Pantai Sedahan : Keindahan Panorama Gunung Kidul

Pantai Sedahan : Keindahan Panorama Gunung Kidul – Jogja memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata pantainya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jogja, yaitu Pantai Sedahan mari simak ulasan berikut.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan adalah salah satu pantai yang populer dan menawan di Gunung Kidul, Jogja yang menarik untuk dijelajahi. Tempat wisata yang tersembunyi di antara perbukitan karang ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang lembut, ombak khas pantai selatan dan cocok dijadikan sebagai tempat camping.

Lokasi Pantai Sedahan

Lantas, di manakah letak Pantai Sedahan ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Setiap pengunjung yang akan memasuki Pantai Sedahan akan dikenakan tiket masuk. Tarifnya sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk tiket masuknya. Jika membawa kendaraan sendiri, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Baca juga:  Spot Favorit Wisata Pantai di Lampung Selatan

Karena pantai ini menyediakan fasilitas camping, Anda harus membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per tenda. Jika tidak membawa tenda, tidak perlu khawatir karena disini juga terdapat persewaan tenda dengan harga yang bervariasi.

Daya Tarik Pantai Sedahan

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pantai Sedahan.

1. Bukit Karang yang Menyembunyikan Pantai Sedahan

Pantai Sedahan : Keindahan Panorama Gunung Kidul

Daya tarik yang paling membuat penasaran adalah bukit karang yang berdiri kokoh di sisi kanan dan kiri pantai. Keberadaan dua bukit karang ini seolah menyembunyikan keberadaan pantai pasir putih ini.

Selain itu, dari kedua bukit ini pengunjung biasanya menikmati pemandangan pantai yang lebih luas. Meski untuk mencapai puncak bukit karang ini membutuhkan perjuangan, namun saat berada di puncak, Anda bisa melihat pemandangan pantai ini dari perspektif yang lebih luas yang jauh lebih menakjubkan.

2. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Eksotis

Pantai Sedahan : Keindahan Panorama Gunung Kidul

Saat mengunjungi objek wisata pantai, pemandangan momen sunset atau sunrise menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Inilah daya tarik lain yang ditawarkan oleh pantai yang terletak di Desa Jepitu ini.

Pemandangan sunset atau matahari terbit bisa dinikmati langsung di pantai atau dari atas bukit karang di kedua sisi pantai. Kedua bukit karang ini biasanya menjadi spot favorit pengunjung untuk menikmati sunset.

3. Pantai Tempat Mendarat Penyu-Penyu

Anda tidak harus jauh-jauh datang ke Bali jika ingin melihat penyu bertelur. Pantai Sedahan yang masih sangat bersih dan asri seringkali menjadi tempat pendaratan penyu sekaligus tempat bertelur.

Baca juga:  Pantai Pulau Merah : Bukit Dengan Bukit Hijaud dan Tanah Merah

Beberapa jenis penyu langka bahkan sering terlihat bertelur di sekitar pantai ini. Namun sebaiknya pengunjung tidak mengganggu proses bertelur dan tidak mengambil telur penyu agar kelestariannya tetap terjaga. Anda cukup melihat dan menikmati aktivitas penyu ini dari jauh.

4. Air Laut yang Jernih dan Berpasir Putih

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke pantai tanpa menikmati pemandangan yang ada di depan mata. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih halus yang membentang. Ditambah dengan air laut yang jernih dengan ombak yang tidak begitu besar semakin mempercantik pemandangan di pantai ini.

Itulah sedikit ulasan Pantai Sedahan : Keindahan Panorama Gunung Kidul dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.