14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi – Kalianda adalah ibukota dari Kabupaten Lampung Selatan, kota ini terdiri dari 17 kecamatan dan 248 desa serta 3 kelurahan. Wilayahnya yang terdiri dari pegunungan, laut dan dataran uang membuat Lampung Selatan ini memiliki tempat wisata yang cukup banyak dan masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Selain itu, Lampung Selatan yang merupakan kabupaten yang dekat dengan Pulau Jawa menjadikan akses ke kabupaten ini cukup mudah. Tanpa basa-basi, simak ulasan mengenai 14 tempat wisata di Lampung Selatan yang menarik untuk kamu kunjungi saat liburan.

Tempat Wisata Kalianda

Berikut ini 14 tempat wisata di kalianda yang siap untuk mengisi hari libur anda:

1. Grand Elty Krakatau Resort

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik untuk dikunjungi pertama kali adalah Grand Elty Krakatoa Resort. Letak wisata ini berada di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Lampung.

Grand Elty Krakatoa Resort merupakan sebuah pantai sekaligus tempat menginap yang telah dikelola secara profesional oleh sebuah perusahaan. Selain itu tempat ini masih berada dalam jalur yang sama dengan beberapa pantai indah lainnya di Kalianda.

Hanya saja, untuk piknik dan berenang di pantai tempat ini tidak recommended. Namun, untuk mendapatkan tempat menginap dengan view yang bagus, Grand Elty Krakatoa Resort adalah salah satu pilihan terbaik.

2. Pantai Bagoes

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Bagoes. Pantai Bagoes merupakan salah satu pantai yang indah di sepanjang rutenya bersama Grand Elty Krakatoa Resort.

Selain itu pantai yang juga terletak di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini sangat mudah dijangkau, karena letaknya yang tidak begitu jauh dari Jalan Lintas Sumatera.

Sesuai dengan namanya, pantai berpasir putih ini memang menarik untuk dikunjungi. Hanya saja, fasilitas penunjang belum selengkap beberapa pantai lainnya di Kabupaten Lampung Selatan.

3. Pantai Embe

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pantai Merak Belantung atau yang lebih populer dengan sebutan “Pantai Embe” merupakan salah satu obyek wisata pantai yang masih satu jalur dengan Pantai Bagoes dan Resor Grand Elty Krakatoa.

Pemandangan dan suasana di pantai ini mirip dengan Pantai Bagoes, karena kedua pantai ini masih dalam satu kawasan yaitu di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Mungkin perbedaannya terletak pada fasilitas pendukungnya. Dimana diketahui, fasilitas pendukung di Pantai Embe lebih lengkap jika dibandingkan dengan fasilitas pendukung di Pantai Bagoes.

Baca juga:  5 Destinasi Wisata di Lampung yang Menarik Untuk Dikunjungi

4. Pantai Indah Krakatau

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung memang terkenal dengan sejumlah tempat wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Indah Krakatau.

Secara umum pemandangan dan suasana di Pantai Indah Krakatau kurang lebih sama dengan pantai-pantai lain yang ada di Desa Merak Belantung seperti Pantai Bagoes dan Pantai Merak Belantung (Pantai Embe).

5. Masjid Kubah Intan

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kota Kalianda di Kabupaten Lampung Selatan juga memiliki masjid megah yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata religi bagi wisatawan yang beragama Islam yaitu Masjid Kubah Intan.

Nama “Masjid Kubah Intan” sendiri terinspirasi dari bentuk kubahnya yang unik, dan sedikit berbeda dengan kubah masjid pada umumnya di Indonesia yang berbentuk berlian biru cerah.

Masjid yang terletak di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini akan terlihat semakin memukau di malam hari dengan bantuan tata cahaya yang cantik.

6. Pantai Ketang

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Ketang. Letak wisata ini berada di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Pantai Ketang terkenal dengan formasi batuan koral yang “begitu” eksotis. Bahkan, kata dia, banyak pasangan yang mengambil foto prewedding di atas batu karang di Pantai Ketang ini.

Menariknya lagi, Pantai Ketang buka 24 jam sehari, dan wisatawan bisa mengunjunginya tanpa biaya tiket masuk alias gratis.

