Pahawang – Spot Snorkeling Terbaik di Lampung

Pahawang, Spot Snorkeling Terbaik di Lampung – Berada di ujung selatan Provinsi Lampung, Pulau Pahawang tak hanya menjadi keindahan masyarakat Lampung. Karena aksesnya yang mudah dari Jakarta, magnet Pulau Pahawang juga menarik wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya.

Pulau Pahawang

Selain pemandangan pantai yang jernih dan laut yang jernih, Pulau Pahawang juga menawarkan keindahan bawah lautnya yang penuh warna. Bagi pecinta scuba diving atau snorkeling, Pulau Pahawang adalah destinasi yang wajib dikunjungi.

Pulau ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar. Pulau kecil Pahawang ditujukan semata-mata untuk relaksasi bagi para tamu yang ingin berjemur ditemani ombak. Sementara itu, Pulau Pahawang Besar memiliki fasilitas yang lebih lengkap tentunya dengan tempat menyelam yang keren. Selain ikan dan terumbu karang, traveler juga bisa melihat banyak tempat unik di bawah laut Pulau Pahawang. Situs penyelaman lainnya adalah instalasi yang dibuat oleh warga berupa gapura, prasasti candi mini.

Pahawang - Spot Snorkeling Terbaik di Lampung

Pulau ini tepatnya berada di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Rute ke Pulau Pahawang melalui Transit di Pantai Sariringgung. Dari Kota Bandar Lampung, Anda bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi menuju Pantai Sariringgung dengan perkiraan waktu 2-3 jam tergantung kondisi lalu lintas. Setibanya di Pantai Sariringgung, Anda harus memarkir kendaraan Anda. Kemudian cari perahu untuk berlayar ke Pulau Pahawang. Pantai Sariringgung buka 24 jam jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang parkir. Jangan lupa untuk membawa semua barang yang kamu butuhkan ke Pulau Pahawang. Jarak dari Pulau Pahawang ke Pantai Sariringgung cukup jauh.

Spot Snorkeling di Wisata Lampung Pahawang

Kembali ke topik awal yang menjadi alasan berwisata ke Pahawang, snorkeling memang menjadi aktivitas yang sayang untuk dilewatkan. Pulau Pahawang sendiri menawarkan 5 lokasi penyelaman yang patut untuk dijelajahi, antara lain:

Cukuh Bedil

Tempat menyelam pertama yang harus Anda kunjungi adalah Cukuh Bedil. Salah satu taman laut di Pulau Pahawang, tempat ini bisa ditempuh dengan 5 hingga 10 menit perjalanan. Saat Anda menyelam di sini, bersiaplah untuk terkesima dengan keanekaragaman hayati yang ada di Cukuh Bedil dengan kedalaman hanya 2 hingga 4 meter. Beragam ikan warna-warni berenang hilir mudik di antara terumbu karang, seolah tak takut menyapa wisatawan yang snorkeling di tempat ini. Apalagi anda juga bisa mengambil foto bawah air tepatnya di depan tulisan “Taman Laut Pahawang” yang sangat instagrammable dan patut diunggah ke akun sosial media anda.

Baca juga:  Informasi Terkini dari Puncak Mas Lampung Dengan Lengkap

Tanjung Putus

Tanjung Putus tidak jauh dari Pulau Pahawang yang luas dan merupakan tempat menyelam yang tidak kalah indah dengan Cukuh Bedil diatas. Pulau mungil ini memiliki pantai berpasir putih dengan alam yang indah, membuat snorkeling di Tanjung Putus semakin menyenangkan. Airnya yang jernih membuat pemandangan bawah laut di atas Tanjung Putus terlihat jelas. Namun begitu berada di dalam air, surga indah bawah laut yang sesungguhnya akan menjadi kenyataan dan akan menghancurkan pandangan pengamat. Terumbu karangnya yang masih asri jadi tempat ikan-ikan berwarna-warni berenang bebas disekitarnya. Saat snorkeling di Tanjung Putus, Anda juga akan melihat ikan badut atau ikan badut atau yang lebih populer dengan sebutan ikan nemo. Bosan snorkeling, jangan pulang dulu. Cobalah kayak untuk menikmati keindahan laut di sekitar Tanjung Putus yang jernih dan masih bebas polusi.

Gosong Pancong

Pahawang - Spot Snorkeling Terbaik di Lampung

Saat air laut surut, Anda bisa melintasi benua dari pasir putih lembut menuju Pancong Gosong ini. Saat tiba, pemandangan di tempat ini sangat indah. Keanekaragaman hayati yang masih alami menjadikan Pancong Gosong ini salah satu tempat menyelam terbaik di Pulau Pahawang. Struktur Gosong Pancong unik dan berbeda dari tempat menyelam lainnya di Pulau Pahawang.

Di satu sisi, sangat dangkal sehingga anda bisa berdiri di atas batu dan menikmati keindahan bawah laut yang terlihat jelas dari atas. Namun di satu sisi cukup dalam dan bisa dieksplorasi dengan menyelam di tempat ini. Keindahan bawah laut Gosong Pancong juga luar biasa dan pantas disebut sebagai salah satu lokasi penyelaman terbaik di Pulau Pahawang.

Baca juga:  Keindahan Wisata Pulau Balak Pesawaran Lampung

Gosong Bekri

Pahawang - Spot Snorkeling Terbaik di Lampung

Spot snorkeling ini juga bisa ditemukan di Pulau Pahawang di Gosong Bekri. Gosong Bekri tidak kalah dengan dua tempat lain yang telah disebutkan sebelumnya, juga menawarkan keanekaragaman hayati laut yang membuatnya layak untuk di jelajahi. Apalagi di Gosong Bekri masih banyak lagi spesies ikan kecil dengan warna-warna cerah yang indah dan pastinya akan memukau setiap orang yang melihatnya. Ikan-ikan kecil ini berenang bebas di antara anemon, seolah tidak merasakan kehadiran wisatawan yang menyelam di sini. Selain banyaknya ikan-ikan kecil di dekat Gosong Bekri, Anda juga berkesempatan untuk berfoto di bawah air di pura.
Ada satu tempat di Gosong Bekri yang sayang untuk dilewatkan saat snorkeling. Jarak antara pura dengan permukaan laut tidak terlalu jauh, namun pada saat air pasang agak sulit di jangkau. Tapi jangan khawatir karena ada banyak pemandu yang akan mengantar Anda ke pura bawah laut. Dan sesampainya di sana, jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Underwater Temple dalam foto-foto Anda.

Taman Nemo

Pahawang - Spot Snorkeling Terbaik di Lampung

Seperti namanya, tempat ini paling cocok untuk melihat langsung habitat ikan-ikan besar, badut atau nemo yang bebas berenang hilir mudik di antara anemon dan bebatuan. Saat anda menyelam di Taman Nemo ini, anda akan dibuat takjub dengan banyaknya ikan nemo kecil berwarna-warni yang berenang bebas di habitatnya. Taman Nemo sengaja dibuat untuk melindungi ikan Nemo di sekitar laut Pulau Pahawang. Oh iya, saat kamu snorkeling ke Taman Nemo, anda juga bisa berfoto di monumen bawah laut bertuliskan “Taman Nemo” yang luar biasa indahnya.

Itulah tempat-tempat snorkeling Wisata Pulau Pahawang Lampung yang menjadi surga bawah laut di Pulau pahawang itu sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mentaati tata tertib yang ada.