5 TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN

5 TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN – Liburan bisa dilakukan dimana saja di dalam kota, ke luar pulau hingga ke luar negeri. Provinsi Jambi kerap menjadi salah satu destinasi liburan. Namun masih sedikit orang yang mengetahui tempat wisata Jambi yang bisa dikunjungi bersama teman dan keluarga.

Provinsi Jambi merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Kawasan yang mengusung motto “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” ini memiliki banyak tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan.

TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN

Berikut tempat wisata terbaik Jambi yang saya rekomendasikan untuk anda.

Candi Muaro Jambi

5 TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN

Destinasi wisata pertama di Jambi adalah candi Muaro Jambi. Jika ingin mempelajari sejarah kota Jambi, tak ada salahnya mengunjungi Candi Muaro Jambi. Candi ini merupakan situs peninggalan kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Melayu. Candi Muaro Jambi juga memiliki museum kuno yang dapat memperkaya ilmu kita. Situs cagar budaya yang terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-11 Masehi. Namun, baru pada tahun 1975 pemerintah Indonesia mulai serius memulihkan kompleks candi.

Tak hanya itu, di candi Muaro Jambi kita juga bisa berjalan-jalan mengagumi keindahan alam dengan sepeda atau perahu yang disewakan. Untuk mengunjungi kompleks candi yang diresmikan oleh Presiden Indonesia pada tahun 2012, yaitu Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), dibutuhkan waktu 45 menit dari pusat kota. Pengunjung dan masyarakat sekitar wajib menjaga dan menjaga kebersihan situs purbakala ini agar objek wisata ini tetap menjadi favorit di Provinsi Jambi.

Jambi Paradise

5 TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN

Wisata Jambi Paradise adalah salah satu wisata air paling populer di Jambi. Tempat wisata di Jambi yang satu ini sangat digemari masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan mengunjungi tempat ini akan sangat menarik bersama keluarga, sahabat dan sahabat. Kami akan mendapatkan pengalaman baru dengan memberi makan ikan di kolam bersama.

Baca juga:  Tempat Wisata Lampung Timur yang Menari Untuk Dikunjungi

Pergi ke surga wisata jambi tidak perlu repot, karena tempat wisata di jambi ini sangat dekat dengan jalan raya kota, sehingga mudah untuk dikunjungi. Fasilitas hiburan dan spot fotografi disini sangat memuaskan pengunjung. Dari tempat makan, toilet hingga rest area yang disediakan pengelola, fasilitas infrastruktur di sini juga cukup lengkap.

Museum Negeri Jambi

5 TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN

Untuk mempelajari tentang sejarah kota jambi selain candi muaro jambi juga bisa mengunjungi museum negeri jambi. Museum yang terletak di pusat Kota Jambi ini memiliki banyak monumen yang layak untuk dijelajahi. Koleksi di Museum Negeri Jambi berjumlah kurang lebih 2.855. Seperti fosil kayu, bebatuan, bahan galian, beliung batu, teko, patung, uang dan lain sebagainya. Dengan mengunjungi museum ini tentunya pengetahuan kita akan bertambah dan memberikan pengalaman yang berbeda.

Museum Negeri Jambi merupakan museum terbesar di Kota Jambi, kini berganti nama menjadi Museum Siginjai. Perubahan nama museum ini diharapkan dapat menanamkan nilai sejarah pada masyarakat Jambi. Perubahan nama ini merupakan persetujuan para pemerhati budaya Jambi. Perubahan nama Museum Negeri Jambi atas Siginjai berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 26 tahun 2012. Nama Siginjai dipilih sebagai nama museum ini karena itulah nama keris yang digunakan Orang Kayo Hitam. Dimana Orang Kayo Hitam adalah Raja Jambi di masa lalu yang memperjuangkan kejayaan negara Jambi.

Geopark Merangin

5 TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN

Kota Jambi merupakan tempat menarik yang ingin dikunjungi setiap orang. Mulai dari danau, gunung, air terjun, dan sungai. Geopark Merangin merupakan salah satu tempat wisata di Jambi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi bagi penyuka arung jeram. Lokasi ini berada di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin. Geopark ini resmi bergabung menjadi anggota Geopark Nasional Indonesia pada September 2013 bersama Raja Ampat, Gunung Rinjani, Danau Toba dan Green Canyon.

Baca juga:  Wisata Sejarah Benteng Kuto Besak Sumatera Selatan

Berjarak 6 jam perjalanan dari Kota Jambi, Merangin Geopark menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Sebagai pengunjung akan diajak untuk menjelajahi sungai sambil mengagumi pemandangan yang mengelilinginya. Kita akan melihat hijaunya hutan yang sangat lebat dan fosil vegetasi berusia ratusan juta tahun.

Gunung Kerinci

5 TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN

Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara dan masih aktif sampai sekarang. Pegunungan dengan ketinggian 3.805 mdpl ini terletak di Provinsi Jambi yang juga berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Gunung ini berjenis Strato Vulcano ini secara administratif berada di dalam kawasan TNKS atau Taman Nasional Kerinci Seblat. Kawah Gunung Kerinci sedalam 600 meter terakhir aktif pada tahun 2009.

Letak Gunung Kailinqi tepatnya di Desa Kersik Tuo di Jalan Kajoe Aro Kabupaten Kailinqi. Untuk mencapai lokasi ini pendaki dapat menempuh perjalanan dari Kota Jambi menuju Jalan Kajoe Aro dalam waktu sekitar 8 hingga 10 jam. Di puncak gunung ini pendaki bisa melihat keindahan Jamby, Padang dan Bengkulu dari kejauhan. Saat cuaca bagus, luas wilayah Samudra Hindia bisa terlihat jelas bahkan dari puncak Gunung Kairinchi. Apakah kamu siap? Sebelum mendaki gunung tertinggi di Sumatera, persiapkan stamina dan perlengkapan Anda.

Itulah beberapa tempat wisata jambi paling ramai pengunjung. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mentaati tata tertib yang ada.