Wisata Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur

Wisata Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur – Way Kambas atau Taman Nasional Way Kambas telah lama menjadi pusat pelatihan gajah Sumatera. Way Kambas berletak di provinsi Lampung lebih tepatnya di kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur. Way Kambas terbentuk dari letusan Gunung Krakatau pada masa lampau seluas 1.300 kilometer persegi. Taman nasional ini juga merupakan pusat pelatihan gajah pertama yang didirikan di Indonesia pada tahun 1985. Ditetapkan sebagai kawasan taman warisan ASEAN keempat di Indonesia atau taman ke-36 di Asia Tenggara yang dirancang untuk melindungi keanekaragaman hayati di kawasan tersebut. Kerja keras. Dan nilai ekologisnya yang tinggi.

Taman Nasional Way Kambas

Selain tempat melatih sekitar 300 ekor gajah, di Way Kambas juga memiliki IRF (International Rhino Foundation) yang bertujuan untuk melindungi spesies badak dari ancaman. Di Taman Nasional Way Kambas, inilah satu-satunya tempat di dunia di mana badak Sumatera dapat berkembang biak secara alami.

Taman Nasional Way Kambas

Jika anda berkunjung ke Kambas, anda akan melihat satwa yang hampir punah antara lain badak sumatera, gajah sumatera, buaya, harimau sumatera, mantom limba, dan untuk tumbuhan tersebut kita akan menemukan banyak api, pidada , Pandanus dan Nipa. Ada juga beberapa jenis burung antara lain pepperendang timur, tongtong, burung pegar biru, kuau king dan jenis burung lainnya.

Tiket untuk masuk Taman Nasional Way Kambas

Untuk bisa masuk ke kawasan Taman Nasional Way Kambas, Anda perlu membeli tiket di pintu masuk. Rinciannya termasuk 7.500 tiket dan 2.000 uang asuransi per orang.

Jika Anda membawa kendaraan roda empat, Anda perlu membayar pajak sebesar 10.000 per kendaraan (ini berbeda dengan biaya parkir). Sebagai bantuan biaya perawatan jalan.

Baca juga:  Masjid As Safinatun Najah, Masjid yang Berbentuk Kapal Nabi Nuh

Karena Anda membeli tiket atau rambu jalan hijau menuju penangkaran gajah dari sana, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 9 kilometer. Jalan sudah diaspal dan sampai di kawasan wisata.

Perjalanan akan melewati hutan dengan semak belukar di pinggir jalan. Jika beruntung, Anda akan disambut oleh nenek moyang Charles Darwin yang keluar dari balik hutan.

Letak dan Jalan yang di akses menuju Pusat Latihan Gajah

Taman Nasional Way Kambas

Lokasi tepatnya Taman Way Kambas berada di Kecamatan Labuan Latu, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Ada 2 rute menuju kawasan wisata. Yang pertama adalah pintu masuk Pasar Labuan Latu. Yang kedua lewat desa Pancasila ada papan penunjuk arahnya bisa masuk ke Pondok Pasantren Gontor 9.

Sangat mudah untuk mencapai tempat ini dengan mobil pribadi. Fasilitas penunjuk arah bisa digunakan untuk tujuan.

Berangkat dari Bakauheni atau Bandar Lampung, bus Damri selalu siap mengangkut wisatawan yang membutuhkan jasa transportasi. Di depan pintu Anda tiba, saudara ojek dasar akan mengirimi Anda salam hangat.

Wahana dan Fasilitas yang terdapat di Area Wisata Way Kambas

Akan menyenangkan bermain di sini sepanjang hari. Karena tempat ini keren banget, fasilitasnya cukup banyak dan wahana yang banyak.

Pengunjung anak-anak akan dengan mudah berinteraksi dengan gajah. Suka membelai, berfoto bersama. Ongkos naik gajah disini adalah 20.000. Seekor gajah dapat ditemani oleh 2-3 wisatawan dengan mahout atau pengelola secara melingkar di tempat tunggang gajah.

Wisata Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur

Selain itu juga menyediakan arena bermain bagi anak-anak yang tidak berani mendekati gajah. Karena itu, sebaiknya amati dari kejauhan saat bermain game.

Menjelang sore, atraksi gajah akan digelar di arena atraksi gajah. Untuk menyaksikan gajah yang bersekolah di sini, diperlukan biaya masuk sebesar 20.000.

Adapun atraksi layanan tersebut antara lain duduk gajah, bermain bola, bermain holahoop, menari dan menari, mengibarkan bendera, menghitung, bermain harmonika, menyapa, dll.

Baca juga:  Keindahan Goa kreo yang Dibaluti Dengan Misteri

Ada juga kolam renang khusus gajah untuk mandi dan minum. Suatu saat, gajah tersebut akan diminum oleh pengurusnya dan melompat ke dalam kolam layaknya penangkaran.

Fasilitas masjid dan toilet ada di sini, jadi jika ingin menghabiskan waktu seharian di Way Kambas, sudah aman. Jajanan sering ditemukan di dekat tempat wisata.

Tempat parkirnya juga sangat luas. Sehingga akan mampu menampung kendaraan pengunjung pada saat hari raya sibuk.

Saat berkunjung ke sini, jangan lupa membawa bantal dan duduk di bawah pohon di sana. Ketika butuh waktu untuk melihat-lihat, waktu akan berlalu dengan cepat.

Sebagai warga negara Indonesia yang sedang piknik, akan banyak yang “jangan lupa oleh-oleh”. Jika ingin berbagi kekayaan, silakan beli oleh-oleh.

Jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya jika berkunjung ke sini. Karena banyaknya masyarakat yang menjual berbagai oleh-oleh yang dilindungi bertema hewan, mereka pun siap menegosiasikan harga barangnya.

Ada juga banyak fasilitas akomodasi di dekat kawasan Way Kambas, yang biayanya sekitar 200.000 yuan per malam. Atau, jika ingin berkemah, Anda juga bisa menyediakan tempat.

Dengan bermalam di dekat cagar alam, Anda akan bisa menyaksikan gajah mandi. Sekitar pukul 6 pagi, gajah-gajah di sini akan mandi di kolam renang kemudian dilepas ke hutan hingga sore hari. Dengan demikian, jam buka Taman Nasional Way Kambas adalah dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Demikian lah ulasan tentang wisata Taman Nasional Way Kambas. Ingatlah tiga hal saat kita berwisata jangan ambil sesuatu kecuali gambar, jangan meninggal sesuatu keuali jejak, jangan memburu apapun kecuali waktu. Tiga pesan tersebut haruslah dipahami baik dari teori maupun perilaku. Marilah kita jaga alam bersama-sama, agar alam pun menjaga kita selayaknya manusia.