Keindahan Pulau Kemaro Yang menarik Para Wisatawan

Keindahan Pulau Kemaro Yang menarik Para Wisatawan – Tak akan ada habinya bila membahas tentang wisata Palembang, Palembang memang kaya akan wisatanya Mulai dari wisata pulau, gunung, taman, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas tentang salah satu wisata yang ada di Palembang, yaitu Pulau Kemaro destinasi favorit wisatawan.

Keindahan Pulau Kemaro

Pulau Kemaro, sebuah delta kecil yang unik di Sungai Musi, Palembang. Pulau yang penuh dengan legenda ini menawarkan pengalaman wisata sejarah dan religi yang menarik untuk dijelajahi untuk petualangan liburan yang berkesan.

Lokasi Pulau Kemaro

Bagi wisatawan yang akan berwisata di Pulau Kemaro pasti mengetahui lokasi pulau ini. Pulau ini terletak di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Keberadaannya tidak terlalu jauh dengan jarak tempuh sekitar 6 km dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin.

Untuk aksesibilitas menuju pulau ini wisatawan dapat mengambil jalur air yaitu melalui Dermaga Benteng Kuto Besak. Karena pulau ini terletak di tengah Sungai Musi, wisatawan harus menyewa perahu untuk menuju pulau ini. Anda tidak perlu khawatir karena perahu ini akan mengantar turis pulang pergi.

Biaya sewa kapalnya pun tidak terlalu mahal, dengan kisaran harga Rp50.000 hingga Rp70.000 saja. Dengan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat tujuan yaitu sekitar 30 menit.

Baca juga:  Keindahan Wisata Pulau Balak Pesawaran Lampung

Daya Tarik Pulau Kemaro

Berikut adalah daya tarik yang berada di Pulau Kemaro, diantaranya.

1. Terdapat Bangunan Pagoda

Keindahan Pulau Kemaro Yang menarik Para Wisatawan

Daya tarik paling menonjol dari pulau ini adalah bangunan yang disebut pagoda. Pagoda adalah tempat suci bagi orang-orang yang beragama Budha. Meski pada awalnya pagoda hanya ada di Myanmar, Anda juga bisa menemukan pagoda di area pulau ini. Pagoda di kawasan ini juga memiliki seni arsitektur yang cukup menawan.

Pagoda ini dibangun dengan 9 lantai dan menjulang ke atas. Sedangkan untuk dinding pagoda menceritakan legenda pulau ini. Selain itu, selain pagoda juga terdapat tempat peribadatan berupa Kelenteng Hok Tjing Rio. Pura ini juga dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Klenteng Kuan Im. Pagoda ini terletak di tengah Pulau Kemaro.
Bagian atas pagoda ini juga digunakan sebagai sarana pemujaan bagi umat Budha. Karenanya, pagoda ini selalu ramai dikunjungi saat Tahun Baru Imlek dan hari raya umat Budha lainnya.

2. Kampung Air

Daya tarik pulau ini selain bangunan pagoda adalah desa air. Desa air di pulau ini baru saja dibebaskan atau dibangun. Nah, pionir pengembangan desa air ini adalah Bank Indonesia melalui program CSR. Meski masih dalam tahap pembangunan, desa air ini selalu mengalami perkembangan yang lebih baik.

Disebut desa air karena terdapat desa di atas sungai. Untuk memikat hati para wisatawan, rumah-rumah warga di desa ini juga diwarnai dengan warna-warni yang membuat desa ini semakin menarik. Selain itu juga terdapat menara merah di desa ini.

Baca juga:  Pulau Sembilan : Tujuan Favorit Para Pecinta Snorkeling

Keindahan Pulau Kemaro Yang menarik Para Wisatawan

3. Perayaan Cap Go Meh

Tak jarang Cap Go Meh merayakannya di tempat ini. Karena tempat ini memiliki pagoda yang merupakan pusat spiritual agama Buddha. Banyak orang yang berduyun-duyun ke tempat ini saat hajatan tiba karena dianggap keramat.

Perayaan Cap Go Meh biasanya ditandai dengan hadirnya berbagai lampion dan lilin di sepanjang Sungai Musi. Perayaan Cap Go Meh ini biasanya dilakukan dengan berdoa bersama dan juga melepasliarkan burung sebagai tempat bersilaturahmi.

Itula beberapa ulasan tentang Keindahan Pulau Kemaro Yang menarik Para Wisatawan oleh Menatapnegeri.com, semoga bermnfaat dan bisa menjadi Referensi liburan anda selanjutnya.