Savana Tianyar: Pesona Padang Rumput di Kaki Gunung Agung

Posted on

Savana Tianyar: Pesona Padang Rumput di Kaki Gunung Agung – Bali merupakan sebuah pulau yang menawarkan destinasi wisata alam dengan panorama yang memukau dan menawan. Tak hanya pantainya saja yang menjadi daya tarik para pengunjung yang datang ke pulau ini. Masih ada banyak lagi destinasi wisata alam yang sangat populer dan banyak dikunjungi, salah satunya adalah savana tianyar.

Savana Tianyar

Savana tianyar merupakan wisata alam dengan panorama menawan yang ada di Karangasem, Bali. Pesona padang rumput yang luas adalah salah satu kelebihan dari tempat wisata ini. Leatknya yang berada di dekat Gunung Agung semakin menambah keindahan dari pesona padang rumput ini.

Banyak sekali orang yang menyukai tempat ini yang mana dikarenakan pemandangan alam dari padang rumputnya ini yang menyerupai dengan padang rumput di afrika. Hal ini akan terlihat jelas ketika hamparan dari padang rumput kuning ini memasuki musim kemarau.

Lokasi Savana Tianyar

Lokasi Savana Tianyar

Tempat wisata alam yang cantik ini berada di Desa Tianyar. Lebih tepatnya savana tianyar ini berada di Kecamatan Tubu, kabupaten Karangasem, Bali. Waktu yang dibutuhkan agar sampai ketempat ini yaitu sekitar 150 menit atau 2 jam 30 menit untuk waktu tempunya.

Untuk pemilihan rutenya anda bisa memilih sendiri dengan menggunakan google maps. Atau jika anda masih belum terbiasa menggunakan petunjuk arah melalui smartphone, maka anda disini bisa mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan.

 Harga Tiket Masuk

Agar bisa menikmati pesona alam yang ditawarkan savana tianyar, ternyata untuk mengunjungi tempat ini tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Sebab tempat ini belum ada pihak yang mengelolanya, sehingga tempat ini bisa diakses siapa saja yang ingin berlibur dengan menikmati hamparan padang rumput yang indah ini.

Daya Tarik Savana Tianyar

Jika anda ingin tahu daya tarik apa saja yang ditawarkan savana tianyar ini, dibawah ini saya telah merangkumnya untuk anda.

1. Pemandangan Alam

Pemandangan Alam

Keindahan alamnya didominasi oleh padang rumput yang sangat menawan, mirip dengan padang rumput Afrika. Meski tergolong baru, pesonanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di musim panas, wisata alam sabana Tianya menghadirkan padang rumput gersang yang tak berujung yang kontras dengan padang rumput berwarna coklat-kuning yang tak berujung, menghadirkan keindahan alam yang benar-benar menakjubkan. Setiap musim berbeda, menciptakan pesona alam dengan keunikannya sendiri, menciptakan oasis yang menakjubkan

Jika musim kemarau tiba, biasanya di bulan Agustus, keindahan alam yang tercipta begitu memesona. Saat musim hujan mulai mendekat, keindahan alam yang disuguhkan pun tak kalah indah. Rerumputan hijau mulai tumbuh perlahan, awalnya rerumputan layu berwarna coklat, menampilkan pemandangan alam yang indah di musim hujan.

Udara pedesaan yang begitu menyejukkan, perbukitan hijau yang tergambar jelas dan dipercantik dengan kuda-kuda yang merumput menambah eksotisme sabana hijau milik Pulau Dewata ini.

Hal ini akan membuat siapa saja yang berkunjung selalu mengingat keindahan alam yang disajikan, sedap dipandang mata.

2. Spot Foto Menarik

Spot Foto Menarik

Pesona alam yang diciptakannya menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Ini menggoda siapa saja yang mengunjungi sabana Tianya untuk menangkapnya. Berbagai spot foto menarik bisa ditemukan. Foto-foto indah pasti akan muncul dari perpaduan alam yang mempesona ini.

