Taman Nasional Baluran : Keindahan Pesona Alam di Situbondo

Taman Nasional Baluran : Keindahan Pesona Alam di Situbondo – Jawa Timur memang kaya dengan wisatanya terlebih lagi dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Timur, yaitu Taman Nasional Baluran simak ulasan berikut.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi yang menarik untuk dijelajahi di Situbondo, Jawa Timur. Taman nasional ini terdiri dari vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan pantai, hutan pegunungan dan hutan hijau yang asri, serta terdapat peninggalan sejarah Goa Jepang.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Lantas, di manakah letak Pantai Boom ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuknya pun begitu bervarasi, untuk wisawatan domestik akan dipatok dengan harga Rp. 16.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara akan dipatok dengan harga sebear Rp. 165.000 untuk hari biasa sedangkan pada saat weekend akan di patok sebesar 240.000.

Harga sewa parkirnya pun bervariasi juga, untuk kendaraan roda dua akan dikenakan tarif sebesar Rp. 5000. Untuk kendaraan roda mpat akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000. sedangkan untuk bus akan dikenakan tarif sebesar 50.000.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Taman Nasional Baluran.

Baca juga:  Keindahan Umbul Sidomukti yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Savana Bekol

Taman Nasional Baluran : Keindahan Pesona Alam di Situbondo

Padang rumput kering dengan luas kurang lebih sepuluh ribu hektar dan menjadi surganya hewan-hewan seperti banteng, kijang, kijang bahkan macan tutul. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat burung merak yang mengepakkan ekornya. Bahkan, sabana ini saat hujan akan berubah menjadi hamparan padang rumput yang luas dan subur.

Di lokasi ini pengunjung dapat melihat Gunung Baluran dan terdapat spot foto berupa kumpulan kepala banteng yang diletakkan di atas kayu, sehingga pengunjung dapat merasakan suasana yang berbeda seperti berada di luar negeri.

2. Pantai Bama dan Pantai Kajang

Taman Nasional Baluran : Keindahan Pesona Alam di Situbondo

Daya tarik lain yang terdapat di Taman Nasional ini adalah kawasan pantainya. Selain memiliki berbagai jenis hutan, ternyata hal unik lainnya datang dari Pantai Bama. Pasir putih, air jernih dan berdekatan dengan hutan mangrove yang cukup luas bisa menjadi alternatif lain bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai di tengah sabana.

Namun pengunjung harus waspada karena di Pantai Bama banyak terdapat kera yang berkeliaran dan mengincar barang-barang milik pengunjung. Selain itu, ada pantai lain yang tidak jauh dari Pantai Bama, yaitu Pantai Kajang. Lokasinya cukup terpencil dan berada di garis pantai yang lebih jauh, namun suasana yang ditawarkan tidak kalah keren dari pantai Bama.

3. Hutan Evergreen

Hutan ini terletak di pintu masuk Taman Nasional Baluran, hutan cemara adalah awal dari petualangan di kawasan taman nasional karena ketika memasuki kawasan hutan, pengunjung akan disambut dengan berbagai jenis hewan liar yang masih bebas berlalu lalang seperti merak, tapir, kijang, kera dan lain-lain. dll.

Baca juga:  Menara Siger Ikon Lampung Yang Menaraik Untuk Dikunjungi

Hutan ini dialiri sungai sehingga tanahnya basah dan hutan menjadi subur, inilah alasan di beri nama evergreen. Saat Anda memasuki hutan, Anda akan merasa seperti berada di gang hijau. Dengan pemandangan satwa liar di kanan kiri tentunya.

4. Panjat Tebing

Bagi pecinta aktivitas ekstrim, panjat tebing bisa menjadi pilihan untuk menyalurkan hobi. Curah Tangis menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi, dengan kemiringan sekitar delapan puluh lima persen dan ketinggian 10-30 meter akan memberikan sensasi berbeda pada wisata ini. Tentunya dengan memperhatikan protokol keselamatan yang diberikan oleh pengelola.

5. Hutan Mangrove

Mangrove merupakan elemen penting dalam ekosistem pesisir, untungnya tidak jauh dari kawasan Pantai Bama terdapat hutan mangrove yang memberikan sinergi untuk kawasan garis pantai. Kita bisa melihat pohon bakau dari beberapa spesies tumbuh di hutan ini. Bahkan mangrove tertua di Asia.

Namun, ketika Anda memutuskan untuk menjelajahi hutan mangrove ini, pastikan Anda ditemani oleh pemandu lokal agar tidak tersesat jauh ke dalam hutan. Pastikan juga pakaian yang Anda gunakan aman, tidak ada bau parfum yang menyengat dan antisipasi untuk membawa lotion anti nyamuk. Karena nyamuk harus mengantri untuk menggigit.

6. Goa Jepang

Puas berpetualang dengan alam, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu gua peninggalan Jepang di sekitar Taman Nasional Baluran. Gua ini terlihat tidak begitu kokoh, namun sangat layak untuk dikunjungi sebagai tambahan pengetahuan sejarah kita tentunya.

Itulah sedikit ulasan Taman Nasional Baluran : Keindahan Pesona Alam di Situbondo dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.