5 Museum di Palembang Favorit Para Wisatawan

5 Museum di Palembang Favorit Para Wisatawan – Palembang memang kaya akan wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi dan lain-lain. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas wisata edukasi, yaitu 5 museum di Palembang, museum apa saja itu? Mari simak ulasan berikut.

Museum di Palembang

Salah satu kegiatan edukasi yang menarik adalah mengunjungi museum untuk belajar tentang sejarah dan budaya. Itulah daftar museum favorit di Kota Palembang yang paling sering dikunjungi wisatawan.

1. Museum Sriwijaya

Museum ini merupakan bagian dari taman kerajaan Sriwijaya pada zaman dahulu kala. Situs ini dikenal dengan Situs Karanganyar. Dikelilingi oleh dua sungai terbesar di Palembang yaitu Sungai Ogan dan Sungai Musi, di dalam kawasan museum ini banyak ditemukan artefak kuno yang menarik.

Museum ini berisi peninggalan dari zaman dahulu kala. Beberapa di antaranya merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Artefak yang termasuk dalam galeri berupa gerabah, arca, manik-manik, peralatan dapur, keramik hingga prasasti yang memiliki nilai sejarah tinggi. Anda juga bisa melihat galeri rekonstruksi sisa-sisa perahu dari masa lalu.

Beberapa prasasti terkenal asli dapat Anda temukan di museum ini. Beberapa diantaranya adalah Prasasti Talang Tuo, Prasasti Telaga Batu dan juga Prasasti Kedukan Bukit. Pasti prasasti ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Beberapa prasasti tersebut sering muncul dalam cerita-cerita di beberapa buku teks sejarah Indonesia yang membahas tentang sejarah Sriwijaya.

Selain museum, Anda juga bisa menikmati replika kapal Cheng Ho dengan danau dan pulau buatan yang sudah ada di lokasi ini sejak jaman dahulu kala. Beberapa sumber mengatakan hal itu dilakukan di lokasi ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara masyarakat sekitar dengan beberapa pedagang yang berasal dari China.

Alamat: Jl. Syakirti Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatra Selatan.

2. Museum Dr. A. K. Gani

Museum Dr. A. K. Gani merupakan salah satu museum yang unik, dimana bangunan museum ini awalnya adalah milik pribadi pahlawan Adenan Gani. Uniknya, Adenan Gani tidak berasal dari Sumatera Selatan. Meski begitu, namanya tetap dipakai oleh berbagai nama resmi seperti nama rumah sakit dan juga nama museum yang dikenal hingga saat ini.

Museum ini berisi koleksi benda-benda pribadi milik A.K. Gani. Dia adalah salah satu kapten pasukan militer Indonesia di Palembang. A.K. Gani yang merupakan salah satu pemuda yang tergabung dalam Jong Sumatranen Bond mengikuti acara sumpah pemuda yang diadakan di Stovia pada tahun 1928.

Beberapa koleksi yang bisa ditemukan di museum ini berupa sertifikat, surat, foto, hingga benda-benda unik seperti perlengkapan kantor hingga peralatan rumah tangga. Tentunya, benda-benda tersebut akan jarang kamu temukan saat berkunjung ke museum nasional. Uniknya, di museum ini Anda juga bisa melihat jeep hingga koleksi referensi buku pribadi A.K. Gani.

Baca juga:  Museum Kereta Api Ambarawa, Museum Perkeretaapian Terlengkap

Di museum ini Anda juga bisa mengunjungi perpustakaan yang tentunya berisi buku-buku yang berkaitan dengan perjuangan pemuda kemerdekaan Indonesia. Anda dapat membaca buku ini secara gratis pada kunjungan Anda ke Dr. A. K. Gani.

Alamat: Jl. MP. Mangkunegara No.1F, Suka Maju, Kec. Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

3. Museum Balaputra Dewa

Museum yang memiliki luas 2,3 hektar ini juga dikenal sebagai Museum Negara. Museum Balaputra Dewa resmi berdiri pada tahun 1984. Meski usianya sudah cukup tua, namun tiang-tiangnya masih kokoh dan terasnya sangat megah. Di museum ini Anda bisa melihat berbagai macam koleksi artefak yang menarik untuk diperhatikan.

Beberapa di antaranya merupakan koleksi yang dipajang di taman megalitik. Taman ini tercipta karena banyaknya situs prasejarah megalitik yang terdapat di Palembang. Situs-situs ini cukup banyak ditemukan di wilayah barat Provinsi Sumatera Selatan. Beberapa artefak yang ditemukan dapat berupa patung dan lukisan manusia purba.