7. Pantai Marina

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Sebelumnya, pantai yang terletak di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini pernah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Kalianda dan sekitarnya.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan objek wisata baru di Kota Kalianda dan sekitarnya. Sehingga tempat wisata pantai yang satu ini kurang menarik, dan menjadi pantai yang sepi pengunjung.

Meski begitu, panorama yang ditawarkan pantai ini lewat pasir putih bersih dan bebatuan karang di sampingnya tak kalah eksotis dengan beberapa pantai lain di Kalianda.

8. Pantai Tapak Kera

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Ada satu lagi tempat wisata pantai yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung yaitu Pantai Tapak Kera.

Hanya saja, lokasi pantai ini cukup sulit dijangkau. Meski begitu, panorama pantai dengan bebatuan karang dan air biru akan menjadi pahala yang sebanding dengan kesulitan yang harus dilalui untuk menuju lokasi pantai ini.

Nama “Pantai Tapak Kera” sendiri oleh masyarakat setempat terinspirasi dari kondisi lingkungan sekitar pantai yang kini menjadi habitat hidup sekelompok monyet.

9. Dermaga Bom

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Awalnya, Dermaga Bom berfungsi sebagai pusat pelelangan ikan di Kota Kalianda. Namun dalam perkembangannya, dermaga ini juga berfungsi sebagai salah satu pusat kuliner di Kota Kalianda.

Baca juga:  Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat

Selain itu, dermaga yang terletak di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini juga memiliki beberapa spot bagus, sehingga banyak anak muda disana yang menjadi tempat nongkrong.

10. Pantai Laguna

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Laguna. Letak wisata ini berada di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Pantai Laguna terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dengan tekstur lembut, dan panorama yang indah. Maka tak heran jika pantai ini selalu direkomendasikan untuk dikunjungi di Kalianda.

Selain itu, pantai ini berada di dalam Kompleks Alau Alau Boutique Resort Hotel. Nah, ada sejumlah tempat menginap di sekitar Pantai Laguna bagi wisatawan yang ingin bermalam di tempat ini.

11. Pemandian Air Panas Way Belerang

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kota Kalianda di Kabupaten Lampung Selatan juga memiliki pemandian air panas yang juga “sangat” menarik untuk dikunjungi wisatawan yaitu Pemandian Air Panas Way Belerang.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Kalianda, atau lebih tepatnya di Desa Bumi Agung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, dan dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan bermotor.

12. Pantai Kedu

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Dulunya Pantai Kedu merupakan pantai yang dipenuhi sampah. Pasalnya, dulu pantai ini dijadikan salah satu tempat pembuangan sampah di Kalianda oleh warga sekitar.

Namun kini, pantai yang terletak di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini sudah dibersihkan dari sampah tersebut, dan disebut-sebut mirip dengan Pantai Parangtritis di Yogyakarta.

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini, antara lain berjalan-jalan santai di pinggir pantai sambil berfoto selfie atau selfie, bermain bola, berenang, dan lain sebagainya.

13. Pantai Sapenan

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Sapenan. Letak wisata ini berada di Desa Merak Belatung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Nama “Pantai Sapenan” yang dikenal memiliki hamparan pasir putih konon berasal dari bahasa Lampung yang artinya “mumpung”. Kata mumpung di sini memiliki makna yang positif, seperti menikmati, bersyukur, dan mengagumi.

Kurang lebih sama dengan sejumlah tempat wisata pantai lainnya yang ada di Desa Merak Belatung, Pantai Sapenan juga termasuk salah satu tempat wisata pantai yang “terbilang” mudah dijangkau.

14. Teluk Nipah

14 Tempat Wisata Kalianda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik untuk dikunjungi terakhir adalah Teluk Nipah. Letak wisata ini berada di Desa Bulok, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Panorama pantai yang masih asri dengan sejumlah formasi batuan yang “sedikit” menjorok ke laut merupakan pemandangan yang akan didapatkan wisatawan saat berkunjung ke Teluk Nipah.

Itulah beberapa tempat wisata kalianda favorit bagi parawisatawan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi liburan anda.