Sejarah Candi Prambanan – Wisata Bersejarah Di Indonesia

Sejarah Candi Prambanan – Wisata Bersejarah Di Indonesia – Wisata sejarah mengunjungi Candi Prambanan di Yogyakarta sudah pasti dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Perjalanan ke Candi Prambanan menyuguhkan beberapa cerita dan peninggalan zaman dahulu kala. mungkin anda yang belum pernah datang ke candi prambanan masih belum mengetahui fasilitas apa saja yang ada di candi prambanan. Selain itu, Anda mungkin masih belum mengetahui gambaran candi peninggalan Hindu terbesar di Indonesia.

Candi Prambanan

Candi Prambanan ini tidak hanya indah dan menjadi Mekah, tetapi juga merupakan bangunan penting bagi umat Hindu dan banyak hal yang harus Anda ketahui. Beberapa di antaranya, seperti legenda Roro Jonggrang, cerita sendratari Ramayana hingga kompleks bangunan yang indah.

Di dalam bangunan candi Prambanan juga tidak kalah menariknya, karena terdapat berbagai jenis relief dasar yang saling berhubungan. Seluruh relief di Candi Prambanan merupakan rangkaian cerita yang berkaitan dengan kehidupan lampau, termasuk asal muasal Candi Prambanan. Penasaran dengan asal muasal Candi Prambanan dan siapakah Roro Jonggrang itu?

Sejarah Candi Prambanan

Wisata sejarah mengunjungi Candi Prambanan atau yang sering disebut dengan Candi Roro Jonggrang merupakan peninggalan sejarah yang berasal dari abad ke-9 Masehi. Menurut sejarah candi Prambanan sebenarnya candi ini diperuntukkan bagi trimurti yaitu sebutan dari tiga dewa dalam agama Hindu yaitu Dewa Wisnu sebagai dewa pelestarian, dewa pencipta yaitu Brahma dan dewa pemusnah yaitu Dewa Siwa.

Baca juga:  4 Wisata Edukasi Paling Rekomended untuk Anak

Relief di Candi Prambanan juga menggambarkan keseharian masyarakat tersebut. Ada pula prasasti Siwagrha di Candi Prambanan yang artinya Rumah Siwa. Diketahui dari prasasti bahwa Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan pada tahun 850 M. Bangunan tersebut masih dilanjutkan yaitu oleh Balitung Maha Sambu pada masa Medang Mataram.

Legenda Roro Jonggrang

Candi Prambanan juga sarat dengan cerita versi Jawa yaitu legenda Roro Jonggrang. Konon ada seorang raja bernama Prabu Boko. Raja Boko memiliki seorang putri yang sangat cantik, Putri Roro Jonggrang.
Suatu hari, kerajaan induk Prabu diserang oleh Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh Pangeran Bandung Bondowoso. Sayangnya, Raja Boko meninggal saat itu dan kerajaan Raja Boko otomatis jatuh ke tangan Pangeran Bandung Bondowoso.

Ternyata Pangeran Bandung Bondowoso begitu tertarik dengan Putri Prabu Boko, Roro Jonggrang, dan berniat menjadikannya sebagai istrinya. Namun, Roro Jonggrang sangat membenci Bandung Bondowoso sehingga ia menantang Bandung Bondowoso untuk membangun 1.000 candi dalam satu malam.

Hal itu bertujuan untuk mempersulit dan menggagalkan keinginan Bandung Bondowoso. Namun ternyata Bandung Bondowoso adalah orang yang sangat berkuasa. Dia bisa meminta jin untuk membantu membangun 1.000 candi. Namun Roro Jonggrang tidak kurang akal, pada pagi hari tertancap di lesung nasi sehingga ayam-ayam itu minum dan mengira hari sudah pagi. Maka para jin yang membantu Bandung Bondowoso buru-buru pergi, meski pekerjaannya masih belum selesai. Setelah dikonversi, ternyata candi buatan Bandung Bondowoso masih berupa 999 candi.

Baca juga:  Keindahan Candi Prambanan, Candi Terbesar di Asia Tenggara

Roro Jonggrang senang Bandung Bondowoso gagal. Akhirnya Bandung Bondowoso menyadari bahwa dirinya telah ditipu oleh Roro Jonggrang dan membuatnya kesal, sehingga ia mengutuk Roro Jonggrang pada arca tersebut agar menjadi candi yang ke seribu.

Legenda Roro Jonggrang memang sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa. Patung Roro Jonggrang konon merupakan jelmaan asli seorang gadis yang masih tinggal di salah satu candi tersebut. Maka timbullah mitos bahwa jika pasangan yang belum menikah datang ke Candi Prambanan, mereka akan putus. Namun, kebenaran kembali pada orang tersebut.

Sejarah Candi Prambanan - Wisata Bersejarah Di Indonesia

Rute Objek Wisata

Untuk memulai wisata Candi Prambanan, jika anda mulai dari Tugu Yogyakarta silahkan ikuti jalan lurus menuju Prambanan. Namun, jika memulai perjalanan melalui Jalan Wonosari, ikuti rombongan ke arah utara dan temukan objek wisata Ratu Boko. Kemudian jalan lurus sampai Anda menemukan Candi Prambanan, tempat wisata.
Hari kerja adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Prambanan. Hal ini dikarenakan Candi Prambanan tidak banyak dikunjungi wisatawan. Anda juga sebaiknya menghindari hari libur karena jumlah karyawan semakin banyak.

Itulah tadi ulasan tentang Sejarah Candi Prambanan Wisata Bersejarah Di Indonesia semoga dengan adanya artikel ini wawasan anda akan bertambah.