Pantai Depok : Tempat Piknik Seru di Bantul

Pantai Depok : Tempat Piknik Seru di Bantul – Jogja memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata pantainya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jogja, yaitu Pantai Depok simak ulasan berikut.

Pantai Depok

Pantai Depok adalah salah satu pantai pantai cantik dan populer untuk penikmati kuliner laut di Bantul, Jogja. Pantai berpasir ini mempunyai panorama alam yang menakjubkan, laguna yang inda serta pasar pelelangan yang menarik untuk dikujungi saat liburan.

Lokasi Pantai Depok

Lantas, di manakah letak Pantai Depokini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Saat hari libu, tiket masuk dipantai ini dipatok dengan harga Rp 7.500 per orang. Harga tiket masuk akan naik menjadi Rp 10.apabila saat hari libur sedang di adakan evant tertentu yang berlangsung pada waktu bersamaan. Tak hanya tiket masuk anda juga akan dikenakan biaya parkir. Untuk kendaraan bermotor akan dipatok Rp.3000, sedangkan mobil Rp 5.000. Jadwal operasional selama 24 jam setiap harinya.

Baca juga:  Wisata Pulau Banyak : Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis

Daya Tarik Pantai Depok

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pantai Depok.

1. Pasar Pelelangan dan Sejarahnya

Pantai Depok : Tempat Piknik Seru di Bantul

Banyak nelayan menjajakan hasil tangkapannya setiap kali matahari terbit di pagi hari. Berbagai jenis rasa ikan pun tak luput dari pelelangan. Dalam catatan sejarahnya, tercatat ada nelayan yang datang dari Cilacap menjelajahi kawasan Pantai Depok ini untuk menangkap ikan. Faktanya, ternyata ada tempat khusus yang menjadi habitat ikan.

Penduduk setempat akhirnya mulai beralih profesi sebagai nelayan. Seiring berjalannya waktu, pasar lelang perlahan didirikan. Hingga kini, berhasil menjelma menjadi daya tarik tersendiri yang mampu memikat hati para wisatawan. Masyarakat mengelola tempat ini dengan sebaik-baiknya agar pengunjung bisa merasa nyaman saat berburu ikan laut segar.

Dampaknya, perekonomian masyarakat juga meningkat. Pengunjung akan langsung dihampiri petugas saat pertama kali menginjakkan kaki di area parkir. Petugas nantinya akan berperan dalam menawarkan hasil laut. Jika tertarik, pengunjung akan dibawa ke toko terdekat.

2. Pesona Pagi Hari yang Bikin Penasaran

Pantai Depok : Tempat Piknik Seru di Bantul

Ada pemandangan unik yang siap menyambut wisatawan, dimana kawasan pantai berfungsi sebagai pasar tradisional di pagi hari. Menawarkan berbagai kuliner selain seafood seperti bubur, capcay, dan sambal goreng, bahkan menjual bumbu dapur.

Menariknya, hampir tidak ditemukan sampah berserakan di sini karena petugas kebersihan siap membersihkannya. Sering terlihat pengunjung meninggalkan sampah, kemudian langsung diambil dan dimasukkan ke tempat pembuangan sampah.

Baca juga:  Keindahan Pantai Bandengan yang Menarik Untuk Dikunjungi

Wisatawan dapat melihat kapal-kapal yang berlabuh di kawasan pantai. Matahari tidak begitu panas sehingga cuacanya hangat. Disarankan untuk berkunjung di saat-saat seperti ini untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal.

3. Laguna Tersembunyi

Sepertinya tidak banyak orang yang tahu bahwa Pantai Depok berada di dekat laguna. Lokasinya tidak begitu jauh, pengunjung bisa berbelok ke kanan sebelum memasuki gerbang. Jika melintasi pasar lelang, hanya perlu mengambil arah yang lurus.

Laguna ini bisa dikatakan salah satu sebagai spot utama untuk mengabadikan lanskap pantai dari sudut lain. Suasananya yang sepi serta kondisi air bisa dibilang relatif tenang. Waktu yang cocok untuk menyambangi laguna yaitu sore hari, sekaligus menikmati panorama sunset.

Itulah sedikit ulasan Pantai Depok : Tempat Piknik Seru di Bantul dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.