Keindahan Umbul Ponggok, Kolam Mata Air Alami di Klaten

Keindahan Umbul Ponggok, Kolam Mata Air Alami di Klaten – Klaten memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Klaten, yaitu Umbul Ponggok mari simak ulasan berikut.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah obyek wisata air yang hits di Klaten yang menawarkan sensasi berbeda, aktivitas snorkeling dan diving bukan di laut melainkan di kolam mata air alami yang menyegarkan.

Lokasi Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di Kabupaten Klaten, lebih tepatnya Desa Ponggok, Polanharjo. Destinasi wisata ini buka setiap hari termasuk hari libur. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Untuk jam operasional tour ini mulai beroperasi pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dari hari Senin hingga Sabtu, sedangkan pada hari Minggu atau hari libur mulai beroperasi pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Layanan persewaan mulai beroperasi pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata ini cukup terjangkau. Pada hari biasa wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang, sedangkan pada hari libur wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp30.000 per orang.

Baca juga:  Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara

Biaya masuk tersebut belum termasuk biaya lain seperti fasilitas sewa di dalamnya. Bagi wisatawan yang ingin menyewa kamera bawah air akan dikenakan tarif Rp 60.000 per 30 menit untuk maksimal 4 orang atau Rp 100.000 per jam untuk maksimal 7 orang.

Selain kamera bawah air, tempat wisata ini menyediakan paket power dive (walker) termasuk dokumentasi foto dengan harga Rp 150.000 dan Rp 200.000 termasuk foto dan video.

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan properti untuk menambah daya tarik fotonya, bisa menyewanya dengan harga yang bervariasi. Contoh properti sewa seperti set kursi dan tenda dikenakan tarif sekitar Rp 100.000, sepeda dikenakan tarif Rp 300.000, dan banyak properti lainnya.

Daya Tarik Umbul Ponggok

Keindahan Umbul Ponggok, Kolam Mata Air Alami di Klaten

Daya tarik apa saja yang ada di Umbul Ponggok? Simak penjelasan berikut.

1. Keindahan Air Kolam Alami

Kolam dengan air yang jernih ini menyuguhkan pemandangan indah dasar kolam dari kombinasi bebatuan, pasir dan lumut sehingga wisatawan dapat melihatnya dengan jelas dari atas permukaan air. Kolam ini berisi ikan-ikan dengan berbagai jenis, ukuran dan warna yang mempercantik objek wisata ini.

Di kolam ini wisatawan bisa menemukan berbagai macam properti yang menjadi daya tarik. Properti yang tersedia antara lain becak, sepeda motor, pedal, tenda, set taman, dan sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa properti ini tidak disediakan secara gratis sehingga wisatawan perlu menyewanya.

Baca juga:  Keindahan Umbul Cokro Klaten yang Menarik Untuk Dikunjungi

2. Snorkeling

Wisatawan tidak perlu lagi ke laut untuk melakukan aktivitas snorkeling karena di Umbul Ponggok pun wisatawan bisa melakukan snorkeling. Tempat wisata ini menyediakan alat untuk snorkeling yang bisa disewa tersendiri sesuai kebutuhan anda. Perlengkapan snorkeling yang tersedia antara lain jaket pelampung (life jacket), masker snorkle, dan kaki katak (fin).

3. Diving

Selain snorkeling, wisatawan juga bisa menyelam. Tempat ini menyediakan paket sewa diving komplit berupa tabung oksigen, kaki katak (fin), wet suit, dan google. Ada juga paket bawah air Walker Dive bagi wisatawan yang ingin berjalan-jalan di bawah air.

4. Sensasi Foto Dibawah Air

Keindahan Umbul Ponggok, Kolam Mata Air Alami di Klaten

Objek wisata ini menyediakan jasa rental kamera bawah air beserta operatornya. Ada juga persewaan properti untuk foto bawah air yang membuat tempat ini semakin menarik. Jadi, jika Anda tidak membawa kamera anti air, Anda bisa memanfaatkan rental ini sebagai solusinya.

tulah sedikit ulasan tentang Keindahan Umbul Ponggok, Kolam Mata Air Alami di Klaten dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.