Keindahan Wisata Pulau Balak Pesawaran Lampung

Keindahan Wisata Pulau Balak Pesawaran Lampung – Salah satu destinasi wisata pantai di Kota Bandar Lampung yang banyak diminati wisatawan saat ini adalah Pulau Balak. Pulau Balak terletak di kawasan Teluk Pidada, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Selain eksotis, pulau dengan suasananya yang tenang ini membuat setiap wisatawan yang datang ke pulau ini serasa berada di pulau sendiri.

Pulau dengan luas sekitar 200 hektar ini menawarkan pemandangan yang tak kalah cantik dari pulau-pulau lain di Lampung. Pulau ini merupakan salah satu dari 3 pulau kecil di Teluk Pidada. Kedua pulau tersebut adalah Lunik dan Lok atau Helok. Nama Pulau Balak berasal dari bahasa Lampung yaitu Balak yang artinya besar, dan pulau ini merupakan pulau terbesar di antara 2 pulau lainnya. Di atas lahan seluas 200 hektar, Anda bisa melihat kombinasi bebatuan Padas di sisi timur dan selatan serta pasir putih di sisi barat dan utara.

Informasi Tentang Pulau Balak

Berikut beberapa informasi yang akan saya ulas tentang wisata pulau balak:

Lokasi Pulau Balak

Pulau ini terletak di gugusan pulau di Teluk Lampung. Letaknya di dekat pulau Lunik dan Loh yang memiliki panorama yang indah. Pulau ini berjarak kurang lebih 76 km dan membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam bila berkendara dari Banadar Lampung.

Baca juga:  Informasi Terkini dari Puncak Mas Lampung Dengan Lengkap

Pulau Balak

Rutenya melewati Jalan Way Ratai dan kemudian melalui laut dari Dermaga Ketapang Pesawaran. Pulau Balak sendiri merupakan bagian dari Teluk Punduh Pidada di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Jika dari Pelabuhan Ketapang, para tamu akan menempuh perjalanan dengan kendaraan laut dalam waktu kurang lebih dua jam. Dari Dermaga Ketapang ini, para tamu dapat mencari jasa penyeberangan perahu. Lokasi tepatnya dapat dilihat menggunakan peta Google.

Perjalanan yang harus ditempuh sebelumnya adalah dari Bandar Lampung menuju Dermaga Ketapang. Ini dapat dicapai dengan transportasi umum, mengambil mobil Anda dari Teluk Betung Bandar Lampung.

Pulau Balak

Fasilitas Yang Terdapat Di Pula Balak

Beberapa fasilitas yang ada, seperti Kamar dan Kamar mandi, WC, dan mushola sudah tersedia. Dari segi akomodasi, pihaknya belum menyediakan makanan bagi wisatawan yang menginap di pulau tersebut.

Keindahan dan Keistimewaan

Setibanya di pulau itu, para tamu akan disambut dengan pasir putih halus dan laut yang jernih seperti kaca. Pasir dan air pasti menarik pengunjung untuk bermain. Apalagi Pulau Balak memiliki keindahan bawah laut yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan mungkin tidak lebih buruk dari yang ada di Pulau Pahawang dan Tegal Mas.

Menikmati keindahan surga bawah laut dengan berbagai terumbu karang dan berbagai spesies laut lainnya seperti ikan-ikan cantik yang bisa dirasakan saat menyelam ke dalam laut. Bagi para tamu yang suka snorkeling, tempat ini dinilai sangat cocok untuk memuaskan hasrat snorkeling anda.

Baca juga:  5 Destinasi Wisata di Lampung yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pulau Balak

Salah satu ciri alam bawah laut perairan di Pulau Balak adalah komposisi terumbu karangnya yang sangat kompak. Terumbu karang seperti Oxypora lacera, Pectinia lactuca dan Montipora digitata sangat mudah ditemukan di sana.
Demikian pula ikan hias dari berbagai jenis dan warna hidup di antara terumbu karang. Jika beruntung, Anda mungkin menemukan kura-kura bertelur di pantai Pulau Balak pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Perpaduan antara pemandangan pantai dan panorama bawah laut yang ada di sini semakin istimewa karena lokasinya yang masih sangat sepi. Mengunjungi pulau ini seperti berada di pulau pribadi. Jika ingin merasakan suasana pulau pribadi ada baiknya mengunjungi Pulau Balak yang ada di Lampung.

Pulau berpasir putih ini ditumbuhi pohon kelapa yang tinggi dengan vegetasi yang agak lebat. Suasananya yang sepi memberikan kesan pulau tersendiri. Tempat-tempat dengan panorama yang indah baik di tepi laut maupun di bawah air, serta keistimewaan seperti pulau pribadi tentunya bisa menjadi alasan mengapa Anda harus mengunjungi tempat ini.

Itulah beberapa ulas tentang wisata di Pulau Balak Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi referensi liburan anda.