Pantai Ngobaran : Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Pantai Ngobaran : Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk – Jogja memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jogja, yaitu Pantai Ngobaran mari simak ulasan berikut.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah salah satu tempat wisata pantai di Gunung Kidul yang paling populer di Jogja. Termasuk dalam gugusan laut pantai selatan, pantai ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan dikenal dengan sebutan Tanah Lot Jogja.

Lokasi Pantai Ngobaran

Lantas, di manakah letak Wisata Pantai Ngobaran Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat: Jl. Desa Kanigoro, kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk wisata Pantai Ngobaran dipatok dengan harga Rp 5.000 per orang. Harga tersebut tergolong murah, karena tiket pantai ini juga bisa digunakan untuk masuk ke pantai tetangga lainnya.

Untuk memarkir kendaraan roda dua, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Areal parkir untuk pantai ini cukup luas, terdapat juga tempat parkir khusus untuk bus pariwisata.

Namun, sebelum memasuki kawasan Gunung Kidul akan ada posko di perbatasan untuk membayar seluruh wisata yang ada di kabupaten ini. Tarif yang dikenakan biasanya Rp 20.000 per sepeda motor atau mobil. Bahkan pada hari libur tertentu, pos ini akan dijaga oleh aparat kepolisian dan TNI setempat.

Daya Tarik Pantai Ngobaran

Daya tarik apa saja yang ada Pantai Ngobaran? Mari simak pembahasan berikut.

Baca juga:  Pantai Nambung : Wisata Unik Dengan Air Terjun di Lombok

1. Pura Hindu

Pantai Ngobaran : Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Di pantai ini tak hanya pemandangan laut yang menarik banyak wisatawan. Namun ada satu bangunan tempat beribadah umat Hindu yang berdiri di atas batu karang yang menjorok ke laut.

Masyarakat sekitar Segara Wukir sering menyebutnya, candi yang dibangun sejak tahun 2003 ini memiliki desain yang sama dengan candi Hindu pada umumnya. Ada gerbang masuk yang diikat dengan kain kuning keemasan.

Pura ini masih aktif digunakan untuk peribadahan oleh masyarakat sekitar yang memiliki kepercayaan Hindu. Seringkali mereka juga mengadakan upacara adat yang berkaitan dengan agama di pura ini.

Ada upacara tertentu yang akan diadakan pada malam bulan purnama. Tepat saat bulan berbentuk bulat sempurna, umat Hindu akan melakukan upacara khusus untuk menghormati dewa mereka.

Diresmikan pada pertengahan tahun 2004, pura ini telah menjadi spot foto wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngobaran. Ada satu titik untuk berfoto yang memberikan latar belakang tebing di sisi timur pantai.

Banyak pasangan muda yang datang ke pantai ini untuk berfoto di area pura. Agar hasil foto lebih optimal, tambahkan properti kacamata atau topi pantai agar terlihat lebih nyentrik.

Terdapat patung berbentuk dewa yang menghiasi area depan candi. Anda akan melihatnya saat memasuki pintu gerbang Candi Segara Wukir. Suasana saat memasuki pura akan seperti di Bali yang khas dengan bau kemenyan.

Selain candi milik umat Hindu, terdapat juga bangunan candi di sekitar pantai. Candi ini memiliki nama Candi Moyodipo yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar yang memiliki kepercayaan Jawa.

Kejawen sendiri merupakan kepercayaan sebagian masyarakat Yogyakarta yang masih sangat menjunjung tinggi budaya nenek moyangnya. Orang yang masih mengamalkan kejawen bertujuan untuk melestarikan budaya leluhurnya.

Baca juga:  Pantai Sanur Bali : Spot Sunrise Favorit Para Wisatawan

2. Tebing dan Batuan Karang

Pantai Ngobaran : Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Keunikan dari Pantai Ngobaran ini adalah dikelilingi oleh tebing kapur di kanan dan kirinya.

Pesona tebing kapur ini bisa Anda nikmati dari zaman prasejarah dari pinggir pantai. Ada fakta menarik mengenai bebatuan kapur di tebing Pantai Ngobaran yaitu ditemukannya fosil biota laut di tebing ini.

Artinya pantai pada zaman dahulu berada di ketinggian tebing, kemudian karena faktor alam akhirnya air laut surut. Kemudian menyisakan batu kapur di airnya, menjadi tebing yang bisa dijadikan spot foto seperti sekarang ini.

Usai membicarakan indahnya tebing-tebing tinggi, pesona laut yang dimiliki pantai ini sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menginjakkan kaki di atas batu karang yang menjadi bibir pantai. Batuan ini akan terlihat hijau karena adanya alga yang menutupi permukaannya.

Jika Anda lebih memperhatikan detail batuan karang ini, Anda bisa menemukan ekosistem laut yang berada di sela-sela bebatuan. Ikan kecil, rumput laut, bahkan bintang laut terlihat jelas karena airnya yang jernih.

Namun hati-hati saat menjejakkan kaki di atas bebatuan tersebut, gunakan alas kaki agar tidak terjadi bebatuan yang bisa menggores telapak kaki Anda. Selain itu, sering pula dijumpai ular laut yang terkenal dengan racunnya.

Perlu diketahui, Pantai Ngobaran berhadapan langsung dengan palung laut yang kedalamannya puluhan kilometer. Jadi jangan pernah mencoba berenang di area pantai, ini akan sangat berbahaya bagi Anda.

Ombak yang bisa datang kapan saja juga perlu diwaspadai saat kamu sedang bermain-main di pantai. Jika Anda merasa ombak yang datang cukup besar, Anda harus segera mencari daerah yang lebih aman atau menjauh dari garis pantai.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Ngobaran : Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.