Tebing Keraton Bandung : Keindahan Alam dan Panorama Sunset

Tebing Keraton Bandung : Keindahan Alam dan Panorama Sunset – Kota Bandung dan yanga da sekitarnya memang merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat ibukota yang digunakan untuk menghabiskan waktu pada saat liburan. Hal ini pasti terjadi sebab banyak sekali atraksi dan juga spot wisata menarik yang ada di Kota Bandung, sehingga dapat menarik minat banyak wisatawan untuk datang mengunjungi tempat wisata yang ada di Bandung. Tak hanya itu saja, suasana alam dan juga udara yang ada di Kota Bandung bisa dibilang masih cukup asri dan sejuk, sehingga bisa menjadi tujuan masyarakat yang mana hanya untuk sekadar bersantai dan melepas penat.

Tebing Keraton Bandung

Pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya akan mengulas tentang salah satu destianis wisata hits untuj Anda yang tertarik ingin mengunjungi wisata alam yang ada di sekitar Kota Bandung. Termpat ini merupakan tempat wisata alam terbaik yang sangat rekomendasi untuk anda tampat itu bernama Tebing Keraton. Seperti apakah seluk beluk dari tempat wisata tersebut? Mari kita simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

Tebing Keraton Bandung

Lokasi Tebing Keraton

Apabila Anda disini ingin menyambangi destinasi wisata Tebing Keraton ini Lokasinya yaitu berada di : Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk Anda disini yang bingung dengan lokasi dari tempat wisata ini karena anda masih belum terlalu paham dengan Bandung maka saya sarankan untuk menggunakan GPS yang mana untuk mempermudah dalam mencari rute menuju tempat wisata tersebut.

Tebing Keraton Bandung

Harga Tiket Masuk

Agar Anda bisa masuk ke kawasan wisata yang sedang ngetren ini, disini Anda bisa membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini juga sangat terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp 12.000 bagi wisataman lokal. Sedangkan harga Rp 76.000 merupakan untuk pengunjung mancanegara. Seluruh dana yang merupakan hasil kumpul penjualan tiket masuk ini nentinya akan dipakai untuk pengelolaan kawasan Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda.

Apabila disini Anda tertarik untuk menikmati keindahan yang terdapat pada tebing keraton Bandung ini. Anda disini dapat berkunjung kapan saja sebab tempat wisata ini buka setiap hari. Akan teti bagi anda disini  yang merupakan penikmat senja, alangkah baiknya Anda datang pada sore hari.

Daya Tarik Tebing Keraton

Destinasi wisata alam yang satu ini memang bisa dibilang cukup populer di kalangan masyarakat, sebab tempat ini memiliki pemandangan yang sangat spektakuler. Dari lokasi tebing ini, disini anda bisa menikmati keindahan suasana hutan pinus yang sedang diselimuti oleh kabut, dan juga jajaran pegunungan yang rimbun. Keindahan alam yang terdapat pada tempat ini akan semakin sempurna appabila disini Anda mengunjungi lokasi ini di waktu yang tepat, yaitu pada saat matahari terbit ataupun terbenam.

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, bahwa ada banyak sekali daya tarik utama yang terdapat pada Tebing Keraton. Pemandangan alam pegunungayang terdapat di kawasan tempat wisata ini juga sangatlah asri. Tak hanya itu, untuk jalur trekking yang nantinya akan dilalui juga cukup mudah, sehingga tempat ini sangat cocok anda kunjungi dengan bersama teman atau anggota keluarga. Berikut ini merupakan beberapa daya tarik utama yang terdapat pada tempat wisata tebing keraton:

1. Keindahan Pohon Pinus

Tebing Keraton Bandung

Pada saat Anda berkunjung keebing keraton, nantinya Anda akan diperlihatkan banyak pohon pinus nan hijau dari pintu masuk. Sehingga tempat tersebut sangat pas untuk anda jadikan sebagai spot berfoto. Anda juga disini dapat menikmati keindahan sekitar yang mana dengan menaiki lintasan hingga ke gardu pandang. Panorama alam Bandung serta hutan pinus Anda ini dapat Anda nikmati dari ketinggian.

