Pulau Burung : Pulau Cantik Ikonik di Belitung

Pulau Burung : Pulau Cantik Ikonik di Belitung– Bangka Belitung memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bangka Belitung, yaitu Pulau Burung simak ulasan berikut.

Pulau Burung

Pulau Burung merupakan salah satu objek wisata bahari yang sangat menawan keindahannya di Tanjung Binga, Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini menyuguhkan batu granit yang memiliki bentuk seperti kepala burung, pantai pasir putih dan air yang jernih.

Lokasinya yang jauh dari pusat keramaian menjadikannya unggul sebagai area relaksasi. Dibandingkan dengan jajaran destinasi serupa di Kabupaten Belitung Barat, tempat ini juga masih kalah populer sehingga suasananya terbilang sepi. Tak heran, Anda akan merasa seolah-olah sedang jalan-jalan di pulau pribadi saat datang ke sini.

Lokasi Pulau Burung

Lantas, di manakah letak Pulau Burung ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Daya Tarik Pulau Burung

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pulau Burung.

Pulau Burung : Pulau Cantik Ikonik di Belitung

1. Panorama Daratan yang Menawan

Rumpun pohon kelapa memenuhi lahan yang memiliki luas sekitar 2 hektar. Ia tumbuh subur di berbagai sudutnya. Menawarkan tekstur pasir yang sangat halus menyentuh sela-sela kaki. Belum lagi, pancaran sinar matahari di permukaan air laut menghasilkan kilauan seperti permata.

Batuan granit tersebar hampir ke segala arah, terutama di daerah perairan. Mulai dari ukuran kecil hingga raksasa. Memiliki tekstur yang cenderung halus dengan nuansa abu-abu seolah memanggil pengunjung untuk beristirahat di atasnya. Tak pelak, spot ini menjadi favorit para pemburu foto. Bisa digunakan untuk sekedar melihat-lihat suasana atau sebagai sarana untuk beristirahat.

Baca juga:  Jantung Pulau Bintan Teluk Lagoi Bay

Keunggulan lainnya, deru ombak di sini terdengar tenang saat menyapa indera pendengaran. Angin sepoi-sepoi membelai wajah, disertai dengan bau air asin yang naik. Kondisi paling stabil bagi pecinta ketenangan.

2. Keindahan Sunset dan Sunrise

Apakah Anda sering menonton video matahari tenggelam di balik lautan di internet? Di tempat ini pemandangan seperti itu adalah sebuah keniscayaan. Posisi Pulau Burung yang membentang di lautan lepas sangat menguntungkan para pemburu sunset dan sunrise.

Perubahan saturasi dari jingga tua menjadi kuning keemasan mulai terjadi saat matahari perlahan terbit di ufuk timur. Sebaliknya, warna jingga kemerahan akan kontras dengan suasana sekitar saat matahari terbenam.

Menariknya, kedua momen tersebut seolah muncul dari balik lautan, sehingga semakin sulit untuk dilupakan. Kilauan dibiaskan di permukaan air dan terlihat seperti bayangan.

Pulau Burung : Pulau Cantik Ikonik di Belitung

3. Celah Bebatuan Membentuk Laguna Saat Air Surut

Laguna adalah kolam air asin seperti danau yang biasanya ditemukan di dekat pantai. Terbentuk karena adanya sekat-sekat seperti batu, pasir, koral, dan sejenisnya. Laguna umumnya terpisah dari lautan, namun di Pulau Burung berada di kawasan laut yang hanya muncul saat air surut.

Terbentuk oleh celah sempit dari kumpulan batuan granit. Tak heran, situasi di sini menjadi lebih tenang dibandingkan titik lokasi lainnya. Spot yang tepat untuk menyelam, berenang, atau sekedar berendam. Anda tidak perlu khawatir walaupun mengajak anak kecil bermain karena ombaknya relatif aman.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau

Berikut adalah beberapa penginapan murah yang dekat dari lokasi pulau ini

1. Truntum Village

Sebuah bangunan sederhana yang menghadirkan suasana kekeluargaan. Mulai dari plafon, furniture, hingga dinding menggunakan material kayu. Bisa dibilang, penginapan ini jauh dari kesan terlalu mewah, didominasi dengan warna coklat yang mengkilat. Meski begitu, tetap bisa membuat tamu nyaman.

Baca juga:  Keindahan Alam Serta Tempat Penginapan di Pulau Mandeh

Kamar mandinya dilengkapi dengan shower, bidet, perlengkapan mandi, wastafel, dan gantungan baju. Ada meja, kursi, AC, televisi dengan tempat tidur queen di kamar tidur. Halaman depan diberi paving block dengan area parkir yang cukup luas. Pemandangannya terlihat manis karena terdapat sejumlah tanaman hias yang memenuhi sudut-sudut tertentu.

2. Sheraton Belitung Resort

Fasilitas yang akan didapatkan tentunya tidak main-main karena tarif per malamnya mencapai nilai nominal Rp. 1,5 juta. Televisi layar datar, tempat tidur king, kamar mandi en suite, dan seperangkat alat untuk memenuhi semua kebutuhan tamu. Ada kolam renang, pusat kebugaran, dan bahkan SPA.

Lingkungan bersih, luas, dan nyaman. Terdapat area balkon di kamar tidur yang langsung menghadap ke taman. Aneka tanaman hias, pohon kelapa, dan hamparan laut biru siap menyambut Anda. Warna-warna pastel dan netral mendominasi desain interior. Putih dan kuning keemasan menciptakan kesan berkelas.

3. Swiss-Belresort Belitung

Fasilitas kamar meliputi area yang sangat luas, kursi, meja, AC, kamar mandi dalam dengan bathtub dan shower. Ruangan itu dipermanis dengan lukisan dan pot-pot kecil berisi bunga-bunga hias. Tempat tidur ukuran king terlihat empuk. Ada taman yang indah di sekitar resor. Area parkir sangat luas.

Resepsionis siaga 24 jam, paket makan siang dan makan malam, bar, dan banyak lagi. Dapatkan skor 8,6 di Traveloka. Tarif per malam mulai dari Rp 450.000. Terletak di Jalan Tanjung Kelayang, 3,51 km dari Pulau Burung.

Itulah sedikit ulasan Pulau Burung : Pulau Cantik Ikonik di Belitung dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.