Kemudian yang kedua adalah kawasan Sriwijaya. Di kawasan ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang pernah berdaulat di Kota Palembang. Beberapa peninggalan kerajaan ini bisa berupa kerajinan tangan yang dibuat oleh warga Sriwijaya pada zaman dahulu seperti kerajinan manik-manik, logam, gerabah, hingga peninggalan kerajaan.

Meskipun secara umum prasasti yang dipamerkan bukanlah prasasti asli, namun bentuk dan tampilan prasasti tiruan ini cukup mirip dengan aslinya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga umur dan kondisi prasasti aslinya. Prasasti yang asli disimpan dan diamankan di ruangan khusus agar tidak tercemar berbagai macam hal.

Dan wilayah terakhir adalah wilayah Kesultanan Palembang. Di kawasan ini Anda bisa melihat koleksi berbagai pusaka dari Kesultanan Palembang. Benda-benda tersebut bisa berupa baju, kain tenun, kain songket, dan juga beberapa furniture unik dengan ukiran yang khas Palembang dan tentunya indah.

Alamat: Jl. Srijaya No.I, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

4. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum ini cukup unik karena lokasinya yang berada tepat di tengah Kota Palembang dan juga di tepi Sungai Musi. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II cukup ramai dikunjungi wisatawan. Beberapa wisatawan yang berkunjung ke museum ini adalah pelajar dari beberapa sekolah yang sedang mengadakan study tour ke museum.

Museum ini memiliki sejarah yang panjang. Pada mulanya bangunan museum adalah istana Sultan Mahmud Badaruddin I yang berkuasa dari tahun 1724 hingga 1758. Istana ini dirobohkan ketika Inggris masuk ke wilayah tersebut pada tahun 1823. Hal ini dilakukan oleh Koloni Inggris sebagai simbol jatuhnya kerajaan. Sultan Mahmud Badaruddin I.

Baca juga:  14 Tempat Wisata di Jogja Yang Menarik Untuk Dikujungi

Meski sempat roboh, pada tahun yang sama dibangun gedung baru di atas bekas istana kesultanan dengan arsitektur Eropa dan diberi nama Gedung Siput. Gedung ini kemudian digunakan sebagai pusat pemerintahan di Kota Palembang. Hingga akhirnya setelah Indonesia merdeka, gedung ini digunakan sebagai markas besar TNI yaitu Kodam II / Sriwijaya.

Bangunan ini resmi diberikan kepada pemerintah daerah pada tahun 1984 dan sejak saat itu Gedung Siput menjadi tempat menyimpan semua budaya daerah seperti rumah piramida tradisional, koleksi artefak asli, pakaian adat, dan senjata yang digunakan oleh militer dari Belanda, Jepang hingga tentara, Indonesia pada zaman dahulu kala.

Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

5. Monumen Perjuangan Rakyat Sumatera Selatan

5 Museum di Palembang Favorit Para Wisatawan

Monumen Perjuangan Rakyat Sumatera Selatan ini terletak tidak jauh dari Jembatan Ampera, Palembang. Monumen ini didirikan untuk menjadi simbol perjuangan rakyat Palembang pada masa penjajahan atas jasanya mengusir negara yang menjajah Indonesia. Monumen ini resmi berdiri pada tahun 1988 dengan konsep bunga melati 5 mahkota.

Monumen ini didirikan di atas tanah seluas 23,5 hektar dengan luas bangunan hampir 4.000 meter persegi. Tugu ini tergolong museum karena di dalam tugu ini terdapat sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah yang tentunya menarik untuk anda kunjungi pada hari libur.

Pembangunan museum ini merupakan inisiatif para kombatan kawakan yang bergabung dengan komunitas LVRI pada tahun 1970. Pembangunan museum ini didukung oleh pemerintah pusat. Hal tersebut ditunjukkan dengan peresmian museum yang ditandatangani oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Alamsyah Prawiranegara untuk memperingati serangan Belanda yang meluluhlantahkan Palembang.

Di museum ini memiliki beberapa elemen dengan filosofi yang dalam. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah Tugu Melati yang merupakan simbol ketulusan dan kesucian pahlawan perang Agresi Belanda. Jumlah kelopak bunga melati berarti lima daerah yang tergabung dalam SubKOSS. Daerah tersebut adalah Palembang, Jambi, Lampung dan Bangka-Belitung.

Di museum ini Anda bisa melihat koleksi dokumentasi saat perang melawan Belanda, serta berbagai jenis pakaian yang digunakan oleh militer saat itu. Anda juga bisa melihat senjata seperti puzzle, danto, meriam, pedang, dan berbagai macam senjata hingga buku yang menceritakan kisah perjuangan di Monumen Perjuangan Rakyat Sumatera Selatan ini.

Alamat: Jl. 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Demikianlah ulasan mengenai 5 Museum di Palembang Favorit Para Wisatawan dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya, terimakasih.