Pantai Kukup, Pantai di Jogja yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pantai Kukup, Pantai di Jogja yang Menarik Untuk Dikunjungi – Jogja memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jogja, yaitu Pantai Kukup mari simak ulasan berikut.

Pantai Kukup

Pantai Kukup, merupakan salah satu wisata pantai eksotis yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Gunung Kidul Jogja. Pantainya yang indah menawarkan pesona pulau koral dan keindahan alam yang memanjakan mata.

Lokasi Pantai Kukup

Lantas, di manakah letak Wisata Pantai Kukup Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat: Jl. Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Hampir seperti tempat wisata pada umumnya, untuk bisa memanfaatkan semua pemandangan alam pantai, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena pada akhirnya hanya dikenakan biaya Rp 10.000.

Meski baru membeli tiket di awal masuk, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan Pantai Kukupu saja. Dan ada dua pantai di lokasi yang sama, Pantai Krakal dan Pantai Sudak.

Bagi yang membawa mobil pribadi akan dikenakan biaya parkir. Harga sepeda motor kurang lebih Rp2.000, sedangkan harga mobil Rp5.000. Biaya parkir minibus adalah Rp 20.000.

Baca juga:  Pantai Depok : Tempat Piknik Seru di Bantul

Daya Tarik Pantai Kukup

Pantai Kukup, Pantai di Jogja yang Menarik Untuk Dikunjungi

Daya tarik apa saja yang ada Pantai Kukup? Mari simak pembahasan berikut.

1. Pemandangan Laut yang Eksotis

Daya tarik Pantai Kukup memang beragam, namun yang tidak boleh Anda lewatkan adalah tampilan alam laut biru yang memanjakan mata. Tak lupa juga mengelilingi pantai yang dipenuhi pepohonan rindang, membuat suasana sejuk semakin terasa.

Meski tempat wisata ini tidak memiliki garis pantai yang luas, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar dalam sekejap mata. Dijamin pengunjung akan betah disini. Apalagi saat cuaca cerah, Anda akan melihat langit biru biasa di antara gemerlap air laut. Tampaknya membias menjadi tetesan air yang tampak seperti permata lautan.

Pantai di Gunung Kidul ini diapit oleh tebing-tebing yang tinggi seperti pantai Laut Selatan pada umumnya. Angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh seolah bisa menghilangkan rasa penat yang Anda rasakan.

2. Terumbu Karang yang Masih Alami

Keindahan Pantai Kukup yang tidak boleh Anda lewatkan adalah keindahan terumbu karang di bawah lautnya. Inilah yang menjadi primadona pantai gunung kidul yogyakarta. Bagaimana tidak di atas permukaan air laut yang begitu jernih terdapat ikan-ikan yang berenang di sana-sini di antara terumbu karang.

Jika Anda mengunjunginya lebih dekat, pantai ini termasuk dalam kawasan perairan dangkal, bahkan di sini terdapat bebatuan karang yang sepertinya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Selain itu anda juga bisa melihat bebatuan besar di pinggir pantai yang hampir menjorok ke laut, bebatuan tersebut terkadang menjadi incaran derasnya ombak laut.

Baca juga:  Angel’s Billabong, Surga Tersembunyi di Nusa Penida Bali

Untuk wilayah terumbu karang itu sendiri, jaraknya kira-kira 100 meter dari pantai.Agar bisa melihat pemandangan biota laut, pastikan Anda menggunakan alat pengaman berupa pelampung.

Apalagi saat pantai sedang surut, ini akan menjadi objek yang mungkin Anda nantikan. Karena saat itulah Anda bisa melihat terumbu karang dari luar permukaan air. Biasanya juga ada beberapa biota laut yang terdampar akibat surutnya air.

3. Pulau Karang di Kawasan Pantai

Pantai Kukup, Pantai di Jogja yang Menarik Untuk Dikunjungi

Di Pantai Kukup sendiri terdapat pemandangan yang membuatnya terlihat seperti Tanah Lot Bali. Yakni dengan keberadaan sebuah pulau yang berada tepat di pesisir timur bernama Pulau Karang. Ya, pulau ini memang menjadi spot menarik untuk menikmati keindahan laut di Gunung Kidul Yogyakarta.

Pengunjung juga dapat dengan mudah memasuki Pulau Karang hanya dengan melewati jembatan penghubung yang telah disediakan. Di sinilah Anda bisa menemukan gardu pandang yang seakan membius visi Anda, sehingga yang tercipta hanyalah rasa kagum terhadap ciptaan Tuhan.

Selain itu disinilah pengunjung bisa melihat fenomena alam berupa matahari terbit yang nampak sedikit demi sedikit muncul dari ufuk timur. Tak heran saat liburan tiba, pantai hits ini sudah dipenuhi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati liburan bersama keluarga.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Kukup, Pantai di Jogja yang Menarik Untuk Dikunjungi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.