Sumatra Barat Identik dengan Pulau Pamutusan

Sumatra Barat Identik dengan Pulau Pamutusan – mari kita simak artikel berikut ini. Sebagian orang akan mengetahui pulau pamutusan tersebut. Tapi, bagi yang pernah ke pulau-pulau, mungkin sudah berencana untuk kembali ke sana.

Sumatra Barat Identik dengan Pulau Pamutusan

Memang, Pulau Pamutusan adalah daerah yang terkenal dikelilingi oleh ratusan pulau kecil yang dihiasi perbukitan tekstur dan biota laut yang menakjubkan, Salah satunya adalah Pulau Pamutusan. Terletak di Teluk Bungus Kabung, Padang atau sekitar satu jam perjalanan dari kota pulau ini dikenal sebagai surga tersembunyi yang belum terjamah para pelancong.

Sumatra Barat Identik dengan Pulau Pamutusan

Keindahan Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan dapat dicapai dengan perahu kecil dari Pelabuhan Muara Kota Padang sekitar satu jam perjalanan ke arah barat laut. Pulau dengan luas 8 hektar ini memiliki pasir putih dan ditumbuhi pohon palem serta pohon bakau dan perbukitan yang masih hijau. Pulau ini diberi nama Pamutusan karena di sana semenanjung berubah menjadi tanah berpasir putih saat air surut. Untuk menjaga kebersihan pulau, bebas retribusi Rp15 ribu per orang oleh juru kunci pulau yang sehari-hari menetap di sana.

Pulau ini bagaikan kepingan surga yang tersembunyi di tengah Samudera Hindia yang belum terjamah oleh wisatawan karena belum pernah terekspos. Pulau ini sangat cocok bagi wisatawan penggemar atau fotografer landscape karena banyak terdapat spot-spot indah dengan hamparan pemandangan yang asri dan asri, meski ditempuh dengan sedikit tracking untuk mencapai puncak bukit.

Baca juga:  Keindahan Pulau Samosir Di Tengah Danau Toba

Selain itu, biota, ikan dan terumbu karang yang terdapat di laut sekitar pulau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar snorkling. Nah, untuk melepas penat setelah berwisata, ada sebuah pondok yang bisa singgah dan bersantai menikmati pemandangan alam pulau-pulau kecil yang terbentang di depannya.
Cukup merogoh kocek 350 ribu, pengunjung sudah bisa menginap di salah satu vila. Semoga Pulau Pamutusan yang merupakan salah satu surga di Sumatera Barat tidak masuk dalam daftar pulau perdagangan di tanah air.

Sumatra Barat Identik dengan Pulau Pamutusan

Ini adalah surga tersembunyi di daerah Padang dan kurang sering dikunjungi oleh wisatawan. Ini terlihat sangat indah dengan hamparan pantai berpasir putih, pemandangan yang menakjubkan dan pemandangan laut yang tenang.

Pulau Pamutusan Identik dengan Perbukitan

Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan bersama dengan pulau berpohon palem. Memiliki dua pulau yang terhubung rapi oleh hamparan pasir putih. Pulau ini populer untuk berbagai kegiatan seperti snorkeling, naik banana boat, berenang di sepanjang pantai, dll. Sangat menarik dengan air biru jernih dan pasir putih, cocok untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Sumatra Barat Identik dengan Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan memiliki bentuk yang memanjang dengan luas kurang lebih delapan hektar. Pulau ini menyatu dengan daratan utama pesisir selatan Bungus Teluk Kabung yang membentang luas. Di tengah-tengahnya, terdapat pantai kecil berpasir putih yang biasa menjadi tempat kumpul para wisatawan.

Baca juga:  9 Tempat Wisata Pesawaran yang Menarik Untuk Dikunjungi

Sepintas, tampak tidak ada yang istimewa dari pulau dan pantai ini. Namun ketika air laut pasang, pantai berpasir putih ini ikut tergenang air hingga tidak terlihat lagi. Daratan panjang Pulau Pamutusan pun seakan terbelah menjadi dua.

Fenomena unik ini akhirnya menjadi inspirasi nama Pamutusan yang berarti terputus dalam bahasa Minang. banyak destinasi wisata alam menarik, mulai dari danau, pegunungan, hingga pantai. Bila ingin berkunjung ke destinasi wisata yang belum banyak diketahui orang, Anda bisa datang ke Pulau Pamutusan di wilayah Bungus, Padang.

Pulau ini tidak terlalu besar, tetapi banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini. Pengunjung bisa puas bermain air, bersantai sambil menikmati keindahan matahari terbenam, hingga berkemah di tepi pantai. Demikianlah artikel Sumatra barat identik dengan Pulau Pamutusan. Semoga bermanfaat.