Pulau Lengkuas : Pulau nan Cantik di Bangka Belitung

Pulau Lengkuas : Pulau nan Cantik di Bangka Belitung – Kepulauan Bangka Belitung memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata Pulaunya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bangka Belitung, yaitu Pulau Lengkuas simak ulasan berikut.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau kecil yang indah dan unik di Sijuk, Belitung yang memiliki ikon mercusuar kuno Belanda. Pulau kecil ini memiliki pantai berpasir putih, bebatuan granit besar dan keindahan bawah laut yang memukau.

Lokasi Pulau Lengkuas

Lantas, di manakah letak Pulau Lengkuas ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Daya Tarik Pulau Lengkuas

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pulau Lengkuas.

1. Mercusuar Tua Peninggalan Kolonial

Pulau Lengkuas : Pulau nan Cantik di Bangka Belitung

Hal ini seolah menjadi daya tarik utama yang menjadi ciri khas dari tempat tersebut. Mercusuar tersebut seolah menjulang tinggi menjadi ikon pulau tersebut. Saat pengunjung sedang dalam perjalanan dan hampir sampai ke tujuan, ikon itulah yang akan langsung menyapa semua orang. Beberapa bangunan juga menghiasi tampilan di bawah ini.

Baca juga:  Wisata Pulau Banyak : Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis

Mercusuar putih yang bersinar saat terkena sinar matahari adalah simbol dari tempat itu. Pulau Lengkuas tidak hanya menjadi latar belakang yang bagus untuk foto-foto yang diambil, tetapi melihatnya saja sudah cukup mengesankan bagi wisatawan yang berlibur.

Keberadaan mercusuar yang berusia lebih dari 100 tahun ini memang membuat pulau di barat laut Belitung ini menarik banyak orang. Tak jarang orang sengaja pergi ke sana untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah pengambilan adegan untuk film yang dibuat.

Tempat ini sudah beberapa kali dikunjungi oleh para sutradara Indonesia untuk mencari inspirasi dalam berkarya menghasilkan berbagai film yang menarik untuk ditonton. Bahkan, beberapa karya anak bangsa juga telah diakui kualitasnya dengan memberikan berbagai penghargaan bergengsi.

2. Pantai Pasir Putih yang Menenangkan

Pulau Lengkuas : Pulau nan Cantik di Bangka Belitung

Seperti kebanyakan pulau-pulau kecil di seluruh Nusantara, ternyata pulau mungil di sebelah timur Sumatera ini juga memiliki pantai pasir putih yang terbentang di tepiannya. Hamparan pasir putih yang cukup mencolok bagi wisatawan bila cukup dekat dengan Pulau Lengkuas terlihat bersih dan menarik untuk dijelajahi bersama atau sendiri.

Pasir putihnya cukup lembut ketika menyentuh kulit kaki. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang datang ke sana bertelanjang kaki saat menjelajahi pantainya yang menakjubkan. Objek wisata ini juga menjadi ikon khusus yang menyatu dengan objek wisata sebelumnya yaitu mercusuar tua berwarna putih.

Baca juga:  Pantai Ngobaran : Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Tidak banyak karang yang ditemukan oleh pengunjung, sehingga cukup aman dijadikan lokasi untuk menikmati lebih banyak lagi di kawasan yang cukup terpencil ini. Pantai ini juga memiliki beberapa vegetasi alami yang tak kalah menarik dari pasir di kawasan tersebut.

Pengunjung juga sering melakukan aktivitas fotografi di permukaan batu karang. Seakan lanskap ini adalah dasar yang disediakan oleh alam semesta sebagai pijakan yang tepat untuk memotret keindahan pulau secara keseluruhan.

3. Penangkaran Penyu di Bagian Tengahnya

Di kawasan Pulau Lengkuas ternyata juga terdapat tempat penangkaran hewan laut yang sudah terancam punah. Sebuah kawasan konservasi kecil berdiri di tengah dan cukup menarik untuk dikunjungi oleh siapa saja yang berkunjung ke pulau ini. Beberapa koleksi hewan menggemaskan dapat ditemukan oleh wisatawan.

Penyu sudah terancam karena berbagai hal, salah satunya pencemaran laut. Oleh karena itu, pemerintah secara sadar membentuk kawasan untuk melestarikan satwa, khususnya penyu hijau. Tipe ini bahkan lebih sulit ditemukan jika dibandingkan dengan berbagai varian lainnya.

Penyu hijau yang dibudidayakan di zona ini akan tetap dilepasliarkan ke laut untuk kembali ke habitat aslinya. Penangkaran hanya menampung mereka ketika mereka masih kecil dan membutuhkan tempat yang aman dari predator yang mematikan atau terpengaruh oleh kerusakan alam yang terjadi.

Itulah sedikit ulasan Pulau Lengkuas : Pulau nan Cantik di Bangka Belitung dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.