16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Diminati Para Pengunjung

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Diminati Para Pengunjung – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Kota Pati, Karena Kota Pati memiliki banyak wisata mulai dari wisata alam maupun wisata buatannya. Kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi yang berada di Kota Pati ini, Simak Artikel berikut ini.

Spot Wisata di Pati

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di Kota Pati, yaitu:

1. Waduk Seloromo

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Pati memiliki Waduk Seloromo yang tak kalah indah dan menawan. Terletak di kaki Gunung Muria, waduk ini menawarkan pemandangan waduk yang berkolaborasi dengan pemandangan gunung. Membuat suasana jadi sejuk sehingga pengunjung betah berlama-lama.

Menikmati pesonanya, tak lengkap rasanya jika tak sekadar berburu spot foto yang instagramable untuk mengisi ingatan.

Lokasi: Kawasan Waduk Gembong, Kec. Gembong, Kab. Pati.

2. Pantai Banyutowo

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Agar wisata air anda semakin lengkap, Pati juga memiliki pantai yang meakjubkan. Pantai yang menjadi favorit wisatawan saat ke pantai ini memang menawarkan banyak aktivitas seru dan menyenangkan.

Kamu bisa berburu spot foto cantik sekaligus wahana bermain. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berwisata kuliner di resto terapung atau menjelajahi hutan bakau. Menikmati matahari terbenam akan menjadi akhir yang bagus.

Lokasi: Banyutowo, Kec. Dukuhseti, Kab. Pati.

3. Agrowisata Jolong

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Apakah Anda seorang penggemar kopi? Mengunjungi Agrowisata Jolong Anda akan menikmati hamparan perkebunan kopi yang sangat luas. Sudah berubah menjadi agrowisata, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wisata lainnya. Mulai dari taman bunga, rumah pohon hingga keberadaan wisata air terjun Grenjengan.

Berbagai fasilitas mulai dari terapi ikan, outbond hingga flying fox juga dihadirkan untuk memanjakan para pengunjung.

Lokasi: Sitiluhur, Jollong, Kec. Gembong, Kab. Pati.

4. Waduk Gunung Rowo

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Waduk ini masuk dalam jajaran wisata favorit di Pati. Tidak hanya menawarkan wisata waduk, Anda juga mendapatkan pemandangan indah dengan latar pegunungan. Suasananya yang begitu sejuk dan asri sangat cocok untuk refreshing dan melepas penat.

Tak hanya itu, Waduk Gunung Rowo juga menawarkan wisata kuliner yang enak. Di sepanjang waduk berjejer penjual ikan bakar yang bakal bikin perut keroncongan.

Lokasi: Mbangan, RT.3 / RW.2, Kawasan Waduk Gunungrowo, Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati.

5. Gua Pancur

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Goa Pancur menawarkan petualangan menjelajahi gua dengan cara yang berbeda. Sebab, Anda akan menyusuri goa dengan memanfaatkan air yang ada di dalamnya. Selain menyuguhkan pemandangan goa yang unik, Goa Pancur juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan spot foto.

Baca juga:  Pantai Tegal Wangi Jimbaran: Surga Tersembunyi di Pulau Bali

Tenang saja, selama kamu menyusuri goa kamu juga akan dibekali dengan pelindung agar tetap aman. Wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Lokasi: Jimbaran, Kec. Kayen, Kab. Pati.

6. Lorodan Semar

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Bagi anda yang menyukai pemandangan sungai dan hutan bisa datang langsung ke Lorodan Semar. Merupakan sungai dengan tiga air terjun bertingkat yang memiliki pemandangan yang indah dan menarik.

Terdapat sebuah batu karang besar yang menjadi daya tarik wisata di tempat ini, baunya dialiri air dan mirip dengan permainan anak-anak. Di sana Anda bisa bermain air dan menikmati pemandangan sekitar. Sungainya juga tidak terlalu dalam, sehingga anak-anak bisa bermain dengan tenang.

Lokasi: Sumbersari, Kec. Kayen, Kab. Pati.

7. Alun-alun Pati

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Di kota pati anda harus mampir ke Alun Alun Kota Pati. Memang alun-alun ini bukanlah destinasi wisata terbaru, karena sudah ada sejak lama. Namun karena sentuhan renovasi di beberapa sudut justru membuatnya semakin menawan. Lapangan hijau dengan pepohonan rindang sangat cocok untuk bersantai. Saat sore hari, banyak keluarga atau anak muda yang menghabiskan waktu di alun-alun ini.

Saat malam hari, alun-alun ini semakin ramai karena adanya kerlap-kerlip lampu. Tak hanya itu, ditambah dengan penjual kuliner membuat alun-alun ini semakin ramai. Mengunjungi tempat yang satu ini tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk Anda.

Lokasi: Jl. Tombronegoro, Pati Kidul, Kec. Pati, Kab. Pati.

8. Air Terjun Tadah Hujan

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Melanjutkan wisata air di Pati, Anda bisa mengunjungi air terjun Tadah Hujan. Pantai ini tidak sesuai dengan namanya, karena bahkan pada musim kemarau debit airnya masih besar. Sehingga masyarakat sekitar memanfaatkannya sebagai kebutuhan air bersih.

