Pulau Maitara : Keindahan Alam di Maluku Utara

Pulau Maitara : Keindahan Alam di Maluku Utara – Maluku Utara memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Maluku Utara, yaitu Pulau Maitara mari simak ulasan berikut.

Pulau Maitara

Tak bisa dipungkiri keindahan pesona alam Indonesia, termasuk Pulau Maitara di Kepulauan Tidore, Maluku Utara yang digambarkan dalam mata uang seribu rupiah. Pulau kecil ini menyuguhkan keindahan panorama alam yang amat memanjakan mata.

Lokasi Pulau Maitara

Lantas, di manakah letak Pulau Maitara ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Maitara, Kec. Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Sejarah Dibalik Pulau Maitara di Uang Seribu Rupiah

Pulau Maitara : Keindahan Alam di Maluku Utara

Keindahan Pulau Maitara yang terletak di Maluku memang bisa dilihat saat melihat uang kertas seribu yang lama diluncurkan pada tahun 2000. Dimana pada uang kertas tersebut juga terdapat pulau Tidore dan Maitara yang mana sama-sama menunjukkan bahawa eksotisme lautan dan pegunungan yang menarik untuk dilihat.

Lalu mengapa kedua pulau tersebut diabadikan dalam uang kertas? Pasalnya, kedua pulau ini memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia. Dimana sejarah ini diawali dengan hadirnya sejenis tumbuhan bernama rempah-rempah di kedua pulau tersebut. Karena memiliki beragam manfaat, orang Portugis pun mengincarnya pada abad ke-16.

Baca juga:  Jantung Pulau Bintan Teluk Lagoi Bay

Apabila diitelaah lebih mendalam, bahwa penjajah Portugis untuk pertama kali memasuki kepulauan lepas, sehingga menaklukkan Malaka pada tahun 1512, yang selanjutnya beralih ke Kepulauan Maluku. Di Pulau Maitara yang indah inilah penjajah dari Portugis untuk pertama kali menginjakkan kaki di daerah Maluku.

Selanjutnya, melalui penaklukan militer dan juga aliansi dengan penguasa lokal, mereka juga mendirikan beberapa pos dan benteng. Sementara itu, untuk mendirikan misi dagang di Indonesia bagian timur, mereka menjadikan cengkeh dan pala sebagai komoditas perdagangan utama.

Bunga cengkeh sendiri merupakan rempah-rempah yang tergolong tertua dan paling terkenal dan telah digunakan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Perlu diketahui juga bahwa pohon cengkeh merupakan salah satu tanaman asli kepulauan Maluku dan dikenal sebagai Kepulauan Rempah. Sedangkan pala sendiri merupakan tanaman buah dari pohon tinggi asli Indonesia yang berasal dari daerah Banda dan Maluku.

Daya Tarik Pulau Maitara

Pulau Maitara : Keindahan Alam di Maluku Utara

Pulau cantik ini memiliki luas kurang lebih 106 hektar yang di sekitarnya terdapat hamparan pantai yang bersih dan pesona pasir putih yang menarik untuk dinikmati keindahannya. Tentu saja, pada saat menyusuri garis pantai di atas pasir putih ini daat menjadi pengalaman liburan yang sangat berkesan.

Selain pasir putih yang memikat pesona, air laut di sekitar Pulau Maitara juga sangat biru dan jernih. Anda dapat melihat ini dari kejauhan sekalipun. Konon, keindahan air laut juga dibuktikan dengan banyaknya ikan-ikan kecil yang berenang bebas di lautan.

Baca juga:  Pantai Pulau Merah : Bukit Dengan Bukit Hijaud dan Tanah Merah

Mengagumi pesona pulau ikonik, Anda juga akan melihat pemandangan sekitarnya yang cukup alami. Dimana hal ini terbukti karena sampai saat ini belum terlihat adanya sampah atau polusi udara yang mencemari lingkungan sekitar, padahal sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pulau ini.

Itulah sedikit ulasan Pulau Maitara : Keindahan Alam di Maluku Utara dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.