Sitinjau Lauik: Tanjakan Ekstrem Dengan Pemandangan yang Indah

Sitinjau Lauik: Tanjakan Ekstrem Dengan Pemandangan yang Indah – Padang memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata unik yang ada di Padang, yaitu Sitinjau Lauik mari simak ulasan berikut.

Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik merupakan sebuah jalan raya yang berlatakkan di Sumatera Barat. Jalur ini merupakan salah satu dari 4 jalur ekstrim yang ada di Sumatera. Trek jalannya berbelok tajam disertai tanjakan yang cukup tinggi.

Jalan tersebut cukup berbahaya bagi pengemudi atau pengendara pemula. Dimana jalan berbahaya seringkali memakan korban jiwa. Meski begitu, jalur jalan berbahaya ini terbilang unik dan menarik. Pemandangan yang disuguhkan dari jalan sangat indah dan bisa memanjakan mata.

Banyak pengemudi yang turun dari kendaraannya hanya untuk menikmati keindahan panorama alam yang spektakuler. Beberapa orang juga sering berfoto dan berfoto selfie di lokasi ini. Rute Sitinjau Lauik merupakan satu-satunya jalan yang menghubungkan Padang dengan Arosuko atau dengan Kota Solok.

Lokasi Sitinjau Lauik

Lantas, di manakah letak tanjakan Sitinjau Lauik Ini? Tanjakan Sitinjau Lauik ini berada tepat di Alamat: Jl. Selayo-Padang, Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Daya Tarik Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik: Tanjakan Ekstrem Dengan Pemandangan yang Indah

Daya tarik apa saja yang ada Sitinjau Lauik? Mari simak pembahasan berikut.

Baca juga:  Desa Unik di Bali, Tradisi Pemakaman Desa Trunyan

1. Berada di Ketinggian 220 mdpl

Karena berada di ketinggian 220 mdpl, maka lokasi Sitinjau Lauik yang kini menjadi lokasi wisata ini memiliki udara yang sejuk.

Selain itu, suhunya sejuk dan sejuk. Hal tersebut membuat pengunjung betah dan berlama-lama di lokasi wisata tersebut.

2. Pesona Keindahan Alam

Meski termasuk lokasi yang berbahaya, namun jalur ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi sebagian orang yang sering berkunjung ke lokasi ini. Selain itu, lokasi yang ideal ini juga menjadi idaman bagi sebagian orang yang belum pernah berkunjung ke tempat tersebut.

Kawasan wisata yang memiliki keindahan alam menjadi salah satu daya tarik wisatanya. Dimana lokasinya sejuk, suasana dan suhunya sejuk. Bukit-bukit indah disaksikan dari jauh.

Selain itu, dari ketinggian jalan raya Anda bisa menikmati keindahan laut. Samudra Hindia yang sangat menakjubkan. Anda tidak akan menemukannya di lokasi lain.

3. Panorama Alam yang Memukau

Kawasan jalan Sitinjau Lauik tidak hanya menyuguhkan keindahan alam berupa perbukitan dan laut yang indah. Namun, pada pagi hari lokasi wisata ini memiliki panorama alam yang menakjubkan. Di pagi hari, embun yang menyelimuti cahaya biasa mulai menyinari hal itu menjadi hal yang menarik.

Tidak hanya di pagi hari, saat sore hari mulai menjemput Anda, lokasi ini akan dipenuhi oleh para pecinta yang menunggu indahnya matahari terbenam.

Jika Anda melewatkan senja, malam dari ketinggian jalan ini juga akan terlihat sangat menakjubkan. Ribuan lampu hunian di Kota dilihat dari ketinggian ini adalah pemandangan yang tak terlupakan.

Di lokasi tersebut terdapat gazebo yang dibuat untuk singgah dan menikmati keindahan Kota Padang. Gazebo berbentuk rumah adat Minang ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. lokasi ini disebut Padang Scenic Point.

Baca juga:  Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan

Dimana dari gazebo tersebut Anda bisa melihat pemandangan Kota Padang dari kejauhan. The Padang Scenic Point tidak hanya ramai saat liburan tiba saja, namun di hari biasa lokasi akan tetap ramai.

Lubuk Paraku merupakan lokasi wisata yang berada di dekat jalur seram. Tempat wisata ini adalah pemandian. Bak mandi memiliki aliran air yang segar dan sejuk. Sumber air berasal langsung dari sumber air pegunungan.

THR atau Taman Hutan Raya Bung Hatta ialah sebuah taman yang terletak di dekat jalan Sitinjau Lauik. Taman Hutan sama dengan taman Hutan lainnya. dimana di dalam Taman tersebut terdapat beberapa tumbuhan langka dan ada juga tumbuhan yang keberadaannya dilindungi.

Tips Melewati TanjakanSitinjau Lauik

Sitinjau Lauik: Tanjakan Ekstrem Dengan Pemandangan yang Indah

Agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan, Anda perlu mempersiapkan kendaraan Anda sebelum berangkat. Periksa anomali di kendaraan Anda. Seperti rem, ban motor dan lain-lain. Pastikan tidak ada masalah pada kendaraan. Yang terpenting adalah memastikan kendaraan sudah diservis agar tidak rewel saat mendaki tanjakan terjal.

Saat berada di Jalan Sitinjau Lauik, berhati-hatilah agar tidak menyalip kendaraan di depan. Ikuti jalanmu sendiri. Coba juga kurangi kecepatan Anda saat berkendara.

Fokus saat mengemudi. Jika Anda mulai merasa lelah dan mengantuk, mintalah teman Anda untuk menggantikannya sebagai pengemudi. Jika tidak ada penggantinya, Anda bisa beristirahat sejenak untuk melepas penat lalu melanjutkan perjalanan. Pengendara bisa menikmati keindahan alam di sampingnya sebelum melanjutkan perjalanan.

Itulah sedikit ulasan tentang Sitinjau Lauik: Tanjakan Ekstrem Dengan Pemandangan yang Indah dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.