Anda akan disambut dengan suara air saat Anda tiba. Bebatuan dan tebing yang membingkainya pun menambah keindahannya. Belum lagi udara sejuknya sangat cocok untuk melepas penat.

Lokasi: Kec. Sukolilo, Kab. Pati.

9. Goa Wareh

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Selanjutnya adalah goa gudang yang menjadi tujuan wisata lokal khas daerah Pati. Belum banyak orang yang mengetahui destinasi wisata ini, sehingga masih menjadi destinasi wisata lokal bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Pati.

Di sana, Anda bisa bermain air sekaligus langsung menuju sumber air yang konon bikin awet muda. Beberapa mitos lokal yang sering ditemukan di sana, antara lain jika mandi di Gua Gudang, jodoh akan lebih mudah ditemukan.

Lokasi: Kedumulyo, Kec. Sukolilo, Kab. Pati.

10. Air terjun Grenjengan Sewu

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Air terjun selanjutnya yang bisa Anda kunjungi di Pati adalah air terjun Grenjengan Sewu yang ada di desa wisata Pati. Tidak hanya hutan yang bisa Anda temukan, tapi juga persawahan rakyat yang bisa Anda kunjungi.

Pemandangan di sekitar air terjun ini masih asri sehingga menimbulkan rasa tenang pada wisatawan yang datang berkunjung. Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner yang dijual oleh masyarakat sekitar di sekitar air terjun.

Lokasi: Jrahi, Kec. Gunungwungkal, Kab. Pati.

Baca juga:  Curug Nangka, Air Terjun di Bogor Yang Mempesona

11. Juwana Water Fantasy

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Mengunjungi waterboom juga bukan ide yang buruk saat berada di Pati. Juwana Water Fantasy memang layak untuk dimasukkan ke dalam list tempat liburan kamu, mengingat banyak hal yang menarik untuk dijelajahi.

Selain menyediakan kolam renang, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan wahana permainan yang akan membuat liburan anda semakin seru. Setidaknya ada 35 wahana yang bisa Anda nikmati bersama keluarga jika berkunjung ke Juwana Water Fantasy.

Lokasi: Jl. Juwana Rembang KM. 7 Bumimulyo, Kec. Bar, Kab. Pati.

12. Klating Pucakwangi

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Untuk melihat pesona kota yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Klating Pucakwangi sebagai destinasi pertama Anda. Sebenarnya Klating Pucakwangi adalah sebuah sungai, namun karena keunikannya oleh masyarakat dijadikan sebagai objek wisata. Memiliki serangkaian anak tangga membuat Anda serasa sedang memandangi air terjun bertingkat.

Menariknya, sungai ini juga terletak di dataran tinggi sehingga semakin unik. Wajar jika tempat ini begitu hits dan banyak dikunjungi.

Lokasi: Mojoagung, Kec. Pucakwangi, Kab. Pati.

13. Air Terjun Grodo

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Ada air terjun yang bisa Anda kunjungi di kawasan Grodo, sebuah kecamatan di Pati. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dan sungai yang mengalir di bawahnya juga tidak terlalu dalam, sehingga cocok sebagai tempat bermain.

Air terjun ini juga belum banyak mendapat perhatian dari pemerintah maupun wisatawan lokal, sehingga masih belum banyak yang mengunjunginya. Anda bisa datang berkunjung dan hanya membayar tiket parkir.

Lokasi: Desa Gunungpanti, Kec. Winong, Kab. Pati.

14. Puncak Arga Pesona

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Jika ingin menikmati pemandangan dari atas, maka Puncak Arga Pesona adalah yang paling cocok untuk dikunjungi. Saat anda sampai di gardu pandang ini, anda akan disuguhkan hamparan hijau yang menyejukkan.

Berada di perbatasan Pati dan juga Grobogan Anda tidak akan menyesal berkunjung. Anda akan menemukan beberapa spot foto yang instagramable di tempat ini. Udara yang sejuk akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Lokasi: Jl. Sendang-Kemaduhbatur, Kemaduhbatur, Kec. Tawangharjo, Kab. Grobogan.

15. Bukit Pandang Kayen

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Berada di lereng Gunung Kendeng, wisata bukit yang satu ini akan menyuguhkan pesona alam yang begitu eksotis. Saat akhir pekan atau musim liburan, wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi anak muda atau pecinta fotografi.

Mengingat tempat ini juga menyediakan berbagai spot favorit untuk berfoto selfie atau menjajal kemampuan fotografi Anda. Sepanjang mata memandang, panorama hijau akan menyapa penglihatan Anda.

Lokasi: Jrambah, Durensawit, Kec. Kayen, Kab. Pati.

16. Makam Syekh Mutamakkin

16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Dimitai Para Pengunjung

Terakhir, Makam Syekh Mutamakin yang bisa Anda kunjungi untuk wisata religi. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke sana berniat untuk melakukan takziah di makam tersebut.

Destinasi wisata ini cukup populer di Pati dan beberapa daerah sekitarnya. Setiap bulannya banyak wisatawan dan peziarah yang datang berkunjung, hingga 500 ribu orang bahkan lebih.

Lokasi: Kajen, Kec. Margoyoso, Kab. Pati

Itulah beberapa tempat wisata di Pati semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk liburan anda selanjutnya terimakasih.