Jika musim hujan tiba, beberapa ekor kuda sedang merumput, ditambah lagi dengan pemandangan rerumputan yang hijau menjadi salah satu tempat favorit saya untuk berfoto.

Musim kemarau akan menghadirkan rerumputan kuning yang tak berujung, menciptakan suasana yang sangat mirip dengan padang rumput Afrika, menghadirkan keindahan alam yang tiada habisnya.

Luasnya Savana Tianyar Karangasem yang terbentang di kaki Gunung Agung menyuguhkan eksotisme alam yang cukup berbeda dengan kawasan wisata alam lainnya. Spot foto lainnya adalah Gunung Manggang yang harus didaki oleh wisatawan.

Ratusan anak tangga dibangun dengan cara ini untuk membawa pengunjung ke puncak gunung. Bosan dengan perjalanan yang telah dilalui, saat melihat pemandangan alam yang indah dari puncak gunung tersebut, seketika sirna.

Tentunya dari atas bukit ini pengunjung bisa mengabadikan keindahan alam yang indah. Temukan spot foto cantik di wisata alam ini. Selama kita di sini, foto-foto indah bisa dibuat kapan saja. Apalagi pemandangan alam rerumputan yang unik disini.

Latar belakang Gunung Agung yang berada di dekat sabana subtropis membuatnya cukup dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Beberapa kuda yang merumput semakin menambah keindahan foto tersebut. Lokasinya yang strategis di pusat kota Denpasar membuatnya dapat diakses oleh siapa saja.

Bagi pasangan yang mencari pemotretan prewedding yang indah, Gunung Agung yang eksotis ini bisa dijadikan sebagai backdrop foto. Rerumputan hijau yang luas semakin mempercantik foto prewedding ini.

Lokasi yang Strategis

3. Lokasi yang Strategis

Tidak jauh dari pusat kota tentunya dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum, menjadikan wisata alam ini salah satu destinasi terpopuler di Pulau Dewata Bali. Berbagai pilihan rute juga memudahkan wisatawan untuk mengakses wisata alam ini.

Aktivitas Menarik di Savana Tianyar

Berikut ini adalah aktivitas-aktivitas yang bisa anda lakukan di savana tianyar ini.

Aktivitas Menarik di Savana Tianyar

1. Dokumentasi

Jika Anda akan berlibur ke tempat wisata yang begitu indah, mencari foto dan menambah koleksi foto-foto indah Anda adalah suatu keharusan. Salah satunya adalah Savannah Tianya yang menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan dan mempesona.

Pemandangan alam khas padang rumput, rerumputan hijau di musim hujan dan menguning di musim panas, merupakan fenomena alam yang wajib Anda lewatkan saat datang ke sini.

Perpaduan kuda-kuda yang merumput dan khas alam pedesaan menjadikannya salah satu spot foto favorit para wisatawan. Pengunjung juga bisa berfoto dengan melihat kuda-kuda. Keindahan alam Gunung Agung juga semakin mempercantik keberadaan sabana hijau ini.

Pemandangan alam saat matahari terbenam dan matahari terbit juga menjadi tujuan para pecinta foto ketika tiba di tempat yang indah ini.

Aktivitas matahari tentunya masih menjadi fenomena alam dan tidak boleh dilewatkan saat berada di Savana Tianyar Karangasem. Saksikan eksotisnya, hati jadi lebih rileks
Bagi wisatawan yang suka berfoto di gunung, cobalah mengabadikan keindahan alam melalui Gunung Mangong. Terletak di puncak gunung dan melewati ratusan anak tangga. Tentunya dari puncak gunung ini keindahan alam yang tercipta semakin sempurna dan eksotis.

Menikmati Keindahan Alam

2. Menikmati Keindahan Alam

Sejauh mata memandang, rerumputan hijau tak berujung membuat mata orang bersinar. Savana Tianyar begitu eksotis sehingga setiap musim berganti dengan keunikannya masing-masing.

