Waduk Riam Kanan : Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan

Waduk Riam Kanan: Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan – Kalimantan Selatan memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata pantainya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi, yaitu Waduk Riam Kanan simak ulasan berikut.

Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan merupakan danau buatan terbesar dan indah yang ada di Kalimantan Selatan. Waduk ini menawarkan pesona keindahan alamnya yang memukau yang cocok sebagai tujuan untuk melepaskan penat dan Lelah.

Lokasi Waduk Riam Kanan

Lantas, di manakah letak Waduk Riam Kanan ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kota Banjar, Kalimantan Selatan. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Daya Tarik Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan : Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan

Danau buatan terbesar di Kalimantan Selatan ini terletak di dekat kawasan hutan. Bahkan untuk sampai ke lokasi, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Meski harus melalui perjalanan yang panjang, nantinya Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan berbagai tanaman yang tumbuh rindang di sekitar kawasan Waduk Riam Kanan.

Dengan banyaknya tanaman yang rindang mampu menghasilkan suasana yang nyaman dan tenang. Apalagi menjadi sangat sejuk dan diiringi suara air yang bisa menenangkan suasana. Tentunya hal ini menjadi daya tarik ketika wisatawan akan berkunjung ke kawasan wisata yang satu ini, yang jarang Anda dapatkan di kawasan wisata alam lainnya.

Baca juga:  Danau Linting, Wisata Air Hangat Yang Menarik Dikunjungi

Tidak hanya pemandangannya yang sangat indah dan menawan, Anda juga akan disuguhkan dengan pesona yang sangat unik. Hijaunya dedaunan dari pepohonan yang ada dapat membuat udara menjadi lebih segar dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat atau stress. Atau bahkan Anda bisa menjadikan lokasi ini sebagai tempat beristirahat dari hiruk pikuk kota.

Saat mengunjungi kawasan ini, Anda akan melihat hamparan air yang sangat luas yang sangat tenang. Meski begitu, air di danau buatan ini memiliki kedalaman yang cukup tinggi. Sehingga pengunjung yang datang ke kawasan ini tidak diperbolehkan berenang atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air dan hanya bisa dari jarak jauh.

Legenda Waduk Terbesar di Kalimantan Selatan

Waduk Riam Kanan : Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan

Menurut sejarah yang beredar, dahulu kala di sebuah Puncak Meratus hiduplah dua orang bersaudara. Kakak laki-lakinya bernama Utuh Pujung dan adiknya bernama Anang. Saat itu, keduanya rajin dan senang mencari madu, garu, dan damar di kawasan hutan belantara Meratus. Hanya saja kedua anak ini memiliki karakter yang sangat jauh berbeda.

Kakak laki-lakinya keras kepala dan sangat berbeda dari adiknya. Anang adalah anak dengan sifat yang menerima berbagai pendapat dan pandangan dari siapapun. Alkisah, mereka sedang mencari madu dan bertemu dengan seorang gadis desa yang sangat cantik. Wanita itu bernama Galuh Sakadut, yang membawa harta karun berisi berlian dan emas.

Baca juga:  5 Destisani Wisata Lampung Timur Yang Wajib Dikunjungi

Sementara itu, kedua bersaudara itu memiliki kesepakatan untuk bersaing dengan kekuatan gaib untuk memenangkan hati gadis cantik itu. Seketika Pujung segera berusaha menunjukkan kekuatannya. Pujung mulai dengan tangan kirinya bergerak dan permukaan tanah mulai terbelah dan disertai deru air yang mengalir dari Pegunungan Meratus.

Kemudian getaran tersebut juga diiringi dengan banyaknya material alam yang dikeluarkan. Seperti mangan, bijih besi, batu, intan, emas, batu akik, kecubung, hingga ekor kalulu. Hingga akhirnya tempat ini diberi nama atau julukan bernama Riam Kiwa. Berbeda dengan adiknya yang juga berusaha menunjukkan kekuatan supranatural yang dimiliki dalam dirinya.

Anang mulai menunjukkan kekuatannya dengan menggerakkan tangan kanannya. Hingga tiba-tiba terdengar suara guntur yang sangat keras. Itu disertai dengan angin kencang, kilat menyambar, dan bahkan bumi mulai bergetar. Saat itu sedang terjadi gunung api tektonik yang mengeluarkan berbagai isi perut bumi yang sangat melimpah.

Hujan mulai turun dengan deras. Pada saat itu bumi telah terbelah menjadi sungai dan air terjun. Saat itu warga mulai khawatir dan merasa panik. Sampai saat itu daerah ini dikenal dengan nama Riam Kanan. Karena Agung menunjukkan kesaktiannya dengan tangan kanannya dan aliran itu saat ini dibendung dan menjadi Danau Lingkar Kanan.

Itulah sedikit ulasan Waduk Riam Kanan : Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.