Pulau Tabuhan : Pulau Yang Kaya Akan Pesonanya di Banyuwangi

Pulau Tabuhan : Pulau Yang Kaya Akan Pesonanya di Banyuwangi – Banyuwangi memang kaya dengan wisatanya terlebih lagi dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi, yaitu Pulau Tabuhan simak ulasan berikut.

Pulau Tabuhan

Pulau tabuah merupakan salah satu wisata bahari yang paling eksotis yang ada di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Pulau dengan kindahan panorama yang menyuguhkan pantai pasir putihnya, mempunyai air yang jernih serta pesona bawah laut yang memanjakan mata dan wajib untuk anda kunjungi saat liburan.

Lokasi Pulau Tabuah

Lantas, di manakah letak Pulau Tabuhan ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Pulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Sebelum anda memasukai pulau ini anda akan tiba terlebih dahulu di Pantai Bangsring dengan kendaraan darat. Pantai ini merupakan akses utama untuk menuju ke pulau ini. Jika anda menuju pulau ini anda akan dikenakan harga sewa kapal Rp 500.000 dengan muat hampir 10 orang.

Harga yang ditawarkan memang cukup mahal, apabila anda pergi secara bersama-sama maka beban biaya akan berkurang dan dibagi sama rata dengan yang lainnya.

Baca juga:  Pulau Enggano, Pulau Cantik Nan Memanjakan Mata

Anda juga bisa langsung berangkat dari pelabuhan Ketapang, menuju Pantai Bangsring. Setelah itu, anda bisa melajutkan penyebrang ke pulau ini dengan kapal yang berukuran lebih kecil.

Untuk tiket masuk yang di tawarkan tempat wisata ikonik dari Jawa Timur ini pun begitu terjangkau yaitu dengan biaya Rp 5.000 per orangnya. Bagaimana cukup hemat bukan? Mengingat keindahan pemandangan disuguhkan pulau nan indah ini pasti anda tidak akan menyesal.

Daya Tarik Pulau Tabuhan

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pulau Tabuhan.

1. Mercususar Peninggalan Jepang

Di bagian tengah Yabuhan yang cantik ini, terdapat sebuah bangunan yang mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter. Bangunan ini bernama mercusuar, yang mana berguna dalam peroses pemantauan pergerakan setiap transportasi laut.

Namun, mercusuar yang ada di pulau ini memiliki fungsi yang berbeda. Dahulu tentara Jepang membangun mercusuar ini dengan tujuan untuk pemantau pergerakan daru musuh. Pada saat memantau dari ketinggian, semua pergerakan dari musuh akan mudah terlihat oleh tentara tentara jepang.

Pulau Tabuhan : Pulau Yang Kaya Akan Pesonanya di Banyuwangi

Pada tahun 2014 mercusuar ini di buka untuk wisatawan umun, mercusuar ini merupakan salah satu daya tarik yang utama bagi para pengunjung yang datang. Mercusuar ini juga akan terlihat dari kejauhan sebelum pengunjung sampai ke pulau tabuhan ini. Mercusuar ini juga sangat cocok untuk latar belakang pengambilan foto. Tak hanya itu anda juga bisa menengok nilai sejarah yang terdapat didalamnya.

Baca juga:  Jantung Pulau Bintan Teluk Lagoi Bay

2. Tempat Terbaik untuk Berkemah

Pulau Tabuhan : Pulau Yang Kaya Akan Pesonanya di Banyuwangi

Jika anda hobi dengan melakukan kegiatan berkemah di lingkungan baru, anda bisa mencobanya dengan bermalam di Pulau Tabuhan ini. Pengelola wisata setempat juga sudah memberikan ijin bagi pengunjung yang ingin berkemah di kawasan pulau ini.

Peralatan berkemah anda dapat membawanya langsung dari rumah. Anda tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki kebutuhan peralatannya tersebut. Anda dapat menyewa beberapa peralatan untuk berkemah pada pihak pengelola setempat. Perlu anda ketahui bahwa biaya yang perlu anda keluarkan untuk peralatan tersebut bisa dibilang cukup mahal.

Suguhan pemandangan laut yang indah apabila anda bisa berkemah di pulau dengan hamparan pasir putih ini. Pada malam hari pun bisa ada bisa mengisinya dengan kegiatan bermain musik akustik atau membuat api unggun.

Perlu diingat bahwa anda perlu membawa kantong untuk mengumpulkan sampah selama anda melakukan aktivitas berkemah. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan prioritas utama bagi pengunjung yang sedang berada di kawasan pulau ini, tak hanya di pulau ini dimanapun tempatnya anda juga perlu menjaga kelestarian lingkungan.

Itulah sedikit ulasan Pulau Tabuhan : Pulau Yang Kaya Akan Pesonanya di Banyuwangi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.