempatan ada glesters yang muncul.

Lokasi: Lokasi: Gunung Tiga, Kec. Semendo, Kab. Muara Enim.

5. Arung Jeram Sungai Enim

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Daya tarik wisata andalan Muara Enim adalah arung jeram Sungai Enim. Arus yang cukup deras di Grade III memang kurang cocok untuk pemula, namun tetap bisa mencobanya dengan menyewa guide. Yang membuat wisata arung jeram Sungai Enim yang tidak jauh dari air terjun Bedegung ini begitu menarik karena pesona alamnya yang luar biasa sehingga siapapun akan terpikat untuk melihatnya.

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

6. Danau Deduhuk

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Danau Deduhuk memiliki luas sekitar 12 hektar dengan air biru jernih dan banyak pepohonan hijau yang mengelilingi danau. Berkunjung ke telaga ini sangat cocok bagi Anda yang bingung mau pergi berlibur ke mana. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari pusat kota Muara Enim.

Lokasi: Segamit, Kec. Semendo Darat Ulu, Kab. Muara Enim.

7. Kebun Binatang Sriwijaya

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga, Kebun Binatang Sriwijaya bisa menjadi pilihan. Kebun binatang yang terletak di Desa Talang Taling ini memiliki koleksi satwa yang cukup beragam. Menariknya, Anda bisa mencoba menyiasati lokasi kebun binatang dengan menunggangi gajah Sumatera. Dijamin selain menjadi akhir pekan yang berkesan, Anda juga secara tidak langsung memperkenalkan berbagai hewan kepada anak Anda.

Baca juga:  Umbul Manten, Kolam Pemandian Alami Di Klaten

Lokasi: Talang Taling, Kec. Gelumbang, Kab. Muara Enim.

8. Taman Adipura

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Puas berkeliling kebun binatang, saatnya Anda bersantai bersama keluarga di taman Adipura. Taman yang terletak di jalur Sumatera-Muara Enim ini bisa menjadi destinasi bagi kamu yang ingin menikmati akhir pekan atau sekedar melepas penat dari kesibukan aktivitas kerja. Fasilitas yang tersedia sangat banyak, mulai dari taman bermain anak, jogging spot, stand kuliner, hingga berbagai spot foto instagramable.

Lokasi: Muara Enim, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim.

9. Air Terjun Jernihan

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Air Terjun Jernihan menjadi favorit para petualang. Pasalnya untuk menuju air terjun tersebut, Anda diharuskan melewati hutan lebat dan membutuhkan waktu lama perjalanan sekitar 1 jam. Belum lagi medan yang sangat berat. Yang menarik dari air terjun Jernihan adalah pemandangan sekitarnya yang cukup indah dan masih alami serta terdapat beberapa spot kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

Lokasi: Keban Agung, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim.

10. Bukit Kendi & Danau Cinta

10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

Berada di lokasi yang dekat dengan bukit Kendi dan Danau Cinta, sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Hal ini dikarenakan keindahan pemandangan alam yang ditawarkan sehingga banyak orang yang rela datang jauh-jauh hanya untuk mengabadikannya dengan berfoto atau sekedar menikmati pemandangan alam yang indah. Terletak di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi Anda melalui medan yang cukup terjal dan menanjak.

Lokasi: Tanjung Enim Selatan, Darmo, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim.

Demikianlah ulasan tentang 10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya, terimakasih.