4 Wisata Edukasi Paling Rekomended untuk Anak

4 Wisata Edukasi Paling Rekomended untuk Anak – Saat ini di Indonesia sudah banyak destinasi liburan yang bukan hanya menawarkan hiburan namun juga nilai-nilai pengetahuan. Momen jalan-jalan bersama keluarga terutama si kecil menjadi semakin berkesan jika pergi ke lokasi wisata edukasi paling rekomended.

Beberapa Pilihan Wisata Edukasi Paling Rekomended

Tidak perlu bingung mencari lokasi bagus, berikut 4 rekomendasi wisata edukasi paling rekomended untuk anak.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta

4 Wisata Edukasi Paling Rekomended untuk Anak

Kawasan wisata ini menawarkan edukasi budaya yang ada di indonesia mulai Sabang sampai Merauke. Terdapat berbagai miniatur bangunan tradisional, kostum, tarian serta tradisi masing-masing daerah dari 33 provinsi. Jam operasional TMII buka sejak pagi pukul 07.00-22.00 WIB dengan harga tiket Rp. 20.000.

TMII masuk dalam daftar wisata edukasi paling rekomended untuk anak karena selain menyuguhkan pengetahuan mengenai keragaman budaya Indonesia juga tersedia berbagai wahana rekreasi lainnya seperti Snowbay Waterpark, Theater IMAX Keong Mas, Titihan Samirono/Aeromovel, Kereta Gantung dan lain-lain.

Jatim Park 2, Malang

4 Wisata Edukasi Paling Rekomended untuk Anak

Wisata kota Batu satu ini tidak pernah sepi pengunjung terutama saat libur panjang. Jatim Park 2 buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya berbeda untuk weekday dan weekend. Senin-kamis pengunjung dikenai tarif Rp 84.000 sedangkan jumat-minggu Rp 120.000.

Baca juga:  Jam Gadang Wisata Ikon di Bukittinggi, Sumatera Barat

Jatim Park 2 menawarkan tempat wisata edukasi yang seru bagi orang tua maupun anak-anak karena terbagi ke dalam 3 zona berbeda meliputi:

  • Batu Secret Zoo: berisi berbagai jenis binatang dalam 6 area yaitu reptile, aquarium, savannah, pasar afrika, fantasy and adventure land serta tiger land.
  • Museum Satwa: cocok untuk mengedukasi anak-anak mengenai hewan-hewan dalam bentuk fosil dan patung. Selain itu juga terdapat 5000 lebih koleksi serangga.
  • Eco Green Park: menawarkan edukasi bidang pengetahuan alam, lingkungan dan sebagainya seperti animal farm, hydroponic, insectarium, miniatur candi dan masih banyak lagi lainnya.

Equator Park, Kalimantan

4 Wisata Edukasi Paling Rekomended untuk Anak

Destinasi satu ini terbilang masih baru jika mengingat peresmiannya pada tahun 2019. Meskipun begitu Equator Park berhasil menarik perhatian wisatawan termasuk para orang tua yang ingin dengan konsep yang fokus pada edukasi seperti lapangan olahraga, outbond, serta wahana permainan anak.

Pengunjung Equator Park akan terkena tarif tiket yang cukup terjangkau untuk masuk per wahana mulai Rp. 5000-Rp. 15.000.

Taman Pintar, Yogyakarta

4 Wisata Edukasi Paling Rekomended untuk Anak

Saat mengajak keluarga termasuk anak-anak ke jogja maka pastikan untuk tidak lupa mengunjungi Taman Pintar. Destinasi ini selalu ramai pengunjung karena mengusung konsep area bermain sekaligus edukasi. Cocok sebagai sarana mengenalkan si kecil dengan teknologi interaktif digital dan pemetaan video.

Selain itu orang tua juga bisa mengajak anak-anak bermain di beberapa kawasan menarik yaitu:

  • Playground: ruang penyambutan para wisatawan dengan berbagai alat peraga garis.
  • Gedung paud barat dan timur: anak usia dini dan TK bisa bermain dan belajar sepuasnya di area ini karena terdapat beberapa alat peraga dan permainan sesuai umur mereka.
  • Gedung oval kotak: memuat berbagai peraga berbasis edukasi sains yang bisa dicoba semua usia tidak hanya anak-anak saja.
  • Gedung memorabilia: terdapat beragam alat peraga mengenai sejarah Indonesia tokoh pendidikan, presiden pertama hingga sekarang dan kesultanan Yogyakarta.
  • Planetarium: penuh dengan alat peraga mengenai seputar dunia luar angkasa seperti tata surya dan antariksa dalam bentuk film.
Baca juga:  Informasi Terkini dari Puncak Mas Lampung Dengan Lengkap

Itulah 4 wisata edukasi paling rekomended untuk anak. Memilih salah satu destinasi dari beberapa rekomendasi di atas akan membuat liburan bersama anak-anak akan lebih bermakna. Sebab, si kecil bisa mempelajari dan memahami berbagai ilmu pengetahuan baru. Semoga bermanfaat.