Waduk Cengklik, Spot Sunset di Boyolali

Waduk Cengklik, Spot Sunset di Boyolali – Boyolali memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Boyolali, yaitu Waduk Cengklik mari simak ulasan berikut.

Waduk Cengklik

Waduk Cengklik merupakan salah satu objek wisata favorit di Boyolali untuk menikmati panorama matahari terbenam. Menawarkan berbagai wahana seru dan menjadi daya tarik menjelajahi Kampung Sakura.

Lokasi Waduk Cengklik

Lantas, di manakah letak Wisata Waduk Cengklik? Wisata ini berada tepat di Alamat: Jl. Ngargorejo, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket terbaru untuk kawasan Waduk Cengklik adalah Rp30.000, hari Sabtu dan Minggu masih sama harganya. Untuk kamu yang aktif menggunakan media sosial, ada diskon harga tiket Rp 10.000 untuk setiap orang.

Syaratnya cukup mudah untuk mendapatkan promo ini, hanya dengan mengikuti halaman media sosial resmi pengelola waduk. Tersedia tempat parkir untuk wisatawan, dengan biaya Rp. 2000 Anda dapat dengan aman meninggalkan kendaraan Anda tanpa mengkhawatirkan kejahatan yang mengintai.

Baca juga:  Danau Linting, Wisata Air Hangat Yang Menarik Dikunjungi

Jika Anda ingin masuk ke dalam kawasan Taman, Anda tidak perlu membayar tiket lagi untuk masuk. Pembayaran tiket lebih awal mencakup semua fasilitas yang disediakan di Waduk Cengklik Boyolali.

Daya Tarik Waduk Cengklik

Waduk Cengklik, Spot Sunset di Boyolali

Daya tarik apa saja yang ada Waduk Cengklik? Mari simak pembahasan berikut.

1. Cerita Sejarah

Bendungan air yang sudah berdiri hampir seabad ini tentunya menyimpan segudang cerita sejarah yang menarik untuk dibahas.

Tujuan awal dibangunnya waduk ini adalah untuk membantu pengairan lahan perkebunan milik Mangkunegaran. Karena itu, Mangkunegaran Solo meminta kerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda untuk membangun bendungan air. Pembangunan waduk ini memakan waktu 2 tahun dengan bantuan pekerja pribumi.

Daerah pertama yang dijadikan waduk disebut Dusun Cengklik, nama dusun ini kemudian dijadikan sebutan untuk waduk itu sendiri. Hasil pembangunan bendungan air ini sangat memuaskan, dimana sekitar 1.578 hektar sawah diairi dengan baik.

Kisah mistis juga muncul sebagai pelengkap kisah sebuah tempat yang sudah dibangun sejak lama. Beragam cerita seram dari Waduk Cengklik yang telah diturunkan dari generasi ke generasi oleh kakek-nenek tua.

2. Panorama Sunset

Pemandangan langit dengan semburat jingga berpadu dengan pantulan air yang mengilap akibat sinar matahari sore menambah nilai estetika senja di Waduk Cengklik. Jangan lupa untuk mengabadikan momen sunset yang indah, foto dalam mode siluet adalah pilihan yang tepat. Anda juga bisa melihat penampakan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu jika cuaca mendukung.

Baca juga:  Bukit Daun : Bukit dengan Pesona Danau di Rejang Lebong

Jika ingin melihat sunset yang tepat, bisa datang dari jam 5 sore sampai jam 6 sore. Mengundang pasangan akan membuat kenangan indah bersama, melihat matahari yang perlahan tenggelam bersama orang tersayang.

Fasilitas Waduk Cengklik

Waduk Cengklik, Spot Sunset di Boyolali

Pengelolaan Waduk Cengklik oleh pemerintah dinilai berhasil, karena kawasan waduk dapat dibuka untuk pariwisata untuk umum. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, kamar mandi umum dan tempat cuci tangan tersedia di berbagai titik.

Banyak juga rumah makan yang berdiri di sekitar area waduk, dengan menu ikan air tawar menjadi andalannya. Kolam renang yang berada di kawasan Waduk Taman Cengklik bisa digunakan untuk umum. Terakhir ada fasilitas meeting hall yang bisa disewa terlebih dahulu, hall ini berkapasitas kurang lebih 200 orang.

Informasi dari wisata Waduk Cengklik yang ada di Boyolali bisa Anda jadikan acuan saat berkunjung sebelumnya. Bisa dibilang Boyolali memiliki destinasi wisata buatan yang menarik, salah satunya waduk cantik ini. Jangan lupa ajak teman atau keluarga kamu saat liburan di wisata Waduk Cengklik, biar liburan makin seru dan menyenangkan.

Itulah sedikit ulasan tentang Waduk Cengklik, Spot Sunset di Boyolali dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.