Keindahan Tebing Breksi, Destinasi Wisata Hits Bekas Tambang

Keindahan Tebing Breksi, Destinasi Wisata Hits Bekas Tambang – Yogyakarta memang kaya akan destinasi wisatanya mulai dari wisata sejarah, wisata alam, dan masih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta, yaitu Tebing Breksi mari simak ulasan berikut.

Keindahan Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah sebuah bekas tambang yang disulap menjadi tempat wisata hits di daerah Sleman, Jogja. Memiliki banyak spot foto keren dan fasilitas wisata yang memadai, cocok untuk liburan akhir pekan.

Lokasi Tebing Breksi

Destinasi wisata ini berada di kawasan Sleman tepatnya di Desa Sambirejo. Sleman sendiri merupakan salah satu daerah yang memiliki daya tarik wisata unik di yogyakarta. Sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang memilih tempat ini sebagai tujuan wisata.

Untuk menuju lokasi wisata, jika anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, maka anda dapat mengambil rute yang sama jika akan menuju ke Candi Prambanan. Namun bila anda menemui pertigaan di pasar Prambanan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan belok kanan menuju Piyungan. Dari arah pasar Prambanan hingga tiba di lokasi wisata akan membutuhkan waktu 3 kilometer.

Harga Tiket Masuk

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman liburan di tempat ini, diharuskan membayar tiket masuk senilai Rp 5.000. Namun tarif tersebut hanya berlaku untuk wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan dari luar negeri diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Namun tiket ini belum termasuk biaya parkir, sehingga pengunjung diharuskan membayar biaya parkir tersendiri. Untuk kendaraan roda dua tarif parkirnya Rp 3.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dipatok Rp 5.000.

Baca juga:  Keindahan Punthuk Setumbu, Wisata Alam di Magelang

Selain biaya tersebut, jika Anda ingin berfoto dengan burung hantu, maka Anda juga perlu membayar biaya tersendiri. Namun, tidak ada standar berapa yang harus Anda bayarkan, sehingga Anda dapat memberikan apa pun yang Anda inginkan.

Daya Tarik Tebing Breksi

Keindahan Tebing Breksi, Destinasi Wisata Hits Bekas Tambang

Daya tarik apa saja yang ada di tebing breksi? Mari simak penjelasan berikut.

1. Panorama Yang Indah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat ini dulunya merupakan kawasan pertambangan. Sehingga saat anda berada di atas tebing, anda akan melihat panorama yang sangat indah. Tebing ini memiliki bentuk yang menjulang tinggi dan memiliki pahatan yang kaya akan nilai seni. Inilah yang menjadi daya tarik tempat wisata ini.

Di beberapa bagian tempat ini dibentuk patung dengan desain yang cukup eksotis. Ukiran akan terlihat di sepanjang anak tangga yang menuju ke puncak tebing. Motif ukirannya menggunakan ukiran berupa wayang dan ular naga. Jika diamati, tempat ini hampir mirip dengan Brown Canyon yang ada di Semarang.

Jika menaiki anak tangga, Anda akan melihat panorama kawasan Yogyakarta dari atas. Banyak turis berfoto di sini. Dari tempat ini Anda juga akan melihat Candi Prambanan, Candi Merapi, Candi Sojiwan, dan Candi Barong. Pemandangan ini akan semakin memukau saat cuaca cerah.

Padahal, jika mengamati pemandangan lebih dekat, Anda akan melihat landasan pacu di Bandara Adi Sucipto. Tak hanya itu, dari sini Anda juga akan melihat pesawat yang sedang dalam proses landing dan take off.

2. Spot Foto Yang Menarik

Kini banyak destinasi wisata yang menawarkan spot foto menarik, termasuk Tebing Breksi. Disini terdapat berbagai spot foto yang cukup populer di atas tebing. Perlu Anda ketahui, sebelum menjadi tempat yang menarik, tempat ini hanyalah sebuah batu dari alam yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat gersang.

Baca juga:  Taman Nasional Sebangau : Wisata Air yang Unik Nuansa Gambut

Beberapa spot foto yang menarik perhatian pengunjung antara lain pahatan batu, panorama kota, sunset, dan burung hantu. Dengan berbagai foto bidadari yang memukau, tak heran jika tempat ini sering dijadikan sebagai tempat photoshoot prewedding.

3. Terdapat Tlatar Seneng

Seneng Tlatar merupakan bangunan yang berbentuk panggung dengan desain terbuka. Gedung ini biasa digunakan untuk mengadakan berbagai jenis acara dan pertunjukan. Gedung ini disebut juga amphitheater.

Di sekitar panggung juga dibangun kursi-kursi yang diposisikan di sekitar panggung. Sehingga saat ada pertunjukan, wisatawan bisa lebih leluasa menikmatinya, karena bisa dilihat dari berbagai penjuru.

Namun, jika Anda akan menonton, Anda harus didahulukan sebelum pertunjukan dimulai. Tujuannya agar Anda tetap memiliki tempat duduk yang nyaman sambil menikmati pertunjukan. Karena pengunjung di tempat ini cukup ramai, sehingga tidak menutup kemungkinan yang akan menyaksikan pertunjukan tersebut juga akan ramai.

Keindahan Tebing Breksi, Destinasi Wisata Hits Bekas Tambang

4. Keindahan Sunset

Ternyata momen sunset yang menakjubkan tidak hanya bisa disaksikan dari pinggir pantai, tapi juga dari tempat yang tinggi seperti Tebing Breksi. Oleh karena itu, jika ingin melihat betapa indahnya matahari terbenam di tempat ini, Anda bisa menginap di sini hingga senja tiba.

Momen saat matahari terbenam menjadi favorit banyak orang, karena panoramanya memang sangat indah dan bisa membuat siapa saja terkesima dengan semburat warna yang tercipta. Tak jarang wisatawan mengabadikan peluang ini dalam jepretan kamera. Foto yang dihasilkan bisa membentuk siluet yang begitu eksotis.

Demikianlah ulasan tentang Keindahan Tebing Breksi, Destinasi Wisata Hits Bekas Tambang dari Menatapnegeri.com, Semoga bermanfaat dan bisa menajadi referensi liburdan anda selanjutnya, Terimakasih.