Keindahan Umbul Sigedang, Pemandian Alami di Klaten

Keindahan Umbul Sigedang, Pemandian Alami di Klaten – Klaten memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Klaten, yaitu Umbul Sigendang mari simak ulasan berikut.

Umbul Sigedang

Umbul Sigedang merupakan tempat wisata berupa pemandian alam yang ada di Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Kejernihan air kolam alami ini cocok untuk bermain air dan berenang di area yang teduh dan suasana yang tenang.

Lokasi Umbul Sigedang

Pemandian alami ini berada di perbatasan antara Solo dan Yogyakarta. Namun lebih detailnya, tempat ini berada di Dusun Umbulsari, Desa Ponggok. Sebuah desa yang terletak di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten di Provinsi Jawa Tengah. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Pemandian Sigedang ini menarik tiket masuk yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang. Dengan harga tersebut, Anda juga bisa menikmati keindahan kolam alami ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Baca juga:  Keindahan Umbul Cokro Klaten yang Menarik Untuk Dikunjungi

Namun, belum termasuk fasilitas toilet dan biaya parkir. Sehingga untuk menggunakan fasilitas toilet anda dikenakan tarif Rp. 2.000. Sedangkan biaya parkir yang dikenakan tergantung kendaraan Anda, umumnya kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000 per sepeda motor, untuk kendaraan roda empat Rp 5.000 per mobil.

Daya Tarik Umbul Sigedang

Daya tarik apa saja yang ada di Umbul Sigedang? Simak penjelasan berikut.

1. Airnya yang sangat Jernih

Umbul Sigedang memiliki air yang sangat jernih dan bersih meski sering dibuat untuk mandi. Meski begitu jernih, air tersebut diubah menjadi air mineral oleh perusahaan yang sangat terkenal di bidang tersebut. Sehingga saat anda mandi di tempat ini, anda akan serasa mandi menggunakan air galon yang banyak.

Sehingga, air di tempat ini terasa sangat sejuk dan bisa membuat Anda merasa bugar dan segar. Oleh karena itu saat berlibur ke tempat ini Anda harus bisa menjaga kebersihannya. Misalnya, jika Anda mencuci rambut, jangan membuang plastik sampo ke kolam renang agar tetap alami dan bersih.

2. Terdapat Ikan yang Menenangkan

Keindahan Umbul Sigedang, Pemandian Alami di Klaten

 

Tempat ini juga memiliki ikan berenang yang indah. Mereka pun serasa betah berenang di tempat ini karena airnya sangat bersih dan jernih. Biasanya ikan ini akan bersembunyi di bawah bebatuan di dasar Umbul.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengamati ikan berenang dapat menghilangkan stres. Sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang berlibur dari kepenatan kerja atau mungkin berlibur bersama teman sekelas usai ulangan.

Baca juga:  10 Wisata Taman Bandar Lampung Sangat Cocok Untuk Refreshing

Tak hanya itu, Anda juga bisa berenang bersama ikan-ikan ini. Anda juga bisa bermain petak umpet dengan ikan-ikan ini karena terkadang mereka bersembunyi di bawah bebatuan di dasar Umbul. Untuk membuat anda lebih rileks selama liburan di tempat wisata Umbul Sigedang ini.

Namun, ikan pada saat ini tidak boleh dipancing atau diganggu. Hal ini bertujuan untuk menjaga seimbangnya ekosistem dan menjadi nilai tambah bagi pemandian Sigedang ini.

Keindahan Umbul Sigedang, Pemandian Alami di Klaten

3. Pemandangan Alam yang Indah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat ini memiliki panorama yang sangat menawan. Pepohonan rindang tumbuh dengan indah di kawasan Umbul Sigedang ini. Pepohonan ini juga membuat suasana tenang, segar, dan tampak asri. Kealamian yang terjaga dengan baik membuat pepohonan tumbuh subur dan tinggi sehingga bisa berteduh.

Apalagi pohon beringin yang tumbuh di sana. Akar yang berada di pinggir Umbul sangat indah dan indah. Sehingga akar ini sering dijadikan background spot foto pengunjung. Ini pun menjadi salah satu spot foto hits di media sosial. Kamu juga nggak mau ketinggalan tren ini kan?

tulah sedikit ulasan tentang Keindahan Umbul Sigedang, Pemandian Alami di Klaten dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.