8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi – Bengkulu adalah salah satu daerah di Sumatera. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang banyak, Bengkulu juga banyak memiliki tempat wisata pantai yang eksotis dan menakjubkan. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan menngulas tentang wisata pantai yang terdapat di Provinsi bengkulu.

Wisata Pantai Bengkulu

Pantai merupakan tempat wisata favorit semua kalangan dan sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga, sahabat, ataupun rekan kerja, berwisata di pantai juga dapat memberikan sensasi liburan yang berbeda dan menyenangkan. Berikut ini wisata pantai Bengkulu yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Panjang

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

Sesuai dengan namanya, pantai ini memang sangat panjang. Tercatat, panjangnya mencapai tujuh kilometer dan dinobatkan sebagai pantai terpanjang di Indonesia. Sehingga wisatawan bisa memilih menikmati suasana di berbagai tempat. Selain panjang, pemandangannya tak kalah indah. Pantai ini dihiasi pasir putih serta deretan pohon pinus dan cemara di tepinya. Sehingga pengunjung bisa duduk dan bersantai di bawah deretan pohon tersebut.

Ombaknya tenang, sehingga Anda juga bisa melihat perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Tak hanya pantainya saja, terdapat juga berbagai restoran, area olahraga, dan arena bermain untuk anak-anak.

Lokasi: Jl. Pesisir Pantai Selatan, Derek, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu.

2. Pantai Air Bengkenang

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

Jika ingin menikmati indahnya pantai dengan kombinasi pohon kelapa yang melambai-lambai. Jadi bisa banget ketemu di Pantai Bengkenang atau ada yang menyebutnya Air Bengkenang, tiket masuknya hanya Rp. 7.000. Lokasinya ada di Kabupaten Bengkulu Selatan. Untuk menuju ke sana, medannya cukup sulit. Jalannya agak licin dan curam, tetapi itu semua akan sepadan dengan pemandangan indah yang ditawarkan.

Sesampainya di sana, Anda akan langsung disambut oleh pondok unik khas Bengkulu Selatan. Selain keindahan alamnya, banyak juga spot foto buatan dengan berbagai corak dan tulisan unik juga ditawarkan di sini. Pengunjung juga bisa menyantap olahan seafood yang tentunya enak dan segar.

Lokasi: Tanjung Besar, Kec. Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

3. Pantai Padang Betuah

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

Surga ikan ada di tempat ini. Jadi selain bisa berlibur menikmati keindahannya juga bisa memancing. Tak hanya itu, perpaduan alam pantai dan danau yang berbatasan dengan pasir putih juga bisa memukau mata dengan keindahannya. Kemudian pemandangan indah juga bisa dinikmati dari hijaunya bukit di sana. Ini campuran yang sangat lengkap.

Baca juga:  Keindahan Pantai Minang Rua Yang menarik Para Wisatawan

Pantai Padang Betuah memiliki ikon yang tidak kalah terkenalnya. Yakni keberadaan sumur dengan diameter 90 meter dan kedalaman hingga 20 meter. Layaknya terowongan menuju pantai, air yang masuk ke dinding sumur akan terlihat sangat eksotis dan menarik. Karang di sini juga memiliki celah-celah yang membuatnya semakin indah.

Lokasi: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

4. Pantai Way Hawang

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

Dikenal juga dengan Pantai Kaur yang keindahannya tidak kalah menawan dari pantai lainnya. Pasir disini berwarna putih, kemudian airnya masih terlihat biru jernih. Saat berkunjung ke sini, pengunjung akan melihat sebuah batu besar yang bentuknya mirip kapal. Itu disebut Batu Jung. Batu itu berasal dari kutukan pahit lidah kakek.

Konon ketika sebuah kapal sedang berlayar, sang kakek meminta kepada pemilik kapal agar sedikit api. Namun, permintaan kakek itu diabaikan. Karena itu, kakek sangat marah dan mengutuk kapal besar itu menjadi batu sampai sekarang. Ini adalah mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Lokasi: Way Hawang, Kec. Maje, Kab. Kaur.

