Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, Yogyakarta

Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, Yogyakarta– Yogyakarta memang kaya akan destinasi wisatanya mulai dari wisata sejarah, wisata alam, dan masih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta, yaitu Pantai Pok Tunggal mari simak ulasan berikut.

Keindahan Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai menawan yang menarik untuk dijelajahi di Gunung Kidul. Pantai pasir putih yang menawarkan keindahan yang mempesona dan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tepus, salah satu desa di Kabupaten Gunung Kidul. Itu diapit oleh Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal dan Pantai Siung. Anda bisa menggunakan mobil, motor, atau angkutan umum.

Akses menuju lokasi wisata ini cukup mudah. Jika Anda berasal dari Wonosari, Yogyakarta, Wonogiri, Klaten, Sukoharjo, dan Solo akan lebih mudah untuk sampai ke tempat wisata tersebut. Bagi Anda yang bukan berasal dari kota-kota tersebut, Anda bisa menggunakan jalur Yogyakarta agar lebih mudah.

Jika berangkat dari Yogyakarta akan menempuh perjalanan selama 2 jam atau 80 kilometer. Pergilah menuju Wonosari dari Yogyakarta. Kemudian belok ke selatan menuju tepus. Setelah itu, Anda akan menemukan gerbang retribusi dan pertigaan. Setelah itu, belok kiri dan tujuan Anda sudah terlihat.

Baca juga:  Pantai Balangan : Pantai Favorit Para Peselancar

Anda juga bisa menggunakan beberapa angkutan umum seperti bus umum atau angkutan umum lainnya. Carilah angkutan umum yang berhenti di terminal bus kota Gunung Kidul. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan sewaan lainnya untuk mencapai Pantai Pok Tunggal.

Keindahan Pantai Pok tunggal Gunung Kidul, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk

Rata-rata tempat wisata alam di Indonesia mematok harga yang cukup murah bagi wisatawan lokal. Ini juga berlaku untuk Pantai Pok Tunggal. Harga tiket masuk sekitar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil dan Rp10.000 untuk minibus.

Untuk kamu yang ingin berkemah harus membayar biaya tambahan. Harga sewa area camping mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 untuk setiap tenda per malam. Untuk tenda dan perlengkapan camping lainnya harus di bawa dari rumah karena tidak ada persewaan alat tersebut di kawasan wisata ini.

Daya Tarik Pantai Pok Tunggal

 

Daya tarik apa saja yang ada di pantai pok tunggal? Simak penjelasan berikut.

1. Keindahan Alam

Tak bisa dipungkiri, pantai ini memiliki keindahan yang bisa membuat orang tersipu malu melihatnya. Hamparan pasir putih yang luas, angin pantai yang segar, dan air pantai yang jernih membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini. Sebab, banyak pula turis asing yang menghabiskan waktu liburannya di tempat itu.

2. Pohon Duras

Keindahan Pantai Pok tunggal Gunung Kidul, Yogyakarta

Nama tempat ini berasal dari sebuah pohon yang ada di tepi pantai ini. Hanya ada satu pohon, jadi warga sekitar betul-betul merawat pohon tersebut. Para wisatawan yang datang untuk berlibur dilarang keras merusak pohon ini karena merupakan ciri utama dari Pantai Pok Tunggal.

Baca juga:  Keindahan Pantai Trikora, Hamparan Pasir Pesisir Bintan

3. Bersih dari Sampah

Pantai ini terbilang cukup bersih jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Manajemen dan warga setempat telah menetapkan aturan larangan membuang sampah di kawasan wisata. Mereka tak segan-segan memberikan sanksi berat bagi wisatawan yang tidak membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

4. Keindahan Sunset

Saat sore hari telah tiba, banyak wisatawan yang memenuhi pantai Andalan Gunung Kidul ini. Suasana dan pemandangan sunset yang indah membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Selain itu, tempatnya bisa dikatakan cukup romantis jika dijadikan sebagai destinasi liburan bersama pasangan.

Demikianlah ulasan tentang Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, Yogyakarta dari Menatapnegeri.com, Semoga bermanfaat dan bisa menajadi referensi liburdan anda selanjutnya, Terimakasih.