Keindahan Rawa Pening yang Menarik Untuk Dikunjungi

Keindahan Rawa Pening yang Menarik Untuk Dikunjungi – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Semarang. Semarang memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Semarang, yaitu Rawa Pening mari simak ulasan berikut.

Rawa Pening

Danau Rawa Pening ini memiliki keindahan alam yang eksotis yang menarik untuk dijelajahi di Ambarawa, Semarang. Danau dengan pemandangan pegunungan ini juga penuh dengan legenda yang menarik untuk dijelajahi.

Lokasi Rawa Pening

Lantas, di manakah letak Rawa Pening? Rawa pening ini berada tepat di Alamat: Jl. Lingkar Selatan KM.3, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Tarif masuk ke tempat wisata ini terbagi dalam dua kategori yaitu pada hari biasa dan hari libur. Di hari biasa, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang. Sedangkan pada hari libur wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp. 3.500 per orang.

Lokasi wisata ini menyediakan jasa persewaan perahu motor untuk digunakan berkeliling kawasan rawa. Biaya sewa motorboat dengan kapasitas 6 orang sekitar Rp 80.000.

Wisatawan juga bisa menyewa perahu dengan tarif Rp 30.000 selama 30 menit. Untuk menikmati wahana rekreasi anak dan dewasa termasuk becak air dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 selama 15 menit.

Sedangkan untuk wahana ATV tarifnya Rp30.000 selama 15 menit dan masih banyak lagi wahana lainnya dengan harga yang bervariasi.

Baca juga:  Waduk Riam Kanan : Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan

Daya Tarik Rawa Pening

Keindahan Rawa Pening yang Menarik Untuk Dikunjungi

Daya tarik apa saja yang ada Rawa Pening ini? Simak penjelasan berikut.

1. Panorama Rawa yang Memukau

Objek wisata yang berada disekitar pegunungan dengan pemandangan persawahan yang hijau memberikan suasana alam yang menarik. Danau ini banyak dihiasi eceng gondok dan banyak ikan yang hidup di rawa ini.

Saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran yang kokoh tidak jauh dari lokasi. Di kawasan ini wisatawan bisa menyaksikan aktivitas nelayan dan deretan keramba tempat ikan dibudidayakan. Masyarakat setempat memanfaatkan rawa ini sebagai tempat memancing.

Selain pemandangannya yang menarik, rawa ini memiliki legenda yang menarik. Konon Rawa Pening dulunya adalah sebuah desa bernama Desa Malwapati. Desa tersebut mengalami luapan air yang sangat besar sehingga menyebabkan wilayah desa tersebut terendam. Konon ceritanya, luapan air ini berasal dari sebatang tongkat.

Tongkat yang ditancapkan adalah tongkat hasil penjelmaan ular naga. Penjelmaan ular naga bernama Baru Klinting, Baru Klinting lahir dari istri Ki Hajar Salonkotoro yang terkenal dengan kesaktiannya. Baru Klinting merasa sakit hati karena saat sedang mencari makan, warga seakan tidak menyukainya karena baunya yang tidak sedap. Akhirnya ia pun mengadakan lomba mencabut tongkat.

2. Sabana Rawa Pening

Saat musim kemarau, rawa ini akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda yaitu terbentuknya kawasan wisata baru bernama Sabana Rawa Pening. Sabana ini menjadi daya tarik baru di objek wisata ini.

Wisatawan perlu berjalan kaki kurang lebih 100 meter untuk sampai di tempat ini. Namun perlu diketahui bahwa saat musim hujan tiba, kawasan ini akan terendam air. Jadi, jika ingin melihat sabana harus datang saat musim kemarau.

3. Bukit Cinta

Di kawasan ini terdapat Bukit Cinta yang merupakan bukit kecil yang sebelumnya digunakan oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai gardu induk untuk memantau pertumbuhan eceng gondok di Danau Rawa Pening. Bukit Cinta ada di pinggir danau ini.

Baca juga:  Keindahan Danau Singkarak Yang Menarik Para Wisatawan

Dahulu kala tempat ini digunakan sebagai tempat pacaran oleh pasangan muda sehingga tempat ini diberi nama Bukit Cinta. Bukit yang berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pesona perbukitan Ambarawa yang indah. Suasana sejuk dan tenteram di bukit ini memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang datang.

Selain itu, ada juga spot Gembok Cinta di Bukit Cinta dengan background telaga. Ada banyak spot eksotis di tempat ini. Selain view, terdapat joglo, showroom ikan, perahu motor, dan toko oleh-oleh dari Desa Kebondowo. Dari Bukit Cinta, pengunjung bisa berjalan kaki ke pinggir Rawa Pening untuk menikmati panorama.

Keindahan Rawa Pening yang Menarik Untuk Dikunjungi

4. Kampung Apung

Jika Anda mengunjungi wisata danau ini, maka Anda akan menemukan Kampung Rawa. Di kawasan ini juga terdapat restoran terapung. Tempat makan terapung ini mampu menampung 300 kursi turis. Wisatawan akan ditarik dengan menggunakan rakit untuk sampai di lokasi utama.

Bahan makanan yang digunakan di resto ini berasal dari hasil budidaya masyarakat setempat sehingga segar dan rasanya enak. Menikmati hidangan yang dikelilingi pemandangan rawa yang indah tentunya bisa menjadi pilihan yang menarik.

5. Dekat dengan Objek Wisata Lain

Bagi wisatawan yang belum puas hanya mengunjungi satu objek saja, tak jauh dari danau ini terdapat objek wisata menarik lainnya. Objek wisata lain di sekitar danau ini antara lain Museum Kereta Api Ambarawa, Candi Gedong Songo, Gua Maria, Taman Saloka, dan lain sebagainya.

Itulah sedikit ulasan tentang Keindahan Umbul Sidomukti yang Menarik Untuk Dikunjungi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.