Ngarai Sianok : Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket Masuk

Ngarai Sianok : Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket Masuk – Bukittinggi memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bukittinggi, yaitu Ngarai Sianokmari simak ulasan berikut.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah nlembah terjal atau jurang dengan pemandangan yang sangat memukau yang berletakkan di perbatasan Bukittinggi dan agam Sumatera Barat. Bentangan alamnya yang sangat memukau karena pergeseran lempeng Sumatera yang membuat tempat wisata ini tiada duanya.

Lokasi Ngarai Sianok

Lantas, di manakah letak Wisata Ngarai Sianok Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat Taman Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Untuk mendapatkan akses menjelajahi kawasan ini, maka wisatawan wajib mengeluarkan beberapa bayaran untuk membeli tiket masuknya. Sebab kawasan ini memanglah telah tidak bisa diragukan lagi keelokannya, hingga tidak cuma warga yang berasal dari dalam negeri saja yang berkunjung. Terdapat pula wisatawan asing yang tertarik berada di sana.

Itulah sebabnya ada perbandingan harga antara turis lokal serta pula asing. Supaya dapat melewati salah satu dari 3 pintu masuk yang ada, hingga orang Indonesia yang melancong ke sana butuh mengeluarkan kocek sebesar Rp 15. 000 untuk orang berusia, serta pula Rp 10. 000 saja untuk kanak- kanak.
Sedangkan itu, wisatawan asing wajib mengeluarkan bayaran sejumlah Rp 25. 000 untuk segala usia yang hendak ke situ. Tempat ini mulai dapat dinikmati sejak jam 8 pagi dan berakhir pada jam 5 sore. Untuk turis yang hendak bermalam di dekat situ, terdapat beberapa penginapan maupun losmen serta pula homestay kecil yang bisa digunakan.

Baca juga:  Keindahan Bukit Bintang Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Daya Tarik Ngarai Sianok

Ngarai Sianok : Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket Masuk

Daya tarik apa saja yang ada Ngarai Sianok? Mari simak pembahasan berikut.

1. Pemandangan Apik Perbukitan

Mengunjungi tempat ini, pengunjung akan melihat pemandangan yang tertata apik yang memperlihatkan susunan perbukitan yang tertata rapi. Saat pertama kali menginjakkan kaki di sana, pengunjung akan dibuat takjub dengan pesona alamnya. Bentukan ngarai memang memanjang, namun berkelok-kelok di sisi kiri dan kanan.

Inilah mengapa tampilannya lebih unik dan istimewa. Jika dilihat dari ketinggian, tampilan akan meningkat berkali-kali lipat. Ada banyak objek wisata di perbukitan di sana, jadi yang harus dilakukan wisatawan tidaklah sulit. Inilah salah satu pesona paling persuasif yang menarik wisatawan ke sini.

Di Kawasan Ngarai Sianok juga terdapat sungai yang mengalir seolah menambah keistimewaan tempat tersebut. Tak jauh dari lokasi terdapat sebuah taman yang cocok untuk mengamati objek ini. Tempat itu bernama Taman Panorama. Seperti namanya, tempat ini menyuguhkan panorama yang benar-benar indah dan membuat hati dan pikiran menjadi segar kembali.

2. Bentangannya yang Panjang

Jika diukur, objek wisata alam ini membentang lebih dari 10 kilometer. Selama ini tempat tersebut seolah tak ada habisnya terutama karena berbagai perbukitan yang menghalangi pandangan para pengunjung dari ujung tempat ini. Dari puncak perbukitan, ngarai juga memiliki kedalaman yang cukup dalam.

Ngarai Sianok dikelilingi oleh tanah yang menjulang tinggi. Dari permukaan bawah, bukit yang menjulang tinggi ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter. Sosok ini terkadang membuat takut pengunjung yang memiliki fobia ketinggian. Namun, itu semua akan terbayar lunas dengan apa yang menunggu untuk diamati.

Baca juga:  Taman Nasional Sebangau : Wisata Air yang Unik Nuansa Gambut

3. Bagian Apik Bukit Barisan

Di Pulau Sumatera terdapat sebuah daratan yang menjorok ke atas dan berdiri berjajar membentuk garis. Rangkaian pegunungan itulah yang membentuk pulau yang satu ini. Di dalam ngarai yang indah tersebut, barisan pegunungan dapat terlihat dengan baik dan tentunya hal ini menambah keunikan tempat tersebut.

Selain itu, perbukitan tersebut merupakan salah satu dari banyak dataran tinggi di pegunungan tersebut. Namun, terlihat begitu berbeda dan unik karena memang lembah ini memberikan sudut pandang lain dari rangkaian bentang alam ini.

4. Vegetasi Hijau yang Menghiasinya

Penampakan ngarai cantik ini semakin indah karena permukaannya ditumbuhi berbagai macam tumbuhan, membuat tampilannya semakin apik. Beberapa titik di lembah, baik di dalam maupun di dekat permukaan, ditemukan dalam vegetasi alami.

Hal inilah yang menjadikannya sebagai salah satu surga tersembunyi nusantara yang layak menjadi salah satu destinasi wisata. Selain itu, hadirnya berbagai ragam tanaman juga semakin menambah keindahan sebagai latar belakang potret foto yang diambil.

5. Bukti dari Pembentukan Pulau Sumatera

Banyak ahli geologi berpendapat bahwa lembah yang diselingi perbukitan ini adalah bentuk sesar lempeng kuno yang indah. Kedua lempengan yang ada di sana bergeser saling berhadapan sehingga muncul dataran rendah di tengah. Seiring berjalannya waktu, lembah tersebut berkembang menjadi tempat yang begitu mempesona dan begitu indah.

Itulah sedikit ulasan tentang Ngarai Sianok : Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket Masuk dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.