Pantai Parangtritis, Pantai Terpopuler di Yogyakarta

Pantai Parangtritis, Pantai Terpopuler di Yogyakarta – Yogyakarta Memang kaya akan wisatanya mulai dari wisata edukasi, wisata sejarah hingga wisata alamnya. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta, Yaitu Pantai Parangtritis mari simak ulasan berikut.

Keindahan Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terindah dan eksotis di Bantul Jogja. Pantai yang menyuguhkan panorama alam yang mempesona, spot untuk menikmati matahari terbenam dan penuh dengan cerita misteri.

Lokasi Pantai Parangtritis

Pantai bernuansa sunset romantis ini terletak di Desa Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, sehingga akses menuju lokasi sangat mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ada dua jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju pantai ini. Rute pertama berangkat dari kota Yogyakarta lewat Jl. Parangtritis menuju Kretek. Rute kedua adalah berangkat dari kota Yogyakarta melalui Imogiri.

Jika melalui kretek, Anda akan melewati jalan raya yang ramai di sepanjang jalan. Sedangkan jika melalui Imogiri, jalan yang Anda lalui lebih sepi dan tidak terlalu ramai.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin liburan ke pantai pasir hitam ini tidak perlu khawatir karena harga tiket wisata di pantai ini cukup terjangkau. Objek wisata pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Namun pintu masuk hanya dijaga petugas mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Harga tiket masuk wisatawan adalah Rp 10.000 per orang.

Baca juga:  16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Diminati Para Pengunjung

Jika berangkat menggunakan kendaraan roda dua, Anda hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jika Anda ingin menyewa ATV untuk Anda gunakan di sekitar pantai, Anda akan dikenakan biaya Rp 100.000 dengan durasi selama 30 menit. Jika ingin merasakan sensasi naik delman di pinggir pantai akan dikenakan biaya Rp 20.000 per putaran.

Daya Tarik Pantai Parangtritis

Banyak orang yang menyebut pantai ini dengan nama pantai selatan. Sebutan pantai selatan melekat pada pantai ini karena terletak di sebelah selatan Kota Yogyakarta dan berada di tepi Samudera Hindia. Pantai ini juga terkenal dengan legenda dan mitosnya yang beredar di kalangan masyarakat luas. Tak heran jika kawasan pantai ini paling banyak dikunjungi wisatawan saat musim liburan.

1. Pantai Legendaris

Pantai Parangtritis, Pantai Terpopuler di Yogyakarta

Pantai Parangtritis sangat populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara dengan cerita-cerita legendarisnya. Konon ada kerajaan gaib di sekitar pantai ini yang dipimpin oleh seorang penguasa laut selatan bernama Nyi Roro Kidul.

Orang yang mempercayai legenda tersebut mengatakan bahwa kereta kuda Nyi Roro Kidul sering muncul di tengah laut. Kereta kuda berjalan di atas permukaan laut dan dikendarai oleh Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. Tampak samar dan kecil ketika orang melihatnya dari garis pantai.

Orang-orang yang mempercayai legenda tersebut juga mengatakan bahwa kereta kuda itu tiba-tiba menghilang dan mereka percaya bahwa kerajaan para penguasa laut selatan berada di tengah lautan yang dalam.

Baca juga:  Wisata Pulau Banyak : Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis

2. Memiliki Mitos Yang Sudah Beredar Luas

Berkaitan dengan legenda pantai ini, ada juga mitos yang dipercaya secara luas oleh para wisatawan. Mitosnya, wisatawan tidak boleh memakai baju hijau karena bisa terseret ombak laut.

Kabarnya, jika ada wisatawan yang mengenakan pakaian hijau dan terseret ombak, berarti wisatawan tersebut sedang ditarik ke laut oleh Nyi Roro Kidul.

Pantai Parangtritis, Pantai Terpopuler di Yogyakarta

3. Mempunyai Gumuk Pasir Yang Indah

Pantai yang satu ini tidak hanya menawarkan pemandangan ombak yang besar dan pemandangan matahari terbenam yang indah, tetapi juga menawarkan pemandangan unik yang berbeda dengan pantai lainnya di Yogyakarta. Di sekitar pantai ini banyak terdapat pegunungan pasir yang biasa disebut dengan gumuk pasir.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Pantai Parangtritis, Pantai Terpopuler di Yogyakarta dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi refensi liburan anda selanjutnya.