Taman Nasional Sebangau : Wisata Air yang Unik Nuansa Gambut

Taman Nasional Sebangau : Wisata Air yang Unik Nuansa Gambut – Palangkaraya memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Palangkaraya, yaitu Taman Nasional Sebangau simak ulasan berikut.

Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau merupakan Taman Nasional yang dikenal sebagai rumah bagi beragam flora dan fauna. Tak hanya itu Taman Naisonal ini juga terkenal dengan ekowisata Sebangau, wisata air yang unik nuansa gambut.

Lokasi Taman Nasional Sebangau

Lantas, di manakah letak Taman Nasional Sebangau ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Jl. Mahir Mahar KM.1.2, Paduran Sabangau, Kec. Sebangau Kuala, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk yang harus dibayar untuk mengunjungi Taman Nasional Sebangau ini yaitu Rp 5.000,-. Sedangkan bagi wisatawan asing, akan dikenakan tiket masuk taman nasional yaitu sebesar Rp 150.000,-. Tak hanya itu anda juga akan dikenakan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 3.000,- dan sedangkan Rp 5.000,- untuk mobil.

Baca juga:  Keindahan Danau Singkarak Yang Menarik Para Wisatawan

Daya Tarik Taman Nasional Sebangau

Daya tarik yang paling utama dari Taman Nasional Sebangau yaitu kondisi hutannya masih sangat alami. Hal ini dapat  kita lihat dari kondisi taman nasional yang mempunyai beraneka ragam kekayaan flora dan fauna di dalamnya. Terdapat kurang lebih 106 jenis tumbuhan, serta jenis burungnya kurang lebih 116, ditambah dengan 35 jenis mamalia, dan masih banyak lagi.

Taman Nasional Sebangau : Wisata Air yang Unik Nuansa Gambut

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Sebangau ini, terlebih lagi jika untuk yang memasuki kawasan hutan wajib untuk menjaga kebersihan. wisatwan yang berkunjung ketempat ini tidak boleh melakukan kegiatan yang mana bisa merusak dan mengganggu kehidupan alami yang terdapat pada kawasan Taman Nasional Sebangau.

Tak hanya dalam kondisi alamnya yang masih sangat asri, banyak dari wisatawan yang berkunjung  tertarik dengan Taman Nasional Sebangau sebab kawasan ini adalah sebagai tempat habitat asli orang utan. Jenis satwa langka ini jumlahnya bisa dibilang masih cukup banyak di taman nasional ini. Berkisar antara 6.000 orang utan yang tercatat menempati kawasan Taman Nasional ini.

Taman Nasional Sebangau : Wisata Air yang Unik Nuansa Gambut

Taman nasional menarik untuk dikunjungi sebab aksesnya yang mudah agar dapat mencapai lokasinya. Biasanya untuk para pengunjung yang datang dari luar Kalimantan, bisa memakai transportasi udara dengan tujuan Bandara Tjilik Riwut. Selanjutnya Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Desa Kereng Bangkirai di Palangkaraya.

Baca juga:  Waduk Jatibarang, Wisata Bendungan Terindah di Semarang

Para pengunjung juga dapat untuk menikmati waktu sejenak di Kereng Bangkirai. Disini juga terdapat berbagai wahana permainan air yang telah disediakan di desa wisata ini. Beberapa jenis permainan air yang terdapat di desa ini antara yaitu perahu angsa, sepeda air, serta banana boat. Di desa ini juga tersedia restoran serta gazebo apung untuk wisatawan yang sedang ingin bersantai.

Daya tarik lainnya dari taman ini yaitu klotok yang mana perahu kecil khas dari masyarakat Desa Kereng Bangkirai. Klotok sendir merupakan salah satu transportasi yang dipakai untuk menyusuri lebih dalam lagi dari kawasan Taman Nasional Sebangau. Para pengunjung juga dapat menyewa klotok untuk 3 hingga 4 penumpang dengan biaya sewa mencapai Rp 450.000,-.

Taman Nasional Sebangau : Wisata Air yang Unik Nuansa Gambut

Para oengunjung juga bisa menyusuri sungai di kawasan taman nasional ini, termasuk juga Sungai Koran yang sangat terkenal. Sungai ini mempunyai warna hitam pekat yang mana hal ini menjadi tanda bahwa kawasan taman nasional ini merupakan rawa-rawa alami. Ketika menyusuri sungai, para pengunjung dapat mampir ke beberapa dermaga apabila ingin memasuki hutan.

Itulah sedikit ulasan Taman Nasional Sebangau : Wisata Air yang Unik Nuansa Gambut dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.