Pantai Widara Payung Cilacap, Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket

Pantai Widara Payung Cilacap, Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket – Cilacapmemang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Cilacap, yaitu Pantai Widara Payung mari simak ulasan berikut.

Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung merupakan salah satu destinasi wisata bahari favorit warga Cilacap yang menyuguhkan pesona alam yang masih asri serta didukung dengan fasilitas wisata yang memadai.

Lokasi Pantai Widara Payung

Lantas, di manakah letak Wisata Pantai Widara PayungIni? Wisata ini berada tepat di Alamat: Widarapayung Wetan, Sidayu, Kec. Binangun, Kab. Cilacap. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang dipatok masuk kawasan Pantai Widara Payung sangat terjangkau yaitu Rp 2.500 untuk satu orang. Dengan biaya yang murah, Anda sudah bisa menikmati berbagai keindahan alam di pinggir pantai.

Namun, tiket masuknya bisa sampai Rp 5.000. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan jalan masuk menuju lokasi pantai. Perlu anda ketahui bahwa untuk menuju lokasi pantai, terdapat tiga buah pintu gerbang yang bisa anda lalui, dimana setiap pintu menerapkan tarif masuk yang berbeda-beda.

Baca juga:  Pantai Kesirat : Spot Camping Favorit di Gunung Kidul Jogja

Daya Tarik Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung Cilacap, Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket

Daya tarik apa saja yang ada Pantai Widara Payung? Mari simak pembahasan berikut.

1. Wisata Alam yang Masih Asri

Pantai cantik yang terletak di daerah Cilapcap ini adalah wisata bahari yang memiliki banyak pohon kelapa berjejer di sekitar pantai. Pemandangan ini merupakan keindahan tersendiri dari pantai ini. Selain pohon kelapa, banyak juga jenis tumbuhan hijau lainnya yang tumbuh di sekitar pantai.

Inilah kenapa udara di pantai ini terasa begitu sejuk. Lokasi wisata ini juga terbilang bersih. Komunitas tempat para wisatawan berada juga sangat bersahabat dengan wisatawan yang datang ke Pantai Widara Payung.

2. Tur Pulau Nusakambangan

Di seberang kawasan pantai terdapat sebuah pulau yang cukup terkenal di kawasan ini. Pulau tersebut adalah Pulau Nusakambangan. Jika ingin mengunjungi pulau ini, Anda bisa menggunakan perahu yang telah disediakan oleh pengelola tur. Ongkos wisata ke Pulau Nusakambangan terbilang cukup murah, dengan Rp 10.000 sudah sampai di pulau tersebut. Tarif ini adalah biaya transportasi dengan kapal. Bahkan perahu yang akan membawa penumpang ke Pulau Nusakambangan dikenakan biaya tersendiri saat parkir di sekitar pantai, yakni sekitar Rp. 12.000.

3. Acara Sedekah Bumi

Di bulan Syura, di Pantai Widara Payung diadakan acara sedekah bumi. Acara ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat desa setempat yang diwariskan secara turun-temurun. Tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai cara bersyukur atas kelimpahan rezeki yang didapat selama hidup.

Dalam acara ini juga diucapkan doa agar Tuhan senantiasa melimpahkan berkah. Anda bisa menyaksikan semua prosesi sedekah bumi hanya jika Anda datang di bulan Syura.

Baca juga:  Taman Nasional Baluran : Keindahan Pesona Alam di Situbondo

Fasilitas Pantai Widara Payung

Fasilitas yang terdapat di pantai ini cukup banyak. berikut diantaranya:

1. Tempat Parkir

Tempat parkir telah disediakan oleh pengelola tur. Berbeda dengan lokasi wisata lain yang mengharuskan Anda membayar biaya parkir, di sini Anda tidak lagi diwajibkan membayar biaya parkir.

2. Toilet

Pantai Widara Payung juga dilengkapi dengan fasilitas toilet. Jadi tidak perlu mencari toilet di lokasi yang jauh dari lokasi wisata. Karena sangat mungkin Anda membutuhkan fasilitas ini, baik untuk buang air besar maupun untuk mencuci kaki.

3. Tempat Pemandian

Pemandian ini bisa anda gunakan saat bermain di pantai hingga bermain di air, sehingga pakaian anda juga ikut basah dan mengharuskan anda untuk mandi. Selain itu tempat pemandian ini juga sering digunakan oleh para wisatawan setelah selancar.

4. Tempat Makan

Di sekitar pantai terdapat berbagai rumah makan yang menyajikan menu yang cukup variatif. Karena lokasinya di sekitar pantai, banyak restoran yang menyajikan menu seafood. Selain itu, ada juga beberapa tempat yang menyajikan makanan khas Cilacap. Jadi kalau Anda berasal dari luar Cilacap bisa mencobanya.

5. Kolam Renang

Tidak semua pantai menyediakan fasilitas kolam renang, hanya sedikit pantai yang menyediakan fasilitas ini. Biasanya anak-anak yang suka bermain di kolam renang adalah anak-anak. Usai bermain-main di sekitar pantai, anak-anak biasanya tertarik berenang untuk menambah kesegaran tubuh.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Widara Payung Cilacap, Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.