6 Tips Hemat Berwisata yang Efektif

6 Tips Hemat Berwisata yang Efektif – Berlibur merupakan kegiatan menyenangkan, terutama di tengah aktivitas padat dan monoton. Namun sayangnya, untuk melakukannya memerlukan dana besar dan cukup menguras kantong. Tidak perlu khawatir akan hal itu, pasalnya ada banyak tips hemat dalam berwisata yang bisa dilakukan.

Beberapa Tips Hemat Berwisata

Ingin liburan tapi budget minim? Tidak perlu risau akan hal itu. Berikut ini ada beberapa tips hemat dalam berwisata yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran tanpa mengurasi keseruan, diantaranya seperti:

Buat Perencanaan Liburan

Tips pertama yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk menghemat budget ketika liburan yakni buatlah perencanaan matang. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan riset mengenai tempat-tempat wisata menarik namun harga tiket dan biaya akomodasinya tidak terlalu mahal.

Selain itu, carilah informasi mengenai referensi tempat makan, penginapan serta tempat belanja murah. Untuk melakukan riset ini, Anda dapat dengan mudah browsing melalui internet atau bertanya dan meminta rekomendasi kepada teman atau saudara yang pernah berkunjung ke wisata tersebut.

Gunakan Transportasi Umum

Jika ingin liburan namun budget minim, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam rangka menekan pengeluaran. Salah satunya dengan menggunakan transportasi umum untuk mengunjungi tempat wisata.

Baca juga:  Masjid As Safinatun Najah, Masjid yang Berbentuk Kapal Nabi Nuh

Kini dibeberapa daerah wisata di Indonesia sudah banyak menyediakan kendaraan khusus yang memfasilitasi para wisatawan. Dengan menggunakan moda transportasi tersebut, selain lebih hemat biaya kegiatan tersebut juga cukup seru terlebih jika berlibur bersama teman-teman atau keluarga.

Pilih Waktu yang Tepat

Tips berikutnya yakni pilih waktu liburan yang tepat, usahakan jangan pergi ketika high season atau long weekend. Pasalnya, saat itu harga tiket masuk ke tempat pariwisata jauh lebih mahal dibanding hari biasanya. Tarif akomodasi pun juga mengalami kenaikan di musim tersebut.

Dengan pertimbangan tersebut, jika ingin menghemat budget saat liburan pilihlah waktu saat low season. Selain harga tiket dan tarif akomodasi lebih murah, Anda juga dapat menikmati suasana di tempat wisata tersebut dengan leluasa karena keadaan tidak terlalu ramai pengunjung.

Pilih Tempat Penginapan yang Murah

Ketika liburan di tempat yang cukup jauh dan tidak memungkinkan untuk pulang, tentunya mencari tempat penginapan menjadi sebuah kebutuhan. Meskipun untuk itu, Anda harus mengeluarkan sejumlah dana.
Agar menekan pengeluaran tersebut, hal yang bisa dilakukan yakni mencari tempat penginapan dengan harga murah dan nyaman seperti hostel atau hotel melati. Meskipun tampak sepele, faktanya tips hemat dalam berwisata ini cukup efektif.

Bawa Bekal dari Rumah

Hal ini mungkin terdengar aneh, bahkan sebagian besar orang mungkin malu untuk melakukannya. Namun jangan salah, membawa bekal dari rumah merupakan tips hemat dalam berwisata cukup efektif dalam menekan pengeluaran.

Baca juga:  Apa Saja Manfaat Melakukan Wisata?

Tanpa disadari kebutuhan akan makan menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama berlibur. Dalam hal bukan berarti Anda harus membawa sekarung beras, namun cukup seperlunya saja untuk menunda rasa lapar saat diperjalanan.

6 Tips Hemat Berwisata yang Efektif

Beli Oleh-oleh di Pasar

Pergi berlibur pulang tanpa membawa buah tangan sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan rasanya tentu kurang afdol. Meskipun harus membelinya, bukan berarti Anda tidak bisa menekan pengeluaran tersebut. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah itu.

Tips yang bisa Anda lakukan yakni carilah pusat oleh-oleh yang terkenal karena harganya murah. Selain itu, alangkah lebih baik sebagai upaya menekan pengeluaran belilah di pasar. Pasalnya harga jual tersebut masih bisa ditawar dan cenderung lebih miring dibanding toko.

Itulah beberapa tips hemat berwisata yang cukup efektif untuk menekan pengeluaran. Kini Anda sudah tidak perlu bingung liburan dengan budget terbatas.