14 Tempat Wisata di Jogja Yang Menarik Untuk Dikujungi

14 Tempat Wisata di Jogja Yang Menarik Untuk Dikujungi – Yogyakarta atau yang lebih sering disebut dengan Jogja memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas 14 tempat wisata yang ada di Jogja yang menarik untuk dikunjungi mari simak ulasan berikut.

Tempat Wisata di Jogja

Inilah pilihan tempat wsata hits untuk anak dan keluarga di Jogja. Tempat wisata alam terbaru, terkini dan populer yang menarik untuk anda kunjungi saat berlibur ke Jogja bersama orang tersayang.

1. Ice Cream World Jogja

Anak-anak sangat menyukai makanan dengan rasa yang manis, contohnya es krim. Saat berkunjung ke Jogja bersama keluarga, cobalah mengunjungi tempat wisata yang sangat unik ini. Ice Cream World Jogja merupakan salah satu tempat yang memiliki dekorasi yang sangat unik, disini anda akan menemukan benda berupa makanan dengan ukuran yang sangat besar.

Anda bisa menikmati secangkir es krim bersama keluarga, serta berkeliling melihat-lihat barang seperti kursi, namun dekorasi menyerupai es krim dan makanan lainnya. Di sini pengunjung juga diperbolehkan berfoto dengan pose-pose menarik. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang sudah berkeluarga.

Alamat: Jl. Solo KM.11 NO.31, Cupuwatu I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Taman Pintar

Saat kalian sedang berlibur atau jalan-jalan biasanya menghabiskan waktu bermain atau bersenang-senang, lain ceritanya saat berkunjung ke tempat wisata ini. Taman Pintar merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Jogja. Lokasi tempat ini sangat strategis, berada di tengah kota Jogaj dan dekat dengan beberapa objek wisata lainnya.

Jika anda mempunyai rencana study tour bersama siswa sekolah atau liburan bersama keluarga ke Jogja, tempat ini sangat recommended. Bagaimana bisa? Karena tempat ini didesain khusus untuk menarik rasa penasaran anak-anak dengan wahana yang telah disediakan. Hiburan di tempat ini juga tidak monoton agar anak-anak tidak cepat bosan.

Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Lembah Rubuh

Jika mendengar nama tempat wisata ini, mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk datang berkunjung. Bagaimana bisa nama tempat ini sangat unik, yaitu Lembah Rubuh. Namun, siapa sangka dengan nama yang begitu unik ternyata terdapat keindahan alam yang sangat mempesona dan sangat cocok sebagai tempat bersantai.

Fasilitas di tempat ini juga lengkap. Ada sebuah bangunan dengan kandang yang sangat besar di pinggir sungai yang bisa Anda gunakan untuk bersantai bersama keluarga. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat istirahat setelah lelah jalan-jalan keliling Jogja, pemandangan yang indah dan suasana yang tenang bisa membuat kamu merasa nyaman.

Alamat: Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Teddy Bear World Jogja

Anak-anak sangat menyukai boneka, terutama anak perempuan. Namun, ada kemungkinan orang dewasa juga menyukai boneka, terutama boneka beruang. Tapi pernahkah Anda melihat boneka dengan ukuran orang dewasa? Di Teddy Bear World Jogja, pengunjung bisa melihat, memegang, memeluk dan berfoto dengan boneka ini.

Baca juga:  Keindahan Candi Pawon Magelang Yang Memanjakan Mata

Bayangkan saja, boneka beruang yang berukuran kecil memang sangat lucu apalagi seukuran orang dewasa. Jika Anda membawa anak-anak atau saudara perempuan Anda ke sini, mereka pasti akan sangat senang. Karena melihat dan memeluk Teddy Bear yang super besar adalah pengalaman yang langka.

Alamat: Jl. Ringroad Barat No.27 Bedog, Trihanggo, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Keraton Yogyakarta

Salah satu objek wisata yang dimiliki Jogja adalah Keraton Yogyakarta. Tempat wisata ini memiliki banyak sejarah, nilai budaya dan mampu menggambarkan keistimewaan kawasan ini. Bagi Anda yang ingin mengenalkan budaya daerah Jogja kepada anak dan keluarga, tempat ini cocok sekali.

Alamat: Jl. Rotowijayan No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

6. KidsFun Parc Yogyakarta

Berbeda dengan orang dewasa yang lebih memilih destinasi liburan daripada tempat dengan pemandangan yang indah, anak-anak cenderung lebih memilih liburan daripada taman bermain. Di Jogja juga terdapat arena bermain yang sangat recommended untuk anda yang ingin membahagiakan keluarga dan buah hati anda.

KidsFun Parc Yogyakarta merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk anak-anak. Tempat ini memiliki wahana permainan yang dikhususkan untuk anak-anak, jadi sangat aman. Para orang tua tidak perlu khawatir karena penjaga dan petugas disini sangat ahli dalam mengawasi dan memberikan arahan kepada anak-anak saat bermain.

Alamat: Jl. Wonosari No.KM 10, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat wisata keluarga di Jogja selanjutnya adalah Kebun Binatang Gembila Loka. Tempat ini memang menjadi tempat liburan favorit keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama anak-anaknya. Selain bersenang-senang liburan ke kebun binatang juga sangat mengasyikkan khususnya bagi anak-anak.

