Pantai Ngrenehan : Pantai Nan Cantik Diapit Bukit Kapur

Pantai Ngrenehan : Pantai Nan Cantik Diapit Bukit Kapur – Jogja memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata pantainya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jogja, yaitu Pantai Boom simak ulasan berikut.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan adalah salah satu pantai yang nan cantik yang terletak di Saptosari, Gunung Kidul, Jogja. Pantai dengan pasir putih yang berupa teluk serta dikelilingi bukit kapur yang mempunyai pesona alam yang menakjubkan, air laut yang jernih serta anda dapat melihat rutinitas nelayan sekitar pantai.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Lantas, di manakah letak Pantai Ngrenehan ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Biaya tiket masuk ke pantai ini pun begitu terjangkau, untuk tiket masuk kepantai ini hanya di patok Rp. 3.000 saja. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau ini anda sudah dapat menikmati keindahanyang ada di pantai ini.

Tak hanya biaya tiket masuk saja, anda juga akan dikenakai biaya bila anda membawa kendaraan pribadi. Untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5000, sedangkan untuk kendaraan roda dua atau kendaraan bermotor akan dikenakan tarif sebesar Rp.3000. Apabila anda membawa membawa rombongan dengan menggunakan anda akan dikanakan tarif parkir Rp. 15.000. jika anda ingin menggunakan toilet anda di kenai biaya Rp.2.000 untuk perawatan toilet.

Baca juga:  Pantai Seminyak : Pantai Favorit Para Wisatawan di Bali

Daya Tarik Pantai Ngrenehan

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pantai Ngrenehan.

1. Pesona Budaya

Pantai ini tak hanya menyuguhkan destinasi wisata alam yang indah saja, namun disini juga menyuguhkan budaya tradisional seperti contohnya yaitu upacara adat. Sebab di daerah sekitar pantai ini masih kental akan menjunjung tinggi nilai budaya adat turun temurun. Bila anda beruntung, anda akan mendapat dua wisata sekaligus. Anda bisa mendapat wisata keindahan alam serta anda juga akan mendapatkan wisara untuk menikmati pesona budaya Gunung Kidul.

Para pengunjung yang beruntung disini dapat melihat panorama tentang aktivitas tradisional yang kental akan suasana mistis yang berasal dari budaya turun temurun nenek moyang tersebut. Agar dapat melihat kegiatan upacara adat tradisional ini, anda disarankan untuk datang pada saat bulan purnama tiba, yaitu biasanya 15 hari sebelum hari raya nyepi.

2. Bukit Kapur

Pantai Ngrenehan : Pantai Nan Cantik Diapit Bukit Kapur

Di area pantai ini ada sebuah bukit yang bisa dibilang cukup unik dan juga sangat menarik. Para pengunjung bisa mengunjungi bukit unik ini. Hal ini disebabkan karena bukit ini banyak sekali terdapat kerang-kerang serta cangkang khas laut yang dapat anda jumpai pada saat mengunjungi bukit karang ini. Banyak yang masih bingung dan bertanya-bertana mengapa ada cangkang sebanyak itu berada di ketinggian bukit.

Hal ini disebabkan oleh terjadi sebuah peristiwa yang disebabkan oleh alam atau bisa disebut juga dengan kejadian geologi, yang juga membentuk teluk di pantai ini. Teluk ini tercipta yang disebabkan adanya aktivitas terangkatnya permukaan bumi yang terjadi kurang lebih sekitar ribuan bahkan jutaan tahun lalu. Peristiwa tersebut bersamaan dengan peristiwa terciptanya bukit kapur di Gunung Kidul. Akibatnya, kerang yang berada di bawah laut ini juga ikut terangkat ke atas bukit ini.

Baca juga:  Tempat Wisata Lampung Timur yang Menari Untuk Dikunjungi

Pantai Ngrenehan : Pantai Nan Cantik Diapit Bukit Kapur

3. Pemandangan Teluk Indah

Tak hanya mempunyai Bukit Karang yang unik, Pantai Ngrenehan juga mempunyai sebuah ciri khas yaitu uniknya karakteristik teluknya. Jika anda melihat dari atas ketinggian, bentuk teluk ini terlihat layaknya seperti sebuah corong. Bentuknya yang landscape inilah yang menjadikan pantai ini sangat ideal serta cocok dijadikan sebagai Pelabuhan tradisional.

Pantai ini mempunyai kondisi bentangan alam sangat memesoa, serta diiringi dengan karang-karang serta perbukitan yang menjadi tembok kokoh teluk ini di sebelah kanan dan kirinya. Panorama keindahan inilah yang akan membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini merasa ingin akan berlama lama disini. Sebab para pengunjung akan jatuh cinta kepada keindahan alam yang ada di pantai yang cantik ini.
Pesona keindahan tempat ini menjadi makin sempurna bila anda melihatnya dari kamera pesawat nirawak atau bisa disebut drone. Anda juga bisa melihat keseluruhan dari tempat ini menggunakan drone, hal tersebut dapat anda abadikan melalui sebuah video. Bisa dibilang paket wisata yang cantik dam lengkap jika anda berwisata di pantai nan indah ini.

Itulah sedikit ulasan Pantai Ngrenehan : Pantai Nan Cantik Diapit Bukit Kapur dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.