Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan

Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan – Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Sumatera. Provinsi yang memiliki ibu kota Palembang ini juga memiliki beberapa tempat wisata unggulan dan termasuk beberapa wisata favorit di Indonesia. Turis lokal maupun mancanegara yang selalu berduyun-duyun ke Palembang setiap tahun hanya ingin menikmati tempat-tempat wisata tersebut. Berikut wisata-wisata yang sudah di kemas untuk tujuan destinasi wisata anda.

Wisata di Sumatera Selatan

Berikut ini adalah beberapa Wisata di Sumatera Selatan:

Bukit Serelo

Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan

Bukit Serelo atau yang di kenal juga dengan Bukit Jempol, bukit ini terletak di Desa Warai yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Lahat. Jika menggunakan kendaraan darat, salah satu cara untuk mendapatkan pemandangan terbaik Bukit Jempol dari dekat, yaitu dengan memasuki area pertambangan di perbatasan Lahat dan Muara Enim. Dari area pertambangan ini, pemandangan Bukit Jempol dapat terlihat dengan sempurna.

Dari Kabupaten Muara Enim, Anda bisa melihat gunung ini sekitar 900 meter di atas permukaan laut.Nama Bukit Jempol sendiri digunakan oleh masyarakat Lahat mengingat bentuknya yang seperti ibu jari. Namun bukit ini disebut juga dengan Bukit Tunjuk, karena di sisi lain bukit ini berbentuk seperti jari yang mengarah ke atas.

Baca juga:  5 Negara Tujuan Wisata Murah Luar Negeri

Air Terjun Bidadari

Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan

Air Terjun Bidadari merupakan salah satu tempat wisata Palembang yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Air terjun ini merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Juga dikenal sebagai Air Terjun Ayek Asam, kawasan ini terletak di Desa Karang Dlam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Palembang, Sumatera Selatan.

Memang untuk menuju tempat ini membutuhkan jarak yang cukup jauh dari Kota Palembang. Namun tenang saja karena segala jerih payah Anda akan terbayar ketika menginjakkan kaki di sini karena pemandangan yang disuguhkan sungguh membius mata. Ada 3 air terjun lain di sekitar air terjun, yaitu air terjun Bujang Gadis, air terjun Sumbing, dan air terjun Naga.

Hutan Punti Kayu

Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan

Taman Wisata Punti Kayu merupakan satu-satunya hutan yang terletak di jantung kota Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Bayangkan diri Anda keluar dari kehidupan yang penuh kemacetan untuk menikmati diri Anda sehari di alam yang menenangkan di antara pepohonan pinus yang tenang. Hutan tersebut hanya berjarak 7 kilometer dari pusat kota dan mencakup area seluas 50 hektar. Hutan tersebut dibangun untuk tujuan konservasi dan telah ditetapkan sebagai hutan lindung sejak 1938, tetapi dibabat sebagai hutan rekreasi publik pada tahun 1986. Kawasan ini terdiri dari empat kawasan, yaitu Hutan Konservasi, Taman Rekreasi, Danau dan Rawa, serta Perkemahan Situs.

Baca juga:  Puncak Pass : Kindahan Panorama Alam di Cisarua Bogor

Tebat Gheban

Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan

Salah satu wisata di Pagar Alam adalah Danau Tebat Geban. 7 kilometer dari pusat kota Pagar Alam. Tebat Gheban memiliki keindahan alam dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah wisata. Danau Tebat Gheban memiliki luas sekitar 3 hektar dengan kedalaman mencapai 12 meter.

Keindahan telaga Tebat Gheban akan terlihat cantik di sore hari. Hal ini dikarenakan banyaknya komunitas nelayan dari berbagai kalangan. Selain itu Telaga Tebat Gheban juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar seperti jogging pada pagi hari.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke telaga Tebat Gheban untuk berekreasi dan mengisi hari di saat libur. Gheban Great Place sangat strategis dan tidak jauh dari pusat kota Pagar Alam.

Benteng Kuto Besak

Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan

Palembang juga memiliki bangunan Istana Benteng Kuto Besak yang bersejarah. Benteng Kuto Besak terletak di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besak (BKB) merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di tepi Sungai Musi dengan bangunan yang kokoh dan megah. Benteng yang terbuat dari batu setinggi 10 meter ini berdiri kokoh di tengah kota Palembang.

Itulah beberapa tempat Wisata di Sumatera Selatan paling ramai di kunjungi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mentaati tata tertib yang ada.