Keindahan Punthuk Setumbu, Wisata Alam di Magelang

Keindahan Punthuk Setumbu, Wisata Alam di Magelang – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Magelang. Magelang memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Magelang, yaitu Punthuk Setumbu mari simak ulasan berikut.

Taman Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan salah satu tempat wisata alam yang menawan yang berada di Magelang. Kamar ini menawarkan pemandangan pegunungan dan panorama matahari terbit di depan Candi Borobudur yang menakjubkan.

Lokasi Punthuk Setumbu

Tempat wisata alam ini terletak di Desa Karangrejo, tepatnya di Kecamatan Borobudur, Magelang. Ya, destinasi wisata ini memang tak jauh dari lokasi wisata populer Candi Borobudur. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Keindahan Punthuk Setumbu, Wisata Alam di Magelang

Harga Tiket Masuk

Dijuluki sebagai ‘Nirwana Sunrise’ yang menjadi daya tariknya, objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jumat pukul 04.00-17.00 WIB dan buka 24 jam setiap Sabtu-Minggu dan hari libur nasional.

Baca juga:  Keindahan Pesona Wisata di Sumatera Selatan

Harga tiket masuk ke objek wisata alam ini adalah Rp15.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp30.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 jika membawa kendaraan roda empat dan Rp2.000 jika membawa kendaraan roda dua.

Semua fasilitas yang tersedia di objek wisata ini membayar Rp 5.000. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana dengan berkemah dikenakan tarif Rp 30.000 per orang.

Daya Tarik Punthuk Setumbu

Keindahan Punthuk Setumbu, Wisata Alam di Magelang

Daya tarik apa saja yang ada di Punthuk Setumbu? Simak penjelasan berikut.

1. Dijuluki Dengan Sebutan Nirwana Sunrise

Punthuk Setumbu mendapat julukan ‘Nirvana Sunrise’ atau ‘Surga Matahari Terbit’ karena pemandangan yang disuguhkan paling indah dibanding tempat lain saat matahari terbit. Anda akan menikmati panorama alam yang indah mulai dari pegunungan torehan, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, hingga Candi Borobudur yang terlihat megah dari atas bukit.

2. Lokasi Syuting AADC 2

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan film Ada Apa dengan Cinta. Setelah beberapa tahun absen, film ini muncul kembali dengan lokasi pengambilan gambarnya yang menarik. Bukit ini dipilih sebagai salah satu lokasi syuting untuk film tersebut. Adegan AADC 2 di sini adalah saat Rangga (Nicholas Saputra) mengajak Cinta (Dian Sastrowardoyo) berburu panorama sunrise sebelum berpisah.

3. Objek Wisata Alam yang Memiliki Arti Nama yang Unik

Nama wisata alam ini berasal dari bahasa jawa dan memiliki arti yang unik. Punthuk berarti gundukan atau bukit, sedangkan setumbu berarti tumbu atau tempat beras yang terbuat dari anyaman. Jadi, objek wisata alam ini memiliki arti bukit yang memiliki bentuk seperti rice bowl yang terbuat dari anyaman.

Baca juga:  Keindahan Taman Air Percut Yang Menarik Para Wisatawan

Itulah sedikit ulasan tentang Keindahan Punthuk Setumbu, Wisata Alam di Magelang dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.