Di tempat ini pengunjung bisa melihat binatang, memberi makan, bahkan menggendongnya. Selain menyenangkan, juga bisa menambah wawasan bagi buah hati Anda. Menghabiskan waktu bersama buah hati Anda sangatlah penting untuk pertumbuhannya, membawa anak Anda ke sini akan memberikan kesenangan yang tak ternilai harganya.

Alamat: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

8. The Lost World Castle

Tempat wisata unik selanjutnya adalah The Lost World Castle. Salah satu tempat wisata dengan desain bangunan seperti istana kerajaan dalam film yang sering ditonton. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi keluarga yang sedang mencari destinasi wisata untuk menghabiskan waktu terbaik bersama keluarga.

Tempat ini memiliki pesona yang sangat khas. Dengan suasana kastil Eropa dengan bangunan-bangunan yang cantik bisa memberikan kesan tersendiri. Selain itu ada juga beberapa permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga. Biaya masuk ke sini juga tidak terlalu mahal.

Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Museum Dirgantara

Wisata edukasi selanjutnya yang bisa dikunjungi saat liburan ke Jogja adalah Museum Dirgantara. Salah satu museum di Jogja yang biasa dikunjungi pelajar dari berbagai sekolah. Tempat ini memiliki daya tarik yang berbeda dengan museum lain di Jogja, karena barang-barang yang dipamerkan sangat unik.

Di Museum Dirgantara, sebagian besar benda bersejarah yang dipamerkan adalah senjata TNI, seragam TNI, dan beberapa benda yang berkaitan dengan pertahanan negara. Membawa anak-anak berkunjung kesini akan memberikan pemahaman bagaimana bela negara sehingga dapat menciptakan rasa cinta tanah air.

Baca juga:  Coban Talun Malang : Wisata Air Terjun Favorit di Batu

Alamat: Jl. Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Candi Prambanan

Wisata sejarah memang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga sebagai media pembelajaran. Biasanya anak-anak hanya bisa melihat dan mempelajari sejarah Candi Prambanan melalui buku dan video, namun jika ke Jogja bisa mengajak keluarga berlibur ke tempat ini.

Melihat langsung bagaimana Candi Prambanan dan keindahan bangunannya bisa memberikan pengalaman yang sangat menarik. Khusus bagi anak-anak, pengalaman pernah ke Candi Prambanan akan selalu dikenang hingga mereka beranjak dewasa. Sehingga sangat penting bagi orang tua untuk memberikan kebahagiaan kepada anak seperti ini.

Alamat: Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

11. Perpustakaan Grhatama Pustaka

Sangat penting bagi orang tua untuk mengajari anak membaca. Karena membaca sangat penting untuk ilmunya. Selain berlibur ke tempat wisata untuk bersenang-senang, membawa buah hati Anda berlibur ke tempat-tempat edukatif juga sangat penting. Di Jogja ada tempat yang biasa dijadikan tujuan study tour oleh beberapa sekolah.

Tempat itu dinamakan perpustakaan Grhatama Pustaka. Perpustakaan ini memiliki konsep yang sangat berbeda dan mampu membuat anak tidak merasa bosan. Tempat ini sudah menyediakan bioskop 6D di lantai dasar, sehingga pengunjung memiliki hiburan lain untuk istirahat.

Alamat: Jl. Raya Janti, Wonocatur, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

12. Monumen Jogja Kembali

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh anak-anak atau pelajar yang sedang mempelajari sejarah Indonesia adalah Monumen Jogja Kembali.

Tempat wisata ini berupa museum yang memiliki koleksi sangat menarik dalam mempelajari sejarah bangsa Indonesia. Koleksi di tempat ini berupa benda-benda visual, audiovisual dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Grand Puri Waterpark

Membawa anak dan keluarga berlibur ke taman air memang sangat menyenangkan. Anak-anak akan merasa sangat senang jika diajak berlibur ke arena bermain, kolam renang dan berbagai wahana bermain lainnya. Saat berkunjung ke Jogja sempatkanlah untuk mengunjungi Grand Puri Waterpark, tempat ini memiliki banyak sekali wahana yang menyenangkan.

Keluarga dan anak Anda akan merasakan keseruan bermain air di beberapa wahana yang telah disediakan. Jangan khawatir, tempat ini sudah memiliki petugas untuk menjaga anak-anak dan pengunjung lain yang sedang bermain. Sehingga tempat ini sangat aman sebagai tempat wisata keluarga.

Alamat: Jl. Parangtritis KM. 9,5, Gabusan, Balong, Timbulharjo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

14. Taman Pelangi

Menikmati malam Jogja yang istimewa bersama keluarga menjadi aktivitas yang wajib dicoba. Tidak hanya pada siang hari, Jogja juga memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi pada malam hari. Salah satunya Taman Pelangi, tempat wisata yang memiliki keindahan saat malam tiba.

Disini terdapat lampion warna-warni yang indah, dan banyak pepohonan yang dihias dengan lampu sehingga suasana malam di tempat ini begitu asri. Tempat ini juga menyediakan berbagai macam wahana yang bisa menjadi hiburan untuk anak dan keluarga, suasana asri dan wahana seru yang akan memberikan kesan menyenangkan.

Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Itulah sedikit ulasan tentang 14 Tempat Wisata di Jogja Yang Menarik Untuk Dikujungi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.