Pantai Boom Banyuwangi : Pantai Bersejarah Di Jawa Timur

Pantai Boom Banyuwangi : Pantai Bersejarah Di Jawa Timur – Banyuwangi memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata pantainya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi, yaitu Pantai Boom simak ulasan berikut.

Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom adalah salah satu objek wisata bahari yang sangat mempesona dan instagenik yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini mempunyai landmark yang ikonik seperti Jembatan Spiral yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya para kawula muda.

Lokasi Pantai Boom Banyuwangi

Lantas, di manakah letak Pantai Boom ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Kampung Mandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Untuk tikel masuk ke pantai ini pun begitu terjangkau, anda hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000 saja, anda sudah bisa memasuki pantai ini. Selain itu anda juga akan dikenakan biaya parker untuk kendaraan yang anda bawa. Untuk kendaraan kendaraan roda dua anda akan dikenakan tariff sebesar Rp. 2.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat anda akan dikenakan tarif sebesar Rp.3000, gimana cukup terjangkau bukan.

Baca juga:  9 Tempat Wisata Pesawaran yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tak hanya itu jika anda ingin menyewa beberapa alat olahraga yang ada di pantai ini. Setiap alat olahraga yang ada di pantai ini mempunyai harga yang berbeda-beda.

Namun jika anda ingin bersantai-santai di pantai ini anda bisa menyewa kursi yang telah disediakan. Anda hanya membayar sewa berkisar Rp.20.000 perjam agar anda bisa duduk di kursi dengan payung yang teduh sehingga dapat membuat anda nyaman.

Daya Tarik Pantai Boom

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pantai Boom .

1. Panorama The Sunrise Of Java

Pantai Boom Banyuwangi : Pantai Bersejarah Di Jawa Timur

Daya tarik utama yang paling fovorit jika berada di pantai ini yaitu dapat menyaksikan fenomena sunrise. Maka tak hearan jika banyak pengunjung yang datang di pagi buta hanya untuk mengejar keindahan sunrise yang ada di pantai ini.

Kebanyakan para pengunjung datang beramai-ramai agar dapat berfoto bersama dengan panorama keindahan matahari terbit di pantai itu. Pada pagi hari, selain menunggu matahari terbit, anda juga dapat jalan-jalan mengelilingi pantai, bisa jogging di jalur yang dibuatkan di sekitar area pantai.

2. Pantai yang Sarat Nilai Sejarah

Di sebelah selatan pantai ini terdapat sebuah makam pahlawan yang merupakan salah satu daya tarik bagi pengunjung yang datang kesini. Selain menyguhkan keindahan dari pantai ini, terdapat nilai sejarah yang dapat kita pelajari.

Baca juga:  Pantai Widara Payung Cilacap, Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket

Pantai Boom Banyuwangi : Pantai Bersejarah Di Jawa Timur

Makam ini merupakan milik pahlawan-pahlawan angkatan laut yang dahulu mati syahid pada saat melawan penjajah di daerah Banyuwangi. Yang mana makam pahlawan ini diberikan nama Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Laut. Sehingga ada beberapa pengunjung ada yang datang berlibur, dan ada juga pengunjung yang ingin berziarah ke makan tersebut.

3. Tugu Inkai di Kawasan Pantai

Tugu ini dibangun untuk mengenang tragedi Inkai. Tragedi Inkai merupakan sebuah cerita nyata yang terjadi di tahun 1982. Yang mana, para peserta Inkai atau Institut Karate-Do Indonesia, yang sedang melakukan pemanasan di sekitar Pantai Boom untuk mengikuti ujian kenaikan sabuk yang akan dilaksanakan di gedung PMI Banyuwangi.

Pada sore itu air laut sedang surut, para peserta yang sedang latihan berencana kembali ke Gedung PMI dengan melewati jalan pintas yakni menyebrangi muara sungai yang cukup dangkal. Tetapi, sesampainya di tengah perjalanan datang ombak yang sangat besar.

Sehingga ombak ini menggulung 86 peserta Inkai yang sedang berlatih. Sehingga 26 diantaranya ditemukan meninggal. Tragedi naas tersebut tentu sangat menghebohkan maka dari itu dibuatlah tugu Inkai guna mengenang para korban.

Itulah sedikit ulasan Pantai Boom Banyuwangi : Pantai Bersejarah Di Jawa Timur dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.