Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia – Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah Seven Summit yang merujuk pada tujuh puncak tertinggi di tujuh benua dan salah satunya terdapat di Indonesia. Konsep seperti ini juga digunakan di Indonesia yaitu Seven Summit versi Indonesia yang terletak di tujuh kepulauan terbesar di Indonesia.

Seven Summits Indonesia

Selain memasukkan lima pulau terbesar yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua terdapat juga 2 pulau besar. Kepulauan maluku juga masih ada satu lagi yaitu kepulauan sunda kecil yang terdiri dari pulau Bali dan Florest. Inilah Seven Summit of Indonesia yang siap untuk kalian jelajahi.

Gunung Kerinci

Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Untuk daftar Seven Summit of Indonesia yang pertama diisi oleh Gunung Kerinci yang bertempat di Pulau Sumatera. Nama lain dari Gunung Kerinci yaitu Gunung Gadang, gunung ini mempunyai ketinggian 3.805 mdpl dan merupakan Gunung Berapi tertinggi di Indonesia. Secara geografis letak gunung ini berada di Provinsi Jambi, dan berada di perbatasan Provinsi Sumatera Barat.

Puncak dari gunung ini yaitu bernama Puncak Indrapura, gunung ini di kelilingi oleh hutan lebat yang termasuk wilayah TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) dan didalamnya terdapat habitat harimau Sumatera dan badak Sumatera. Di gunung ini terdapat dua jalur pendakian yaitu jalur pendakian via Kersik Tuo dan via Solok Selatan.

Gunung Semeru

Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Untuk Seven Summit of Indonesia yang kedua adalah terletak di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Gunung Semeru juga masuk ke daftar tiga besar gunung berapi tertinggi di bawah Gunung Kerinci dan Rinjani. Secara geografis gunung ini terletak di perbatasan antara daerah Kabupaten Lumajang dan Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Puncak dari gunung ini yaitu bernama Puncak Mahameru, gunung ini merupakan bagian dari TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) jadi di dalam lingkungan ini banyak terdapat wisata alam yang sangat indah seperti air terjun dan wisata alam lainnya. Untuk para pendaki umumnya melakukan pendakian melalui jalur Ranupane dan Ranu Kumbolo.

Baca juga:  Keindahan Bukit Bintang Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Gunung Rinjani

Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Gunung Rinjani merupakan gunung dengan puncak tertinggi yang mewakili kawasan sunda kecil yaitu kawasan Pulau Bali Hingga Florest. Gunung ini disebut gunung api terindah dan tertinggi ke 2 setelah Gunung Kerinci dengan mencapai ketinggian 3.726 mdpl. Sama halnya dengan 2 gunung sebelumnya gunung ini juga juga merupakan bagian dari taman nasional yaitu TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) dan kawasan tersebut mencakup seluas kurang lebih 41 ribu hektar.

Secara geografis gunung ini terletak di tiga wilayah yaitu Kabupaten Lombok Timur, Tengah, dan Barat. Di Gunung Rinjani ini terdapat dua rute yang direkomendasikan dan dianggap paling normal yaitu rute via Desa Sembalun dan Desa Senaru.

Gunung Bukit Raya

Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

pulau Kalimantan juga tidak kalah dengan pulau lainnya di Kalimantan juga memiliki puncak tertinggi yaitu Gunung Bukit Raya. Gunung ini miliki ketingian mencapai 2.278 mdpl dan letak gunung ini di perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Gunung Bukit Raya merupakan bukan gunung berapi dan untuk pengelolaannya berada dalam pengawasan TNBB (Taman Nasional Bukit Baka), Bukit Raya. Untuk rute yang umum digunakan para pendaki yaitu melalui Dusun Rantau Malam yang bisa di akses melalui Pontianak.

Gunung Latimojong

Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Gunung Latimojong merupakan puncak tertinggi di Pulau Sulawesi dengan ketinggian mencapai 3.430 mdpl, puncak Gunung Latimojong dikenal sebagai Rante Mario terdapat dari sumber lain pula menyatakan bahwa untuk puncak tertingginya adakah Rantekombala yang berada tidak jauh dengan Rane Mario. Gunung Latimojong juga bukan termasuk gunung berapi seperti dengan Gunung Bukit Raya. Secara geografis gunung ini berletak di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rute pendakian yang paling umum ke gunung ini adalah melewati rute Desa Karangan. Sebelumnya gunung ini merupakan belum termasuk kawasan Taman Nasional. Namum setelah itu pemerintah telang mengupayakan agar gunung ini masuk di kawasan Taman Nasional.

Baca juga:  Keindahan Gunung Putri Lembang Bandung, Spot Sunrise Terbaik

Gunung Binaiya

Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Kepulauan Maluku juga tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya, salah satu gunung di Kepulauan Maluku juga masuk kedalam Seven Summit of Indonesia gunung yaitu adalah Gunung Binaiya. Gunung Binaiya juga bukan termasuk gunung berapi seperti gunung-gunung sebelumnya. Secara geografis gunung ini berletak di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah dan ketinggian puncak gunung ini mencapai 3.027 mdpl.

Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Manusela, terdapat dua jalur yang dapat diakses para pendaki yaitu rute via Desa Kanike di sisi utara atau Desa Piliana di sisi selatan. Setiap orang yang aka melakukan pendakian di gunung ini harus membayar biaya adat, buku tamu, pemandu, penginapan, serta pengangkutan barang.

Cartenzs Pyramid

Seven Summits Indonesia, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Daftar Seven Summit of Indonesia yang terakhir sekaligus anggota Seven Summit dunia adalah Cartenz Pyramid yang terletak di Papua. Cartenz Pyramid merupakan salah satu puncak yang paling tinggi yang berada di barisan Sudirman. Di puncak gunung ini terdapat sebuah salju abadi dikenal sebagai Glester Carstensz. Tetapi jumlah salju ini semakin hari semakin menipis yang di akibat kan oleh pemanasan global. Untuk rute pendakian yang umum digunakan adalah melewati desa ilaga dan sugapa.

Untuk penentuan Seven Summit of Indonesia sendiri tidak berdasarkan dari tinggi gunungnya, jika untuk merujuk kepada gunungnya saja daftar ini diisi oleh sebagian besar gunung-gunung yang berada di Papua. Karena seperti yang kita ketahui gunung-gunung yang berada di Papua memiliki ketinggian lebih dari 4 ribu mdpl, jadi untuk Seven Summit of Indonesia ini di klasifikasikan berdasarkan gunung tertingi di masing-masing zona.

Nah itulah daftar gunung-gunung yang termasuk dalam Seven Summits Indonesia. Jadi gunung mana yang ingin anda kunjungi duluan?