Keindahan Pulau Samosir Di Tengah Danau Toba

Keindahan Pulau Samosir Di Tengah Danau Toba – Takan ada habisnya bila mengulas tentang wisata di Sumatera Utara. Sumatra Utara memang kaya akan wisatanya mulai dari air terjun, pantai, danau, Pulau dan masih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas tentang salah satu pulau yang ada di Sumatera Utara, Yaitu Pulau Samosir mari simak ulasan berikut.

Keindahan Pulau Samosir

Pulau Samosir, pulau vulkanik menawan di tengah Danau Toba yang menarik untuk dijelajahi. Pulau yang kaya akan pesona ini menawarkan beragam wisata alam yang mampu memanjakan mata para wisatawan.

Lokasi Pulau Samosir

Khususnya untuk mengetahui letak Pulau Samosir yang berada tepat di tengah Danau Toba. Letaknya lebih dari 200 kilometer dari Kota Medan. Pulau hasil aktivitas vulkanik purba ini terletak di provinsi Sumatera Utara, dan telah menjadi kabupaten tersendiri.

Jika ingin berkunjung ke sana, pengunjung bisa menempuh jalan darat terlebih dahulu untuk menuju bibir Danau Toba. Ada berbagai alternatif yang bisa digunakan para traveller. Jalan yang saat ini dilalui dalam kondisi baik. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau bus jika ingin membawa rombongan.

Ada beberapa titik distribusi untuk menuju pulau ini, antara lain Dermaga Muara, Pelabuhan Ajibata, dan juga titik Tigaras-Simanindo. Di lokasi tersebut, Anda akan dengan mudah menemukan kapal feri yang akan mengantar Anda atau kendaraan yang Anda tumpangi menuju pulau di tengah.

Daya Tarik Pulau Samosir

Berikut adalah daya tarik yang terdapat di Pulau Samosir, diantaranya sebagi berikut.

1. Belajar Budaya Batak di Desa Tomok

Keindahan Pulau Samosir Di Tengah Danau Toba

Lokasi kawasan ini berada di pintu masuk pulau. Dengan keberadaannya yang strategis, banyak orang yang mengunjunginya hanya untuk melihat adat istiadat masyarakat Batak yang tinggal di sana. Pengunjung akan menemukan banyak sekali rumah suku tradisional yang berjejer di sana.

Baca juga:  Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara

Ada pula patung sigale gale yang sangat terkenal dengan mitosnya. Patung-patung yang dikatakan memiliki kekuatan magis ditemukan di sebagian besar bangunan tradisional di sana. Di desa ini wisatawan juga bisa menikmati berbagai budaya suku setempat dengan mengunjungi museum di sana.

Siapapun pasti akan merasa sangat senang mengunjungi desa ini. Banyak sekali ornamen daerah yang menunjukkan ciri khas masyarakat disana. Ada juga kawasan yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan terakhir para leluhur masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. Ini adalah kawasan lindung sebagai bukti kekayaan budaya dan tradisi yang tersebar di seluruh nusantara.

2. Bukit Holbung

Bukit ini merupakan salah satu kawasan yang sangat di kenal oleh banyak orang. Ini mungkin karena pemandangan yang disajikan di tempat ini begitu indah layaknya daerah-daerah terkenal di luar negeri. Pemandangan padang rumput yang terhampar luas seolah berpadu cantik dengan dataran tinggi di samping air.

Banyak orang menyebut kawasan ini sebagai bukit Teletubbies karena terlihat seperti lokasi pengambilan gambar film anak-anak yang fenomenal. Mengunjungi objek ini akan membuat pengunjung merasakan sebuah pengalaman yang dapat menyegarkan pikiran dan jiwa. Angin yang berhembus di sana membuat suasana semakin nyaman dan tubuh menjadi rileks.

Di tempat ini pengunjung akan menemukan nelayan lokal yang merupakan penduduk asli pulau tersebut sedang melakukan aktivitas memancing. Danau Toba memang memiliki beberapa biota, sehingga berburu ikan dapat menjadi salah satu hal yang dapat menunjang kehidupan masyarakat sekitar.

3. Bukit Beta

Ada lebih banyak bukti di Pulau Samosir selain yang disebutkan sebelumnya. Dataran tinggi memang menjadi salah satu aspek unggulan yang bisa ditemukan di pulau dengan luas lebih dari 600 kilometer ini. Lokasi titik ini berada di kawasan yang sangat terkenal sebagai lokasi wisata disana. Nama daerahnya adalah Tuk Tuk Siadong.

Di bukit yang menawan ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas yang pastinya wajib dilakukan. Kegiatan ini tak lain adalah mengabadikan momen kebersamaan dengan beberapa kerabata atau kegiatan liburan di sana. Titik ini juga sering dijadikan salah satu tempat favorit untuk melakukan pemotretan prewedding bagi sebagian pasangan.

Baca juga:  Keindahan Pulau Simeulue Aceh Terkini

Keindahan Pulau Samosir Di Tengah Danau Toba

4. Danau Sidohini

Meski Pulau Samosir sendiri berada tepat di tengah danau, namun di dalamnya juga terdapat danau berukuran mini. Tempat ini menjadi tujuan rekreasi yang unik dan pastinya akan membuat siapapun yang datang terpesona. Siapa yang mengira bahwa mereka akan menemukan sebuah pulau di dalam pulau itu, dan juga sebuah danau di pulau itu?

Meski berukuran cukup kecil dan mungkin hanya terlihat seperti genangan air biasa, kawasan ini tetap patut untuk dikunjungi. Pasalnya, objek wisata ini menawarkan pemandangan yang cukup indah berpadu dengan dataran tinggi dan beberapa tumbuhan alami.

5. Menikmati Air Terjun

Di pulau hasil letusan gunung berapi yang dahsyat ini, Anda juga bisa menemukan beberapa air terjun yang mengalir bebas. Salah satu daya tarik air yang mengalir dari ketinggian adalah Curug Sampuran. Ini adalah tempat yang sangat cocok untuk menikmati sesuatu yang berbeda dari Pulau Samosir. Air terjun ini memiliki beberapa batu di tengahnya yang membuatnya terlihat berbeda.

Selain itu, ada juga Binanga Bolon di kawasan Simalungun. Lokasinya ada di pojok pulau. Air terjun ini memiliki sesuatu yang berbeda dengan objek wisata sejenis. Hal ini dikarenakan lokasinya yang dikelilingi oleh berbagai tumbuhan hijau yang tumbuh rindang seolah menjadi penjaga sungai yang ada disana.

Di tempat wisata ini wisatawan dapat menikmati tempat yang indah dan asri dimana terdapat air sungai yang mengalir dari atas dan jatuh. Ini membuat lokasi seolah-olah digambarkan dalam kebanyakan dongeng.

Ada satu lagi air terjun yang mengalir di pulau ini. Yakni sebuah telaga bernama Situmurun Binangalom. Tempat ini menjadi sesuatu yang unik jika disandingkan dengan beberapa objek wisata serupa lainnya. Hal ini dikarenakan aliran air yang ada tidak jatuh ke sungai melainkan mengarah ke danau terluas di Indonesia.

Itulah sedikit ulasan tentang Keindahan Pulau Samosir Yang Menari Untuk Dikunjungi dari Menatapnegeri.com semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda, Terimaksih