2. Panorama Sunset dan Sunrise

Tebing Keraton Bandung

Salah satu daya tarik dari tebing yang indah ini yaitu panorama matahari sunrise dan sunset yang manan sangat memanjakan mata. Dari atas tebing, disini anda bisa menyaksikan munculnya matahari secara perlahan-lahan yang berasal dari balik gunung yang sangat indah ini. Tak hanya itu, pada sore hari Anda juga bisa menyaksikan proses terbenamnya matahari dari balik hamparan hutan yang sangat luas dari tempat ini.

Tebing Keraton Bandung

Agar bisa menyaksikan fenomena sunrise tersebut di tempat wisata yang satu ini, saya sarankan Anda untuk sudah ada ditempat dari pukul 05.00 di pagi hari, supaya Anda bisa melihat keseluruhan proses dari terbitnya matahari secara langsung. Sedangkan waktu yang tepat untuk melihat sunset saya sarankan anda disini datang berkunjung sekitar pukul 16.30. Saya sarankan juga agar Anda tiba lebih awal guna mengantisipasi kemacetan dan juga untuk berjalan dari area parkir ke lokasi tebing.

3. Migrasi Burung

Daya tarik yang ketiga dengan keindahan alam yang ditawarkan di tempat wisata memang tiada duanya. Namun, apakah anda tahu bahwa tebing keraton ini adalah tempat migrasi dari berbagai macam jenis burung di dunia? Sekarang pemerintah sudah menetapkan bahwa tempat ini merupakan sebagai salah satu kawasan wisata alam yang harus senantiasa untuk dijaga kelestariannya. Sebab terdapat sebuah fenomena yang cukup menakjubkan yaitu migrasi burung dunia.

Berbagai macam jenis burung yang sedang melakukan migrasi di area hutan ini yaitu terdiri atas burung elang jenis Oriental Honey-Buzzard yang merupakan asalnya dari Siberia. Burung jenis ini terbang dengan mengikuti arah angin pada saat migrasi burung jenis ini mencari tempat yang lebih hangat. Jenis burung lain yang melakukan migrasi di area hutan alam ini yaitu jenis burung Alap Alap China dari Tiongkok, dan juga burung Alap Alap Nippon yang berasal dari Jepang. Disini Anda bisa mengamati keunikan migrasi burung yang satu ini dengan melalui fasilitas selasar yang sudah disediakan.

Tebing Keraton Bandung

4. Kafe Alam

Jika Anda disini sedang mengunjungi tebing keraton ini, maka tak lengkap rasanya jika anda disini tidak mengunjungi  kafe yang letaknya di satu kawasan, yaitu D’Cafe. Pada kafe ini, disini anda bisa menikmati indahnya suasana pegunungan ditemani edngan menyantap hidangan yang lezat. Dengan adnya tempat ini dilokasi yang menenangkan ini ANda bisa bersantai di tempat ini pada saat akhir pekan. Untuk harga makanan yang ditawarkan di tempat ini juga bisa dibilang cukup terjangkau.

Agar bisa mengunjungi D’café, jalur untuk menuju tenpat ini juga tidak terlalu sulit. Disini Anda dapat menaiki kendaraan dari Taman Hutan Raya Ir H Djuanda. Sebelum anda masuk gerbang kedua anda belok kanan dan ikuti jalur. Lokasi D’café bisa langsung ditemukan dengan adanya gerbang kayu serta rumah dengan jeni joglo di kiri jalan, sekitar tiga ratus meter dari Warung Bandrek.

Demiakian lah yang bisa saya ulas mengenai Tebing Keraton Bandung : Keindahan Alam dan Panorama Sunset. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk anda bisa menjadi referensi leburan anda selanjutnya. Terima Kasih.