5 Wisata Lahat Yang Sangat Sayang Untuk Ditinggalkan

5 Wisata Lahat Yang Sangat Sayang Untuk Ditinggalkan – Kabupaten Lahat merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, kabupaten ini berjarak sekitar 217 kilometer dari Kota Palembang, jika menggunakan jalur darat akan membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk sampai ke kabupaten yang memiliki motto ‘Seganti Setungguan’ ini.

Objek Wisata Lahat

Kota Lahat menawarkan banyak destinasi menarik. Dikelilingi oleh pegunungan alami dan deretan perbukitan yang indah akan membuat suasana alam menjadi begitu asri. Tak puas dengan destinasi wisata alam yang indah, kota ini juga menawarkan wisata sejarah sekaligus wisata edukasi yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Anda tidak perlu repot mengunjungi Lahat. Akses menuju kota yang terletak di Sumatera Selatan ini begitu mudah didapat. Anda dapat dengan bebas memilih jalur darat atau udara. Daripada berlama-lama, langsung saja simak ulasan mengenai 20 tempat wisata di Lahat yang layak untuk Anda kunjungi.

1. Bukit Besar

5 Wisata Lahat Yang Sangat Sayang Untuk Ditinggalkan

Bukit Besar merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Desa Warai, Kecamatan Merapi Selatan. Bukit besar ini sendiri memiliki ketinggian 1.700 mdpl, jika wisatawan ingin menikmati pemandangan di tempat ini, setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam berjalan kaki santai menuju puncak. Treknya sendiri didominasi oleh trek miring antara 45-60 derajat.

Bukit-bukit besar juga menjadi salah satu lokasi favorit para pendaki, karena saat berada di puncak bukit, mata akan disambut dengan pemandangan yang indah dengan hamparan sabana yang hijau. Selain itu, jika cuaca cerah, wisatawan juga akan menikmati pemandangan Bukit Telunjuk yang terlihat jelas dari bukit ini. Saat berada di puncak bukit, wisatawan juga akan merasakan sensasi berada di negeri di atas awan.

Baca juga:  Kumpulan Air Terjun Lampung Favorit Para Wisatawan

2. Green Canyon Pulau Pinang

5 Wisata Lahat Yang Sangat Sayang Untuk Ditinggalkan

Lahat juga memiliki objek wisata berupa sungai yang dijaga bebatuan di sepanjang tepiannya. Sungai ini disebut oleh warga sekitar ngarai hijau ala Lahat. Ya, memang menyerupai ngarai hijau Amerika, tetapi ngarai hijau Lahat agak kecil dan berbeda, tentu saja.

Tapi, bukan berarti tidak ada fitur apapun. Ngarai hijau di sini, airnya berwarna hijau kebiruan dan tenang, membuat tubuh seolah dipanggil untuk segera berenang dan menyatu dengan alam. Di sepanjang tepinya terdapat bebatuan berwarna abu-abu kehitaman yang sangat eksotis semakin menambah panorama alam green canyon. Nuansa alam dan asri masih sangat terasa di objek wisata di Desa Pulau Pinang, Lahat.

3. Air Terjun Goa Mata

5 Wisata Lahat Yang Sangat Sayang Untuk Ditinggalkan

Berlokasi di Desa Serambi, Kecamatan Jarai, air terjun ini memiliki air yang jernih berwarna hijau kebiruan dengan dasar kolam yang tenang dan bersih. Pemandangan indah juga tersaji karena di sekitarnya terdapat batu-batu tebing yang besar dan seperti gua, yang menambah kesan eksotis lingkungan air terjun.

Wisatawan yang mengunjungi lokasi ini cukup membayar Rp 5 ribu saja, dan dapat menikmati segarnya air hingga sepuasnya. Saat berkunjung ke objke wisata ini, wisatawan disarankan jangan sampai lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di setiap sudut tempat ini.

4. Air Terjun Gunung Nyawe

5 Wisata Lahat Yang Sangat Sayang Untuk Ditinggalkan

Air terjun ini disebut juga Curup Sambar Nyawe yang terletak di Desa Tanjung Payang atau di seberang Sungai Lematang. Untuk mencapai lokasi dari Desa Tanjung Payang, Anda bisa mencapai curup ini dengan menggunakan sepeda motor atau mobil dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Baca juga:  Wajib! 6 Perlengkapan Wisata yang Harus Dibawa

Akses jalan menuju lokasi wisata ini cukup baik. Dari jembatan beton atau Jembatan Benteng di Desa Tanjung Payang menuju area parkir wisata, jalan sudah beraspal. Namun untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda perlu berjalan kaki melalui jalan setapak yang panjangnya kurang lebih 500 meter. Setelah itu, Anda bisa melihat keindahan air terjun ini.

5. Air Terjun Buluh

5 Wisata Lahat Yang Sangat Sayang Untuk Ditinggalkan

Lahat dikenal sebagai surganya air terjun, karena di kabupaten ini terdapat banyak air terjun yang indah. Nah, air terjun buluh atau curug buluh ini adalah sallah sutera. Air terjun ini terletak di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu. Lokasinya sekitar 45 menit dari pusat Kota Lahat.

Sesampainya di Desa Lubuk Selo dan melanjutkan perjalanan melalui area perkebunan warga sekitar dua puluh hingga 25 menit untuk mencapai lokasi air terjun. Di sekitar air terjun banyak terdapat alang-alang atau rumpun bambu yang memberikan nuansa tersendiri bagi pengunjung. Keindahan lain dari tempat ini adalah terdapat 7 tingkat anak tangga dari curahan air terjun sebelum mencapai dasar air.

Itulah beberapa ulasan 5 Wisata Lahat Yang Sangat Sayang Untuk Ditinggalkan semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi destinasi liburan anda selanjutnya.