5. Pantai Aluran Pandan

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

Jika anda ingin menikmati suasana pantai yang tenang, asri dan alami, anda bisa datang ke pantai Aluran Pandan. Meski cukup terkenal, namun tidak banyak wisatawan yang datang kesini karena aksesnya yang cukup sulit. Hal ini membuat pantai terlihat segar dan belum tersentuh.

Keindahan air laut hijau yang tenang berpadu dengan pasir putih bersih juga sangat memanjakan mata. Suasana santai akan dilengkapi dengan deretan pohon kelapa yang melambai tertiup angin. Memang tidak banyak fasilitas yang ditawarkan di sini, namun sabuk hijau di bawah pohon kelapa tidak ada masalah dengan alas duduk.

Lokasi: Desa Fajar Bulan Kec. Kaur Tengah, Kab. Kaur.

6. Pantai Duayu Sekundang

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

Berbeda dengan pantai lain yang ombaknya relatif tenang. Tempat ini menyuguhkan ombak yang cukup dahsyat dan sangat memukau. Apalagi saat debat di sana menghantam bebatuan, sayang rasanya melewatkan kombinasi alami ini. Tiket masuknya juga murah, hanya Rp 5000. Pengunjung bisa menikmati keindahannya.

Baca juga:  Pantai Panjang : Pantai Nan Cantik dan Menawan di Bengkulu

Kemudian, untuk menyaksikan mahakarya Tuhan yang satu-satunya ini, para tamu dapat duduk santai, bersantai dan beristirahat di gubuk atau rumah di sepanjang pantai. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba berbagai jenis makanan yang dijual di sekitar sini. Pantai ini memiliki nama yang berbeda dengan Pantai Pasar Bawah.

Lokasi: Duayu Sekundang, Pasar Bawah, Kec. Pasar Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

7. Pantai Manula

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

Ini adalah salah satu pantai yang langsung menghadap ke Samudera Hindia. Bisa dibayangkan betapa indahnya pemandangan yang ada di sana, hamparan pasir putih yang dipadukan dengan air laut yang jernih pasti sangat indah. Selain itu masih banyak tebing yang menjulang tinggi di pantai ini. Pemandangan ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pantai di selatan Bali.

Ada juga tebing yang menjorok ke pantai dimana tebing tersebut terpisah dari daratan. Ini membuatnya semakin mirip dengan Tanah Lot di Bali. Pantai indah ini belum banyak tersentuh oleh banyak orang. Oleh karena itu, sangat baik untuk merenung dan bersantai sendiri sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Lokasi: Desa Tebing Rambutan, Kec. Nasal, Kab. Kaur.

8. Pantai Jakat

8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi

Di dekat pusat kota Bengkulu, Anda sudah bisa menemukan pantai. Namanya Pantai Jakat. Di sana Anda bisa mengagumi indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam. Ombaknya juga tidak terlalu besar, jadi bagus untuk bermain di air. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan antara lain banana boat, ban renang, pelampung, dan lainnya.

Tak hanya keindahan pantainya saja, pesona bawah lautnya pun tak kalah indah. Berbagai jenis ikan, tumbuhan, dan organisme laut yang hidup di lereng bukit taman bawah laut ini akan sulit dilupakan. Jadi tidak ada salahnya mencoba berselancar di Pantai Jakat.

Di pinggir pantai ini, Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang nikmat. Kemudian Anda juga dapat memainkan semua jenis game bond yang ditawarkan. Ombak yang mengalir serasi pasti menambah pengalaman romantis saat menghabiskan malam di Pantai Jakat.

Lokasi: Jl. Bencoolen RT. 09 / RW. 03, Bajak, Kec. Teluk Segara, kota Bengkulu.

Demikianlah ulasan tentang 8 Wisata Pantai Bengkulu Yang Menarik Dikunjungi semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya, terimakasih.