Melestarikan Wisata Keindahan Pantai Lhoknga

Melestarikan Wisata Keindahan Pantai Lhoknga – mari kita simak artikel berikut ini. Dekat dengan Lampuuk, ada pantai Lhoknga. Tempat wisata ini sekitar 20 km. Di sini, Anda dapat ditemukan di bawah pepohonan rindang atau bermain voli pantai di pantai berpasir putih dan landai.

Melestarikan Wisata Keindahan Pantai Lhoknga

Jika bersantai dan berjemur saja belum cukup, Anda bisa mencoba berselancar di laut. Pantai Lhoknga memiliki ombak dengan ketinggian 1,5 hingga 2 meter yang cocok bagi Anda yang menyukai pulau tersebut.

Melestarikan Wisata Keindahan Pantai Lhoknga

Cerita di balik Keindahan Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga memiliki pasir putih yang indah dengan beberapa bebatuan, air laut yang biru berkilauan, pohon kelapa yang berjejer dan pohon cemara yang membuat suasana menjadi sejuk. Bagi para peselancar, ada lima titik untuk berselancar di pantai Lhoknga.

Lima titik yang meliputi: Left Hander Point, Cemara Right Point, Peak Point, Suri Point dan Out Side Right Hander Suri Point diambil dari nama seorang peselancar lokal yang tewas dalam tsunami. Saat subuh, jangan lewatkan indahnya matahari terbenam di pantai ini.

Tempat ini semakin ramai di sore hari, di mana banyak yang datang untuk melihat matahari terbenam, sambil duduk santai dan menikmati jagung bakar. Pantai Lhoknga juga populer untuk Golf Course, Surfing dan aktivitas memancing. Khusus untuk selancar, ombak besar dan ganas di Lhoknga sudah dikenal di kalangan komunitas selancar internasional.

Baca juga:  Keindahan Pantai Mangrove Kampung Nipah Favorit Wisatawan

Bagi pasangan pengantin baru dan ingin memiliki tempat untuk berbulan madu, pantai Lhoknga bisa menjadi alternatif tempat romantis. Berada di pantai ini sambil ditemani semilir angin laut di sore hari dan cahaya langit yang redup akan membuat suasana romantis muncul.

Model numerik lintasan gelombang menggunakan rumus shoaling dan refraksi diusulkan di perairan pesisir Lhoknga, Aceh Besar, Indonesia. Model yang dikembangkan menggunakan metode numerik dua dimensi (2D) untuk lintasan gelombang dengan masukan tinggi gelombang dan periode; 0,62 m dan 8 detik untuk pasang naik dan 0,47 m dan 6 detik untuk surut.

Model ini diuji di lokasi selama kondisi air surut dan pasang untuk verifikasi. Tujuan dari studi numerik ini adalah untuk menelusuri sebaran lintasan gelombang akibat shoaling, gelombang pecah, dan refraksi gelombang. Model menentukan tinggi gelombang dan pola puncak dari lintasan gelombang sinar.

Hasil simulasi menunjukkan pola perambatan gelombang di pantai Lhoknga bergerak dari barat laut ke timur dan selatan pantai. Model tersebut juga menginformasikan bahwa tinggi gelombang maksimum pada saat pasang adalah 1,72 m dan 1,31 m pada saat surut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pantai Lhoknga memiliki kondisi gelombang sedang yang disebabkan oleh kemiringan batimetri pantai yang landai.

Melestarikan Keindahan Pantai Lhoknga

Melestarikan Wisata Keindahan Pantai Lhoknga

Lhoknga yang terletak dekat dengan memiliki garis pantai yang panjang dan indah. Ini kaya akan keanekaragaman hayati pesisir dan laut, dan juga tempat penyu bertelur selama bulan September hingga Mei. Daerah tersebut, meskipun benar-benar hancur akibat gempa dan tsunami , kini telah dibangun kembali. Nelayan telah melaporkan dampak negatif tsunami terhadap lingkungan pesisir, termasuk perusakan karang, dan upaya pelestarian lingkungan pesisir kini telah dimulai.

Baca juga:  Pantai Kalianda Reosrt : Pantai Favorit Wisatawan Lampung

Terletak hanya 15 km dari Banda Aceh , Anda menemukan pantai Lhok Nga (kadang-kadang diucapkan Lhonga) dan Lampuuk yang tenang. Ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mengunjungi Banda Aceh, sambil menghindari keramaian dan hiruk pikuk kota besar.

Lhok Nga dikatakan menawarkan selancar terbaik, dan Lampuuk memiliki pantai terbaik untuk berenang dan berjemur di bawah sinar matahari. Namun, karena keduanya berjarak 30 menit berjalan kaki, dan sulit untuk mengatakan di mana satu pantai berhenti dan pantai lainnya dimulai, tidak ada banyak perbedaan di mana Anda memilih untuk tidur. Demikianlah artikel melestarikan wisata keindahan Pantai Lhoknga. Semoga bermanfaat.