Jika kita datang di musim hujan, rerumputan hijau dan padang rumput yang luas akan tersaji begitu indah.

Namun jika kita berkunjung saat musim kemarau, rerumputan kering berwarna kuning secara alami akan menyambut kita dengan pesona keindahan alam yang sama.

Latar belakang Gunung Agung di dekat perjalanan ini membuatnya dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Beberapa kuda yang merumput semakin menambah pesona keindahan alam yang tercipta. Berjalan di sepanjang padang rumput yang hijau dan luas adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi dan sore hari. Di pagi hari, tentunya matahari menyapa kulit kita dengan hangatnya kehadirannya. Sore hari, kita akan melihat hewan ternak seperti sapi atau kuda milik warga sekitar sedang merumput di tempat ini.

Wisatawan tidak disarankan datang pada siang hari karena cuaca panas dan udara di padang rumput yang berdebu. Maka dari itu, anda bisa memilih waktu yang tepat yaitu pada pagi dan sore hari untuk datang ketempat ini dibandingkan siang hari.

Savana Tianyar

3. Bersantai dan Berlibur

Padang rumput yang begitu luas dan indah membuat pengunjung betah berada di tempat ini. Sinar matahari yang menyapa di pagi hari menambah aura keindahan alam yang tercipta. Keindahan alamnya pun tak kalah indah jika wisatawan datang pada sore hari.

Pengunjung bisa duduk di padang rumput yang hijau sambil menyaksikan beberapa kuda merumput. Luangkan waktu sejenak untuk bersantai dengan meregangkan kaki, peregangan adalah hal menyenangkan yang bisa dilakukan siapa saja di wisata alam yang indah ini.

Pengunjung juga bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Bersantai di Savannah Tianya sambil menikmati keindahan alam yang disajikan oleh makanan dan minuman ringan pasti akan membuat pengunjung merasa nyaman.

Berkemah

4. Berkemah

Kegiatan ini sangat menyenangkan dilakukan di sini, dan rerumputan hijau yang tak berujung menyambut setiap wisatawan yang berkemah di wisata alam ini. Pengunjung dapat mendirikan tenda-tenda kecil sebagai tempat beristirahat dan bersantai serta menikmati keindahan alam.

Suasana alam gunung yang unik, ditambah dengan suasana eksotis Gunung Agung, menjadi peristiwa yang sangat tak terlupakan bagi para pekemah. Peralatan berkemah harus disiapkan sendiri oleh wisatawan karena tidak ada fasilitas persewaan camping. Saat memilih kegiatan camping di sini, kebutuhan logistik lainnya juga harus disiapkan.

Fasilitas di Kawasan Wisata Savana Tianyar

Wisata alam Savana Tianyar belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat. Fasilitas yang ada masih sangat terbatas, tidak ada toilet umum di sini, dan tidak ada warung kecil di sekitarnya. Oleh karena itu, disarankan agar wisatawan yang ingin datang ke sini menyiapkan makanan dan minuman yang bisa mereka santap saat tiba di sini.

Di sekitar destinasi wisata alam ini terdapat beberapa hotel atau penginapan bagi wisatawan yang pulang larut malam, tentunya dengan harga yang terjangkau dan fasilitas yang standar.

Savana Tianyar Karangasem merupakan wisata alam dengan eksotisme yang begitu menakjubkan. Padang rumput yang tak berujung dan keindahan Gunung Agung telah menciptakan pesona alam yang begitu indah. Lokasinya cukup strategis dan tentunya sayang untuk dilewatkan.

Mungkin itu saja sedikit penjelasan dari saya tentang Savana Tianyar: Pesona Padang Rumput di Kaki Gunung Agung. Semoga ulasan yang telah saya berikan ini bisa menambah wawasan untuk anda, sekian terima kasih.