Keindahan Pulau Tegal Mas Yang menarik Para Wisatawan

Keindahan Pulau Tegal Mas Yang menarik Para Wisatawan – Tak akan ada habinya bila membahas tentang wisata Lampung, Lampung memang kaya akan wisatanya Mulai dari wisata pulau, gunung, taman, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas tentang salah satu wisata yang ada di Lampung, yaitu Pulau Tegal Mas destinasi favorit wisatawan.

Keindahan Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal Mas merupakan salah satu pulau eksotis di Pesawaran, Lampung yang memiliki resor terapung seperti di Maladewa. Pulau yang memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan ini menjadi destinasi favorit para pecinta snorkeling dan diving.

Lokasi Pulau Tegal Mas

Bagi anda yang ingin berlibur ke Pulau Tegal Mas bisa langsung menuju Kabupaten Pesawaran Lampung. Lebih tepatnya destinasi wisata yang satu ini berada di seberang pantai yang juga populer di Lampung. Pantai tersebut bernama Pantai Sari Ringgung. Untuk menuju pulau yang satu ini Anda perlu melalui beberapa rute perjalanan.

Rutenya bisa dimulai dari kota Bandar Lampung. Selanjutnya jika Anda berkendara sendiri, Anda bisa langsung menuju kawasan Jalan RE Martadinata. Usai perjalanan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan lokasi berbeda yaitu Pantai Tirtayasa. Dari pantai ini, Anda harus terus berkendara hingga mencapai Pantai Queen Artha.

Keindahan Pulau Tegal Mas Yang menarik Para Wisatawan

Dari Pantai Ratu Artha kita lanjutkan hingga sampai di gerbang masuk Pantai Sari Ringgung. Dari kawasan pantai menuju lokasi pulau hanya membutuhkan waktu 1,5 jam dengan menggunakan kapal charter. Selanjutnya, Anda sampai di sebuah destinasi wisata Indonesia yang cantik dan eksotis.

Baca juga:  Sumatra Barat Identik dengan Pulau Pamutusan

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat mengakses keindahan pulau yang mempesona di Lampung, pengunjung akan dikenakan biaya. Tapi tenang saja karena tarif tersebut masih sangat ramah kantong. Hanya dengan membayar tiket Rp. 40.000, wisatawan bisa puas menikmati keindahan dan keanekaragaman biota laut.

Daya Tarik Pulau Tegal Mas

Berikut adalah daya tiruk yang terdapat pada Pulau Tegal Mas.

1. Terdapat Biota Laut Yang Menakjubkan

Daya tarik pertama Pulau Tegal Mas adalah keindahan bawah lautnya. Bagaimana tidak, pulau ini bahkan pernah menjadi lokasi penelitian terumbu karang di Indonesia. Maka tak heran pengunjung kerap dibius dengan keindahan alam bawah lautnya.

Mulai dari ikan-ikan kecil berenang dengan deras, terumbu karang yang terjaga, hingga air laut yang jernih nan eksotis. Bisa dipastikan Anda akan menyaksikan kehidupan nyata di bawah laut.

2. Masjid Terapung

Daya tarik selanjutnya adalah penampakan masjid yang mengapung di laut. Jadi, selain sebagai tempat beribadah, masjid juga kerap menjadi tempat kunjungan wisatawan. Anda bahkan bisa melihat-lihat sejenak untuk melihat eksotisme masjid terapung tersebut. Masjid ini sebenarnya dibangun untuk fasilitas pengunjung.

Meski terkesan sederhana, panorama yang bisa disaksikan di beranda masjid tak bisa dipungkiri. Dengan nama Masjid ar Yoyol, tempat yang satu ini berhasil membius wisatawan yang menyukai wisata religi. Jadi, saat berada di pulau ini jangan lupa untuk mengunjunginya.

Dengan ukuran masjid ar-Yoyol, masjid ini mampu menampung hingga 100 jamaah. Angka ini mengidentifikasikan bahwa ukuran masjid cukup besar.

Keindahan Pulau Tegal Mas Yang menarik Para Wisatawan

3. Penangkaran Hiu Paus

Saking indahnya, Pulau Tegal Mas ternyata juga memiliki ikan predator. Pasalnya di pulau ini pengunjung bisa melihat penampakan gerombolan hiu paus yang berenang di sekitar pulau. Biasanya hiu paus yang muncul adalah jenis hiu hitam. Meski begitu, pengunjung diharapkan tidak panik.

Baca juga:  Pulau Derawan : Pulau Nan Eksotis di Kalimantan Timur

Ini karena hiu paus di sekitar pulau teridentifikasi jinak karena hanya memakan ikan kecil di sekitar perairan. Letak Pulau Tegal yang berada di daerah tropis dengan suhu yang hangat membuat para hiu paus hidup disini. Ini karena habitat hiu paus menyukai iklim yang hangat.

Keberadaan terumbu karang serta hiu paus menunjukkan bahwa ekosistem laut Lampung masih sangat alami dan terkelola dengan baik. Apalagi dengan ragam biota laut yang bisa dilihat dari permukaan air. Selain bisa melihat kelompok hiu paus, pengunjung juga bisa datang ke penangkaran bayi hiu. Jadi selain bisa menikmati indahnya belajar tentang predator kalo yang satu ini.

4. Kemiripan Dengan Raja Ampat Papua

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata Raja Ampat. Meski merupakan tempat dengan daerah yang berbeda, nyatanya ada keistimewaan di Pulau Tegal Mas yang mirip dengan Raja Ampat. Salah satunya adalah gelombang laut yang hampir tidak ada. Fenomena ini membuat pulau ini terlihat sangat terawat.

Belum lagi gugusan perbukitan yang mengelilingi nusantara sehingga terasa sangat asri. Sangat cocok untuk dijadikan tempat meditasi. Selain itu warna air lautnya juga sangat jernih sehingga anda akan melihat terumbu karang di dalamnya.

Itula beberapa ulasan tentang Keindahan Pulau Tegal Mas Yang menarik Para Wisatawan oleh Menatapnegeri.com, semoga bermnfaat dan bisa menjadi Referensi liburan anda selanjutnya.