Keindahan Pantai Nglambor Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Keindahan Pantai Nglambor Yang Wajib Untuk Dikunjungi – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Yogyakarta memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta, yaitu Pantai Nglambor mari simak ulasan berikut.

Keindahan Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai eksotis di Gunung Kidul Jogja yang menyuguhkan panorama alam yang mempesona. Pantai ini sangat cocok untuk aktivitas berenang dan snorkeling untuk melihat pemandangan bawah lautnya.

Lokasi Pantai Nglambor

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan wisatawan saat ingin berkunjung ke pantai Ngalambor. Pantai ini tidak memiliki akses transportasi umum sehingga wisatawan perlu menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda seorang turis dari luar Yogyakarta, Anda bisa menyewa kendaraan sebelum menuju ke pantai.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan roda empat juga tidak bisa menjangkau tempat parkir yang dekat dengan pantai. Anda hanya bisa memarkir kendaraan di pinggir jalan raya.

Untuk sampai di kawasan Pantai Nglambor, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1 km atau menggunakan sepeda motor dari warga sekitar. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua bisa langsung menuju area parkir bawah yang dekat dengan pantai.

Baca juga:  Pantai Jimbaran : Keindahan Pantai Dengan Kulinernya di Bali

Pantai ini berjarak 71 kilometer dari kota Yogyakarta, sehingga membutuhkan waktu tempuh kuranglebih selama 2 jam. Perjalanan bisa dimulai dari Yogyakarta, wisatawan perlu mengarahkan kendaraannya ke Jalan Wonosari untuk sampai di Piyungan. Dari piyungan, jalan kaki menuju Pemerintah Daerah Wonosari. Lokasi Desa Purwodadi tidak jauh dari sini.

Harga Tiket Masuk

Pernahkah Anda mendengar pepatah bahwa sekali mendayung, dua dan tiga pulau terlampaui? Jika iya, Anda akan merasakan perwujudan pepatah ini saat berkunjung ke pantai Nglembor. Pantai ini berada dalam satu kawasan dengan pantai lain yang hanya membutuhkan satu tiket masuk untuk menikmati keindahannya.

Wisatawan hanya perlu merogoh kocek antara 5.000 hingga 10.000 untuk mengunjungi tiga pantai, yakni pantai Nglambor, Jogan, dan Siung. Selain tiket masuk, wisatawan akan dikenakan biaya parkir sebesar lima ribu untuk kendaraan roda empat dan dua ribu rupiah untuk kendaraan roda dua.

Daya Tarik Pantai Nglambor

Keindahan Pantai Nglambor Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Daya tarik apa saja yang ada di pantai nglambor? Simak penjelasan di bawah.

1. Keindahan Bawah Laut

Pantai ini memiliki keunggulan pesona kehidupan bawah lautnya. Laut di sini adalah rumah bagi ribuan biota laut dan terumbu karang yang indah. Beragam jenis ikan bisa ditemukan di sini, begitu pula gugusan karang warna-warni.

Tak salah jika snorkeling menjadi aktivitas wajib saat berwisata. Wisatawan akan diajak menikmati biota laut ditemani ikan-ikan yang aktif berenang disekitarnya. Air laut juga sangat jernih.

Baca juga:  Eksotisnya Wisata Pantai Klara Lampung Selatan

2. Keindahan Alam yang Menakjubkan

Gugusan tebing karang menghiasi sekitar Pantai Nglambor. Di atasnya tumbuh berbagai macam tanaman hijau yang asik dipandang. Pasir di pantai ini sedikit kasar karena berasal dari sisa biota laut yang unik karena dapat ditemukan di pantai ini.

Saat cerah, langit akan tampak kebiruan dengan awan yang agak menghiasi. Cuaca cerah membantu wisatawan untuk melihat kehidupan bawah laut dengan lebih mudah.

Keindahan Pantai Nglambor Yang Wajib Untuk Dikunjungi

3. Terdapat Dua Kura-kura Raksasa

Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi yang paling cocok untuk snorkeling. Namun wilayah laut di pantai ini merupakan bagian dari Samudera Hindia yang memiliki karakter ombak yang kuat. Sehingga mungkin akan muncul kekhawatiran bagi wisatawan yang ingin snorkeling.

Kekhawatiran ini tampaknya sedikit terbantu dengan kehadiran dua penyu raksasa di lepas pantai. Penyu yang dimaksud adalah dua pulau karang besar yang membantu memecah gelombang laut. Dengan adanya pulau ini, ombak di lokasi snorkeling lebih tenang.

Selain itu, keindahan kedua pulau karang ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Berdiri dengan gagah di lepas pantai, menantang deburan ombak Samudera Hindia yang keras, kedua pulau ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati saat berwisata ke pantai cantik ini.

Itulah sedikit ulasan tentang Keindahan Pantai Nglambor Yang Wajib Untuk Dikunjungi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.