Taman Pintar Yogyakarta : Wisata Edukasi Favorit Keluarga

Taman Pintar Yogyakarta : Wisata Edukasi Favorit Keluarga – Yogyakarta memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata Edukasinya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta, yaitu Taman Pintar simak ulasan berikut.

Taman Pintar

Taman Pintar adalah salah satu taman rekreasi populer di Yogyakarta untuk kegiatan bermain dan belajar. Wisata edukasi ini menawarkan berbagai wahana menarik, seperti wahana bahari, science theater, desa kerajinan hingga taman bermain.

Lokasi Taman Pintar

Lantas, di manakah letak Taman Pintar ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Taman Pintar memiliki harga yang relatif terjangkau, Anda bisa datang sendiri atau datang langsung sebagai model rombongan. Anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah untuk anak-anak, sedangkan untuk dewasa sekitar 18 ribu rupiah.

Harganya hanya harga tiket masuk, jika ingin menikmati berbagai wahana lain di taman ini harus membayar tiket tambahan. Meski menggunakan sistem seperti itu, harga tiket tambahannya juga tidak begitu mahal.

Ada beberapa pilihan wahana yang bisa Anda ikuti, antara lain program kreativitas mulai dari kreasi batik, gerabah hingga lukis kaos. Untuk mengikuti program ini, Anda dapat membayar sekitar 10 ribu hingga 35 ribu rupiah untuk satu orang.

Baca juga:  Taman Wisata Kopeng, Taman Kekinian di Semarang

Wahana Taman Pintar

Berikut adalah beberapa Wahana yang ada di Taman Pintar.

1. Wahana Kampung Kerajinan

Taman Pintar Yogyakarta : Wisata Edukasi Favorit Keluarga

Anda bisa melihat berbagai kerajinan tangan khas daerah pedesaan dan kota Yogyakarta. Berbagai kerajinan tersebut saat ini sudah jarang ditemukan, antara lain gepeng, batik tulis, aneka model canting, kaos lukis, dan gerabah lukis.

Di bagian ini, tidak hanya anak-anak saja yang bisa belajar, namun orang tua juga bisa berperan aktif dalam mengajari anak berbagai kerajinan yang tersedia di sana. Sehingga pembelajaran dan pendidikan antara orang tua dan anak dapat berjalan dengan optimal.

2. Playgoriund Area

Di Taman Pintar Yogyakarta, tidak hanya area belajar yang ramai dengan anak-anak, area bermain juga menjadi tempat wajib untuk dikunjungi. Di bagian ini, anak-anak dapat bermain dan melakukan aktivitas fisik, termasuk bermain jungkat-jungkit hingga memasuki terowongan pohon.

Di kawasan itu juga terdapat pembangkit listrik sederhana yang bisa dilihat anak-anak, lengkap dengan penjelasannya, sehingga anak-anak bisa ikut belajar. Ada juga gong perdamaian di area taman bermain yang besar dan bisa dimainkan oleh anak-anak. Ada juga sepeda spektrum warna untuk anak-anak yang ingin belajar warna visual.

3. Wahana Bahari

Anda bisa menemukan sungai buatan di kawasan Smart Park yang memang khusus dibuat untuk kegiatan air dan laut. Meski sungai buatan ini tidak besar, namun tetap bisa digunakan untuk kegiatan anak-anak dan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Baca juga:  The Heritage Palace, Wisata Ala Romawi Kuno Di Sukoharjo

Sungai buatan ini dibuat di sekitar area taman ini, jadi jika Anda ingin menjelajahi kawasan wisata dengan cara yang berbeda, Anda bisa menyewa perahu. Nantinya Anda bisa berkeliling ke berbagai area permainan yang ada dan menikmati pemandangan menarik yang disajikan di taman edukasi ini.

Taman Pintar Yogyakarta : Wisata Edukasi Favorit Keluarga

4. Teater Sains

Area teater memang mampu menampung wisatawan dalam jumlah terbatas, untuk satu kali pemutaran teater bisa masuk bersama 50 hingga 60 orang. Anda yang masuk bisa menikmati berbagai film sains yang ditayangkan di sana.

Seperti banyak kawasan lain di Taman Pintar, untuk memasuki kawasan ini Anda tidak perlu membayar karena sudah termasuk dalam tiket masuk. Di dalam teater, terkadang ada praktikum dan demonstrasi sains yang dapat diikuti oleh wisatawan.

5. Perpustakaan

Fasilitas lain yang tersedia dan cukup menarik adalah perpustakaan, dimana pengunjung dapat menemukan berbagai macam buku yang tertata rapi oleh pengelola. Untuk menemukan buku, Anda dapat menelusuri setiap rak atau menggunakan komputer yang disediakan untuk tujuan ini.

Di komputer Anda juga dapat melihat berbagai video dan film yang tersedia, jadi bagi Anda yang memiliki model pembelajaran audio visual, duduk dan menikmati video adalah pilihan yang disarankan. Di perpustakaan juga sering diadakan pertunjukan wayang yang bisa dilihat pengunjung.

Itulah sedikit ulasan Taman Pintar Yogyakarta : Wisata Edukasi Favorit Keluarga dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.