Pulau Sempu : Surga Bahari Tersembunyi di Malang

Pulau Sempu : Surga Bahari Tersembunyi di Malang – Malang memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Malang, yaitu Pulau Sempu simak ulasan berikut.

Pulau Sempu

Pulau Sempu memang terkenal sebagai situs konservasi cagar alam di Malang yang menawarkan pemandangan menakjubkan, terutama laguna. Meski dilarang untuk turis, Anda bisa berkunjung selama memiliki izin dari pemerintah.

Lokasi Pulau Sempu

Lantas, di manakah letak Pulau Sempu? Wisata ini berada tepat di Alamat : Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kota Malang, Jawa Timur. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Daya Tarik Pulau Sempu

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pulau Sempu.

1. Sebagai Area Konservasi

Sejak tahun 1928, Pulau Sempu Malang diresmikan sebagai cagar alam yang dikelola oleh pemerintah setempat. Berbagai jenis flora dan fauna di pulau ini dilindungi karena keberadaannya yang terancam punah.

Awalnya kawasan pulau ini tidak diperuntukan untuk kawasan wisata, namun belakangan pulau ini dibuka untuk wisatawan umum. Asalkan pengunjung yang akan datang ke wisata ini harus memiliki izin dari BKSDA.

Baca juga:  Wisata Pulau Banyak : Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis

Bagi pengunjung yang berencana mengunjungi pulau ini, bisa berwisata sekaligus mengenal kekayaan flora dan fauna yang terkandung di dalamnya. Selain mengetahui jenis-jenis hewan atau tumbuhan yang dilindungi, Anda juga bisa mengenal lebih jauh ciri-cirinya.

2. Kawasan yang Tenang

Pengunjung yang mencari tempat untuk menyendiri, Pulau Sempu bisa menjadi pilihan yang tepat. Letak pulau yang jauh dari pusat kota membuat suasana kawasan pulau lebih tenang dari hiruk pikuk kota.

Selain sebagai tempat yang bagus untuk menyendiri, pulau ini juga bisa membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Anda bisa datang pada malam hari atau sore hari jika ingin merasakan ketenangan pulau di pagi hari.

Kicauan burung yang masih hidup di alam liar akan menambah ketenangan selama anda berada di pulau ini. Suara deburan ombak dari laguna akan terdengar hingga ke tengah pulau. Sungguh paduan melodi alam yang mampu memenangkan hati dan pikiran.

Pulau Sempu : Surga Bahari Tersembunyi di Malang

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Sempu Malang

Tiket masuk kawasan pulau cantik di Malang ini seharga Rp. 20.000. Biaya ini memang tidak terlalu bersahabat, namun jika ingin melihat keindahan pulau ini, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjunginya.

Sebelum sampai di Pulau Sempu, pengunjung harus memasuki Pantai Sendang Biru yang merupakan pintu masuk ke pulau tersebut. Tiket masuk kawasan pantai ini dibandrol dengan harga Rp 5.000 per orang. Ada biaya parkir kendaraan yang harus dibayar pengunjung ketika memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga:  Keindahan Alam Serta Tempat Penginapan di Pulau Mandeh

Setelah berhasil memasuki pantai, Anda bisa menggunakan perahu bermotor dengan sistem sewa. Agar lebih menghemat biaya, Anda bisa mengajak pengunjung lain saat ingin menyeberangi perahu ini. Biaya sewa perahu Rp. 150.000 dan dapat memuat hingga 10 orang.

Pulau Sempu : Surga Bahari Tersembunyi di Malang

Fasilitas Pulau Sempu

Salah satu fasilitas yang akan didapatkan pengunjung saat berwisata di Pulau Sempu adalah restoran. Menu khas seafood yang menggugah selera, bisa Anda nikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

Ada juga toilet di berbagai sudut pulau. Karena luasnya pulau ini, pihak pengelola setempat telah membangun banyak toilet agar pengunjung dapat menemukannya dengan mudah.

Anda juga bisa menemukan persewaan perahu untuk berkeliling laguna atau pantai di pulau ini. Tentunya hal ini akan menunjang aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pulau eksotis ini.

Itulah sedikit ulasan Pulau Sempu : Surga Bahari Tersembunyi di Malang dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.